Wednesday, June 14, 2017

√ Hape Android Mu Sering Restart Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya!

Hape Android Mu Sering Restart Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya! – Beberapa pembaca pernah bertanya kepada mimin soal duduk kasus di hape Android yang mereka gunakan. Salah satu duduk kasus yang paling sering ditanyakan yaitu “Kenapa sih kok hape Android ku sering restart sendiri?”.


 Beberapa pembaca pernah bertanya kepada mimin soal duduk kasus di hape Android yang mereka gu √ Hape Android Mu Sering Restart Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya!Sebenarnya, itu yaitu duduk kasus klasik dan sanggup dialami oleh banyak sekali brand hape, mulai dari yang populer menyerupai Samsung, ASUS, Sony, Oppo, hingga brand lokal menyerupai Mito, Evercoss, dan lain sebagainya. Ya, duduk kasus menyerupai ini memang tak memandang brand lantaran memang semua hape bakal punya potensi bermasalah menyerupai itu jikalau terjadi kesalahan tertentu.


Memangnya, Apa Sih Penyebabnya?


Penyebab dari terjadinya duduk kasus sering restart sendiri ini bahu-membahu bermacam-macam, namun disini mimin akan menyebutkan beberapa saja yang menjadi faktor utama yang paling sering dialami oleh pengguna smartphone, yaitu :



  • System crash (system / software tidak berjalan dengan baik)

  • Application crash (baik aplikasi bawaan sistem, maupun aplikasi pihak ketiga yang kita install sendiri)

  • Beban terlalu berat (RAM penuh, atau CPU tak besar lengan berkuasa menjalankan proses)

  • Masalah pada hardware


Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Untuk memperbaiki duduk kasus menyerupai ini bahu-membahu gampang-gampang susah. Beberapa kasus sanggup diselesaikan dengan mudah, namun kasus yang lain mungkin bakal membutuhkan penanganan khusus, atau dengan kata lain harus dibawa ke tukang service. Kenapa? Karena yaa memang penyebabnya berbeda-beda, menyerupai yang sudah mimin sebutkan diatas.


Nah kalau kau juga mengalami duduk kasus serupa pada smartphone atau tablet Android yang kau punya, kau wajib membaca goresan pena ini hingga final lantaran disini mimin akan memperlihatkan beberapa tips ihwal cara mengatasi duduk kasus sering restart pada perangkat Android. Siapa tau dengan tips ini, kau jadi tidak perlu membawa hape atau tablet mu ke daerah service. 😀


Mengatasi Hape Android Yang Restart Sendiri



1. Hapus App Yang Tidak Diperlukan



Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas, salah satu penyebab hape restart sendiri yaitu lantaran CPU dan RAM yang terlalu terbebani, tidak cukup besar lengan berkuasa untuk melaksanakan proses, dan karenanya sistem akan secara otomatis melaksanakan restart lantaran tak sanggup melihat mantan jalan bareng pacar barunya melanjutkan proses.


Ciri yang paling menonjol adalah, ketika tanda-tanda restart ini mulai kambuh ketika kita sedang menjalankan aplikasi berat menyerupai game, atau yang lain. Namun terkadang, hape bakal melaksanakan restart walaupun kita hanya menjalankan aplikasi ringan. Nah kemungkinannya adalah, terdapat terlalu banyak apps yang berjalan di background, sehingga hape bakal sangat terbebani meski kita hanya menjalankan apps yang ringan.


 Beberapa pembaca pernah bertanya kepada mimin soal duduk kasus di hape Android yang mereka gu √ Hape Android Mu Sering Restart Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya!Biasanya, apps pembangkang yang berjalan sendiri di background itu yaitu apps macam social media dan messenger (chat). Namun terkadang pula, ada aplikasi “tak berguna” lain (clue: aplikasi yang menjanjikan akan memperlihatkan performa atau daya tahan baterai yang lebih) yang akan berjalan di background. Maka, perlu rasanya untuk melaksanakan abolisi dari apps-apps yang sekiranya tak terlalu kau butuhkan biar hapemu tak terlalu terbebani.



2. Menutup Apps Dengan Benar



Sudah menghapus beberapa apps dan kau merasa itu tak membantu memperbaiki keadaan? Sepertinya ada kesalahan lain, khususnya soal cara penggunaanmu terhadap perangkat yang kau gunakan.


Sekarang coba deh untuk memastikan bahwa kau sudah menutup dengan benar aplikasi yang sudah selesai kau gunakan. Pilih hidangan exit atau jikalau tidak ada, klik tombol back (kembali) berkali-kali hingga aplikasi menutup. Atau untuk lebih meyakinkan, singkirkan aplikasi tersebut dari recent apps biar ia benar-benar tertutup (kalau belum tau caranya, baca disini).


Hal itu akan cukup membantu mengurangi beban di hapemu. Tapi, cara ini takkan efektif untuk aplikasi chat dan socmed yaa, lantaran ia nantinya niscaya akan berjalan kembali di background. Dan oiya, hindari untuk menekan tombol home lantaran ia hanya akan me-minimize app (untuk multitasking) dan bukan untuk menutupnya.



3. Hapus File Cache



Coba juga untuk menghapus cache dari semua apps yang tersimpan di hapemu, biar tak terlalu membebani penyimpanan internal yang juga sanggup menyebabkan kinerja perangkat jadi menurun dan terasa terlalu berat untuk menjalankan proses.


BACA JUGA : Kenapa Performa Hape Android Menurun?


Caranya? Yaa pakai aja aplikasi cache cleaner yang ada di Google PlayStore, banyak kok 😀 Atau, untuk hape Android versi 5.0 keatas, sanggup pribadi pakai cara ini. Tapi……


Kalau ternyata tanda-tanda restart di hapemu biasanya hanya disebabkan jikalau kau menjalankan salah satu apps saja, berarti ada yang salah dari apps itu, entah ada crash, atau mungkin memang tidak cocok dengan perangkatmu. Cobalah untuk masuk ke SettingApps – dan cari app tersebut, kemudian pilih Clear Data (hapus data, semua data apps termasuk akun dan segala yang tersimpan disana akan terhapus). Untuk Android Marshmallow, hidangan Clear data bakal tersembunyi di cuilan Storage (penyimpanan). Masih sering restart juga? Yasudah, hapus aja aplikasinya!



4. Factory Reset



Ini yaitu cara terakhir sebelum kau memutuskan apakah akan melaksanakan service atau tidak. Kalau contohnya semua langkah diatas sudah kau ikuti dan hapemu masih bermasalah, kemungkinan ada beberapa kesalahan pada software sehingga menyebabkan system crash.


Solusi yang paling ampuh yaitu dengan melaksanakan factory reset! Tapi ingat, kalau kau melaksanakan ini, maka semua data yang tersimpan di hape kau bakal hilang, dan tampilan hape bakal jadi menyerupai gres pertama kali kita beli. Tapi tunggu! Kalau ternyata hape kau memakai OS Android Marshmallow keatas, maka kau WAJIB mengingat password dari akun Google yang kau gunakan ketika ini.



BACA JUGA : Cara Melihat Versi OS Android di Hape



Karena nantinya, sesudah selesai melaksanakan penghapusan, hape kau bakal meminta password dari akun Google yang sebelumnya kau gunakan itu. Kalau lupa? Yaa hapenya bakal terkunci!


Kalau cara terakhir itu masih tak mengatasi duduk kasus restart di hapemu, maka kemungkinan memang ada duduk kasus pada hardware perangkat, sehingga kau perlu membawanya ke service center.


Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi duduk kasus hape Android yang sering restart sendiri. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapat isu menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com