Saturday, June 24, 2017

√ Kemampuan Yang Harus Di Miliki Peneliti Kuantitatif Dan Kualitatif

Sebelum melaksanakan penelitian hendaknya kita sebagai peneliti mengetahui kompetensi dari setiap metode penelitian yang akan kita gunakan dalam penelitian yang diantaranya ada metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. 

Sebelum melaksanakan penelitian hendaknya kita sebagai peneliti mengetahui kompetensi dari √ Kemampuan yang Harus di Miliki Peneliti Kuantitatif dan Kualitatif

Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas terkait dengan kompetensi yang perlu dimiliki oleh peneliti baik peneliti dengan metode kuantitatif maupun penelitia dengan metode kualitatif.



#A. Kompetensi yang Harus dimiliki oleh Peneliti Kuantitatif

  1. Memiliki wawasan yang luas dan mendalam perihal bidang yang akan diteliti.
  2. Mampu melaksanakan analisis duduk kasus secara actual, sehingga sanggup ditemukan duduk kasus penelitian yang betul-betul masalah.
  3. Mampu memakai Teori yang sempurna sehingga sanggup dipakai untuk memperjelas duduk kasus yang ditelit, dan merumuskan hipotesis penelitian.
  4. Memahami banyak sekali jenis metode penelitian kuantitif, menyerupai metode survey, eksperimen ,expost facto, penilaian dan sejenisnya.
  5. Memahami teknik sampling, menyerupai probability sampling dan nonprobability sampling, dan bisa menghitung dan menentukan jumlah sample yang representatif dengan sampling eror tertentu.
  6. Mampu menyusun instrumen untuk mengukur banyak sekali variabel yang diteliti, bisa menguji validitas dan reliabilitas instrumen.
  7. Mampu mengumpulkan data dengan kuisioner, maupun dengna wawancara dan observasi.
  8. Bila pengumpulan data dilakukan oleh tim, maka harus bisa mengorganisasikan tim peneliti yang baik.
  9. Mampu menyajikan data, menganalisis data secara kuantitatif untuk menjawab rumusan duduk kasus dan menguji hipotesis penelitian yang telah dirumuskan.
  10. Mampu menunjukkan interpretasi terhadap data hasil penelitian maupun hasil pengujian hipotesis
  11. Mampu membuat laporan secara sistematis, dan memberikan hasil penelitian ke fihak-fihak yang terkait.
  12. Mampu membuat abstraksi hasil penelitian, dan membuat artikel untuk dimuat dalam jurnal ilmiah
#B. Kompetensi yang Harus dimiliki oleh Peneliti Kualitatif

  1. Memiliki wawasan yang luas dan mendalam perihal bidang yang akan diteliti
  2. Mampu membuat rapport kepada setiap orang yang ada pada konteks sosial yang akan diteliti. Menciptakan rapport berarti bisa membangun kekerabatan yang dekat dengan setiap orang yang ada pada konteks sosial.
  3. Memiliki kepekaan untuk melihat setiap tanda-tanda yang ada pada obyek penelitian (konteks sosial)
  4. Mampu menggali sumber data dengan observasi partisipan, dan wawancara secara mendalam secara triangulasi, serta sumber-sumber lain.
  5. Mampu menganalisis data kualitatif secara induktif berkesinambubngan mulai dari analisis diskriptif, domain, komponensial, dan tema kultural/budaya.
  6. Mampu menguji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas hasil penelitian 
  7. Mempu menghasilkan temuan pengetahuan, hipotesis atau ilmu baru.
  8. Mampu membuat laporan secara sistematis, jelas, lengkap, dan secara terperinci.
Demikian Kompetensi yang Harus dimiliki oleh Peneliti Kuantitatif dan Kualitatif yang kami rangkam dalam buku Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D karya Prof. Dr. Sugiyono. Semoga bermanfaat ya gaes. Terkait dengan Kompetensi yang Harus dimiliki oleh Peneliti Kuantitatif dan Kualitatif, apakah ada yang ingin ditanyakan gaes?

Sumber http://www.galinesia.com