Thursday, June 22, 2017

√ Kau Wajib Tau: Hal Inilah Yang Memilih Cantik Tidaknya Kamera Hape

Kamu Wajib Tau: Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape – Tulisan ini mimin buat alasannya yaitu sudah lelah dengan pertanyaan dari para pembaca soal kamera di hape. Rata-rata pengguna awam beranggapan bahwa semakin besar angka megapixel pada kamera, maka hasilnya akan semakin bagus. Benarkah demikian? Hemm…


Apakah besarnya megapixel di kamera hape akan menentukan kualitas hasil foto?


Sebetulnya ini tuh salah kaprah banget yaa. Oke, maklum sih, kan nggak semua orang ngerti soal fotografi. Dan jujur, dulu mimin pun pernah berpikir demikian. Namun sehabis mencari tau bertahap dengan MEMBACA, (yang pastinya bukan memaca isu hoax) dan MENCARI TAU KEBENARAN (supaya tau info yang benar dan yang salah), alhasil mimin pun sanggup menemukan tanggapan yang benar.


Nah di blog Techijau.com ini, mimin akan mengembangkan ihwal apa yang mimin tau mengenai hal yang sudah mimin sebutkan diatas tadi. Jadi, silakan disimak yaa! Dan tolong, JANGAN MALAS MEMBACA yaa kalau memang kalian ingin benar-benar tau.


Apa Yang Mempengaruhi Hasil Foto di Kamera Hape?


 Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape √ Kamu Wajib Tau: Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera HapeSebenarnya mungkin ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas hasil foto dari kamera hape, namun disini mimin hanya akan membeberkan sedikit saja menurut apa yang mimin ketahui, diantaranya yaitu :



  • Ukuran “Megapixel”

  • Jenis sensor dan ukurannya

  • Lensa

  • Prosesor & Pengoptimalan software


1. Megapixel


Ukuran dalam besaran megapixel pada kamera memang sanggup dibilang penting. Tapi, kalau ada yang menganggap bahwa semakin besar megapixel pada kamera, maka hasilnya akan semakin baik, itu terang salah! Kamu mesti tau dulu apa itu megapixel pada kamera.


Singkatnya, besaran megapixel pada kamera yaitu besaran ukuran gambar yang sanggup ditangkap oleh sensor kameranya. Semakin besar, maka hasilnya akan semakin tajam. Tajam disini maksudnya gimana? Oke, perhatikan gambar dibawah ini. Foto di sebelah kiri diambil dengan settingan megapixel yang lebih besar, sedangkan yang disebelah kanan diambil dengan settingan megapixel lebih kecil. Dan kedua foto ini diambil dengan kamera yang sama.


 Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape √ Kamu Wajib Tau: Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape
Super Resolution

Foto diatas merupakan bab kecil dari foto utuh yang diambil (sudah di crop). Makara sanggup kita lihat bahwa megapixel yang lebih besar akan menghasilkan foto yang lebih tajam KHUSUSNYA JIKA SUDAH DI CROP atau di Zoom.


BACA JUGA : Perbedaan Optical Zoom dengan Digital Zoom


Intinya, megapixel ini hanya soal ukuran gambar. Gambar dengan jumlah pixel yang lebih sedikit, niscaya akan terlihat pecah kalau di zoom. Sedangkan gambar yang punya jumlah pixel lebih banyak, maka gambarnya akan masih terlihat tajam meski sudah di zoom dengan batas tertentu. Lebih lengkap soal megapixel, sanggup kau baca pada link yang mimin sematkan diatas yaa.


So, jangan kaget kalau lalu kau menemukan bahwa hasil foto dari hape dengan kamera ber-megapixel lebih kecil sanggup lebih baik (dalam hal kualitas keseluruhan) daripada kamera ber-megapixel lebih besar dimana mimin juga pernah menemui hal ibarat itu ketika melaksanakan uji pakai smartphone. Dan jangan ada lagi pertanyaan macam “Kok hasil fotonya beda ya? Padahal kameranya sama-sama sekian megapixel?”.


2. Sensor dan Ukurannya


Jangan dipikir sensor yang digunakan tiap hape itu niscaya sama yaa. Perbedaan penggunaan sensor ini yaitu salah satu faktor utama apakah foto sanggup diambil dengan baik atau tidak. Bahkan di satu brand yang sama, sensor yang digunakan hampir niscaya berbeda di tiap tipenya. Misalnya, brand ABC punya produk dengan tipe A1 dan B1 dengan angka megapixel yang sama pada spek kameranya.


 Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape √ Kamu Wajib Tau: Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera HapeNamun ternyata, sensor yang digunakan memiliki kualitas yang berbeda, sehingga jangan heran kalau ternyata hasilnya pun bakal berbeda dalam keadaan tertentu. Ukuran sensor juga sangat mempengaruhi kualitas foto khususnya di area pencahayaan minim. Semakin besar ukuran sensornya, maka seharusnya sanggup menangkap cahaya lebih banyak, sehingga hasil fotonya sanggup lebih terang dengan noise yang sedikit. Eits, kalo soal kecerahan ini juga dipengaruhi oleh hal lain loh, ibarat aperture misalnya.


BACA JUGA : 3 Hal Yang Mempengaruhi Kecerahan Foto


Tapi kini ini, sudah dikembangkan sensor kamera hape dengan ukuran “standar” namun sanggup menangkap cahaya lebih baik berkat teknologi yang diterapkannya. Sekali lagi, kualitas sensor itu sendirilah yang menentukan baik tidaknya hasil foto yang ditangkap. Baik atau tidaknya ini termasuk dalam hal warna, kecerahan, dan juga kontras.


3. Lensa


Sensor yang bagus, kalau tak memakai lensa yang berkualitas baik, maka hasilnya pun takkan maksimal. Maka, jangan heran (lagi) kalau hasil foto dari hape yang berbeda sanggup tak sama kualitasnya meskipun memakai spek sensor yang sama persis. Alasan penghematan biaya biasanya menjadi alasan vendor untuk menentukan lensa yang berbeda, pun demikian dengan perbedaan terhadap pemilihan sensor kamera.


 Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera Hape √ Kamu Wajib Tau: Hal Inilah Yang Menentukan Bagus Tidaknya Kamera HapeDan yang tak kalah penting, pelindung lensa (lapisan terluar) pada kamera itu sendiri juga sangat mempengaruhi hasil foto loh! Sebagian vendor sudah memakai pelindung yang besar lengan berkuasa dan jernih ibarat saphire misalnya, biar lensa tak gampang tergores. Namun sebagian lain mungkin hanya membekali perangkatnya dengan pelindung lensa berbahan semacam plastik, yang tentu saja dengan alasan untuk menghemat biaya produksi biar harga jualnya murah.


Jika pelindung lensa ini ternyata tergores, meskipun tipis-tipis tapi pengaruhnya juga sanggup sangat besar loh. Intinya, semakin baik kualitas lensa dan pelindungnya, maka hasil foto yang di sanggup pun sanggup lebih jernih dan maksimal.


4. Prosesor dan Software


Hehe, jangan salah! Untuk sekedar ngambil foto, hape kita ini punya unit prosesor khusus biar hasilnya sanggup optimal. Tapi setau mimin, biasanya sih prosesornya ini sudah menjadi satu paket dengan chipset yang digunakan.


Nah sehabis gambar diambil oleh sensor dan diteruskan ke prosesor, selanjutnya software akan memainkan peranannya untuk mengolah signal yang ditangkap oleh sensor tersebut menjadi sebuah gambar. Entah bagaimana, tapi pengoptimalan di sisi software ini juga pengaruhnya tidak mengecewakan besar loh.


Mimin berkata demikian alasannya yaitu beberapa kali mimin mendapati hasil foto dengan “rasa” yang sedikit berbeda sehabis mendapatkan update software pada hape yang mimin gunakan. Makara kini sudah paham kan kenapa hasil foto dari kamera hape sanggup berbeda meskipun megapixel nya sama?


Kesimpulan


Dari klarifikasi diatas sanggup disimpulkan bahwa spesifikasi kamera yang ada tidak sanggup dijadikan patokan apakah hasil foto dari suatu hape bakal elok atau tidak, apalagi kalau cuma berpatokan pada ukuran megapixelnya saja.


Tapi mungkin kita sanggup mendapatkan asumsi kasarnya kalau sudah mengetahui sensor apa yang digunakan, serta lensa (dan pelindungnya) yang melengkapinya. Namun sekali lagi, itu cuma citra berangasan alias asumsi diatas kertas saja. Sehingga, perlu dilakukan pengujian pribadi untuk mengetahui lebih lanjut. Di blog Techijau.com ini mimin juga biasa menciptakan pengujian kamera dari hape yang mimin review kok, coba cek aja di kategori Fotografi.


Tapi perlu dicatat yaa. Meski ternyata hapemu sudah memakai sensor terbaik, software paling baiklah dan sebagainya, bukan berarti tiap foto yang kau tangkap bakal sanggup otomatis keren. Karena ada faktor-faktor diluar itu yang juga sanggup mempengaruhi hasil foto, contohnya pencahayaan dan teknik pengambilan gambarnya.


BACA JUGA : Tips Fotografi Menggunakan Kamera Hape ala Mimin Techijau


Oke deh, mimin rasa udah cukup sekian dulu nih untuk posting kali ini. Semoga sanggup jadi pencerahan buat kalian yaa! Dan kalau contohnya ada hal yang perlu ditambahkan atau mungkin dikoreksi, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com