Tuesday, June 13, 2017

√ Laporan Pendahuluan Jiwa : Taktik Pelaksanaan (Sp) Sikap Kekerasan

STRATEGI PELAKSANAAN


1. Pertemuan I
      Kondisi klien
      Ds: - Klien menyampaikan benci pada isterinya
 - Klien menyampaikan merasa terpojokan alasannya yakni sudah 10 tahun menikah belum              
    Dikaruniai anak
      Do: - Klien terlihat tegang
    Mata melotot
    Klien sering mengajak klien untuk berkelahi
2. Dx Keperawatan
     Resiko mencederai diri sendiri orang lain dan lingkungan b.d sikap kekerasan
3. Tujuan Khusus
-          Klien bias membina kekerabatan saling percaya
-          Klien sanggup mengontrol marahnya
-          Klien sanggup mengungkapkan / melampiaskan marahnya dengan baik tanpa menjadikan kerugian
4. Tindakan keperawatan
-          Salam terapetik
-          Perkenalan
-          Menjelaskan tujuan interaksi
-          Membuat kontrak yang kelas untuk tindakan selanjutnya
-          Menciptakan lingkungan yang tenang
5. Strategi komunikasi tindakan keperawatan
-          Orientasi
Assalamualaikum pak, perkenalkan nama saya komilah, saya dari keperawatan UMMI, saya akan merawat bapak hari ini, nama bapak siapa? Senang di panggil apa?
Bisa kia bicara sebentar?
Bapak bersedia berapa usang untuk berbicara?
Bapak ingin kita berbincang damai?
-          Kerja
Bapak tidak usah ragu untuk berbicara pada saya, saya tidak akan menyakiti bapak, saya justru ingin membantu bapak, jadi bapak kagak usah khawatir bapak sudah ada di daerah yang aman, saya beserta perawat – perawat di sini akan menemani bapak
Apa yang menjadikan bapak marah? Apakah bapak sebelumnya pernah murka terus, penyebabnya apa? Apakah penyebabnya sama dengan sekarang? Apa yang bapak rasakan saat marah? Apakah dad bapak terasa berdebar – debar ? apa yang bapak lakukan saat marah? Maukah bapak berguru cara mengungkapkan murka yang baik tanpa menjadikan kerugian?
-          Terminasi
Bagaimana perasaan bapak sehabis berbincang – bincang dengan saya?
“ Iya jadi penyebab murka bapak…..dan yang bapak rasakan……dan yang bapak lakukan…….
“ Baik jika gitu saya akan dating 2 hari lagi, kita bahas cara murka yang baik semoga tidak terjadi ladi hal yang tidak diinginkan, mau jam berapa kita be3rtemu kembali untuk membicarakan hal ini?
Baik, jam 9 lagi ya…sampai jumpa….

Wassalamualaikum………..

Sumber http://macrofag.blogspot.com