Monday, June 5, 2017

√ Paragraf Narasi (Pengertian, Ciri - Ciri, Contoh, Jenis) Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Paragraf Narasi ialah salah satu jenis paragraf yang menggambarkan sebuah kejadian atau fenomena yang di dasarkan pada timeline (Urutan Waktu) dengan Sejelas-jelasnya kepada para pembaca. Dalam bahasa indonesia, Paragraf ini biasa dipakai oleh penulis untuk menjelaskan ihwal suatu kejadian yang terjadi di masa lampau atau dipakai untuk menceritakan suatu hal. Kita bisa menjumpai jenis paragraf ini dalam banyak sekali bentuk, Misalnya narasi dalam bentuk dongeng yang benar-benar terjadi (alias nyata) atau dalam bentuk kerangka fikir mirip Novel dan cerpen.


 ialah salah satu jenis paragraf yang menggambarkan sebuah kejadian atau fenomena yang d √ PARAGRAF NARASI (Pengertian, Ciri - Ciri, Contoh, Jenis) Dalam Bahasa Indonesia

Paragraf Narasi ialah paragraf yang menjelaskan kejadian atau fenomena dalam bentuk dongeng - Dosen Bahasa indonesiaku.
Unsur pembentuk paragraf narasi ada dua, yaitu paragraf narasi kejadian dan paragraf narasi runtut cerita. Pertama, paragraf narasi kejadian ialah paragraf yang memperlihatkan citra atau klarifikasi ihwal suatu kejadian kejadian. Kedua, sedangkan paragraf narasi runtut dongeng adalag paragraf yang mempunyai pola pengembangannya yang di susun secara sistematis, atau pengertian lain dari paragraf urutan dongeng ini ialah paragraf yang menjelaskan ihwal perbuatan yang meciptakan suatu. 

Ciri - Ciri Paragraf Narasi


#1. Sering di Awali dengan Kata "Pada Zaman dahulu", "Di suatu waktu" dan Sejenisnya
kata-kata mirip "Pada Zaman Dahulu" dan sejenisnya sering digunkan oleh para penulis dalam penulisan paragraf narasi. kata-kata tersebut merupakan keterangan waktu. keterangan waktu dengan kalimat "pada zaman dahulu" dan sejenisnya menerangkan waktu lampu yang dipakai untuk mengawali suatu dongeng dalam bentuk paragraf narasi. 

#2. Berupa Peristiwa atau Pengalaman Penulis
Peristiwa atau pengalama sang penulis sanggup di tulis kedalam sebuah cerita. Cerita yang menjelaskan kejadian atau pengalaman sanggup memakai paragraf narasi. Dengan parargraf narasi, penulis sanggup menciptakan suatu dongeng ihwal kejadian atau pengalaman secara sistematis. Cerita yang tersusun secara sistematis akan sanggup gampang untuk dipahami oleh penulis.

#3. Memiliki Unsur-Unsur Utama
Unsur-unsur utama paragraf narasi adalah  tokoh, latar, konflik dan sudut pandang pengarang. dengan adanya unsur utama dalam paragraf atau penulisan narasi akan memberika fokus pembahasan yang terang terhadap sebuah dongeng yang dituangkan dalam paragraf-paragraf narasi. 

#4. Dirangkai Secara Sistematis dan Kronologis
narasi bisa kita ibaratkan mirip suatu proses. dalam proses haruslah di mulai dan di akhiri secara berurutan dan sistematis. Begitu juga dengan narasi. dengan perangkaian suatu dongeng dalam paragraf yang sistematis dan kronologis juga akan memperlihatkan fokus yang lebih detail akan suatu cerita. tidak hanya itu, dengan sistematis dan kronologis dalam pembuatan paragraf narasi akan meningkatkan rasa ingin tahuan pembaca untuk mengetahui urutan dongeng sampai akhir.

#5. Terdapat Latar, Tempat, dan Suasana
Latar, tempat, dan suasana ialah komponen yang wajib adanya dalam penulisan paragraf narasi. komponen tersebut di gunakan untuk mendukung substansi utama yang di bahas dalam paraf narasi. dengan adanya ketiga komponen tersebut yang mencakup latar, tempat, dan suana akan memperindah suatu goresan pena narasi.

#6. Memiliki Alur atau Plot
Alur atau Plota ialah rangkaian sebuah dongeng yang tersusun atas tahapan kejadian sehingga membentuk sebuat dongeng yang dihadirkan oleh pelaku dalam suatu cerita. Alur atau plot merupakan komponen yang wajid adanya selain unsur-unsur utama. Karena dalam penulisan paragraf narasi memang harus sistematis dan kronologi dan mempunyai alur yang jelas, mirip alur maju, alur mundur  dan sebagainya.

Jenis Paragraf Narasi

#1. Paragraf Narasi Ekspositoris
Pengertian Paragraf narasi ekspositoris ialah salah satu jenis paragraf narasi yang menjelaskan suatu rangkaian tindakan secara informatif dengan suatu klarifikasi dengan terang sehingga pembaca sanggup memahami apa yang terkandung dalam klarifikasi atau dongeng tersebut. Pada umumnya paragraf bentuk ini di sajikan dalam bentuk suatu kisah ihwal sesuatu, tokoh, dll. Tujuan dari paragraf ini hanya untuk memperluas pengetahuan pembaca melalui suatu kisah atau cerita. 

#2. Paragraf Narasi Sugestif
Pengertian Paragraf narasi sugestif ialah salah satu jenis paragraf narasi yang hanya memperlihatkan cerita, kisah yang dihasilkan melalui rekaan, khayalan, atau imajinasi, dari penulis. dalam pembuatan narasi ini selalu melibatkan kemampuan berkhayal atau imajinasi sang pembaca dengan tujuan pencapaian kesan terhadap suatu fenomena. dibutuhkan para pembaca bisa seakan-akan sanggup ikut mencicipi mirip yang dirasakan oleh penulis.

Contoh Paragraf Narasi

#1. Contoh Paragraf Narasi Jenis Ekspositoris

Tahun 2015 ialah tahun dimana blog tipepedia di lahirkan. digagas dari ide seorang mahasiswa agribisnis pertanian unej yang ingin membuatkan ilmu kepada para pembaca luas. lika-liku dalam pembangunan blog sangat pahit dirasakan oleh admin. kegagalan, kerusakan, dan kehilangan akhir kesalaha sang admin. Belajar dari pengalaman tersebut, sang admin terus mencoba dan mencoba kembali membangun blog tipepedia.com ini. dan sampai balasannya sekarang bisa dipakai dan diakses oleh pembaca dari seluruh kalangan ayang ada di indonesia maupun international.
Contoh paragraf narasi diatas sanggup kita golongkan kedalam jenis paragraf ekspositoris. paragraf diatas menjelaskan suatu rangkaian tindakan secara informatif dengan suatu klarifikasi dengan terang sehingga pembaca sanggup memahami apa yang terkandung dalam klarifikasi atau dongeng tersebut. yang di jelaskan dengan memakai tidakan secara informatif dan berurutan ialah pembangunan blog oleh sang admin.

#2. Contoh Paragraf Narasi Jenis Sugestif

Pagi yang senja. sang admin memulai aktivitasnya dengan menulis sebuah artikel terkait dengan teladan paragraf narasi. Dengan penuh semangat di pagi hari, admin mulai menyentukan jari jemarinya di atas papan ketik. pengetahuan dan pengalaman memperlihatkan ide dalam penulisa antikelnya. Inpirasi yang di dapatkan kemudian di transformasikan kedalam sebuah goresan pena karya ilmiah yang berupa artikel dalam blog tipepedia. Hanya satu tujuan admin dalam menulis, yaitu mentransferkan pengetahuannya kepada para penulis.
Contoh paragraf ini ialah jenis paragraf narasi yang sugestif. Paragraf diatas memberikan cerita, kisah yang dihasilkan melalui rekaan, khayalan, atau imajinasi, dari penulis.

Demikian Ulasan artikel terkait dengan Contoh Paragaf Narasi lengkap dengan Pengertian, Jenis dan Ciri - Cirinya. Semoga bermanfaat dalam pembuatan kiprah makalah paragraf narasi bahasa indonesia dan kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi blog kami.

Sumber http://www.galinesia.com