Monday, June 5, 2017

√ Pengertian Dan Fungsi Swap Di Linux

Pengertian dan fungsi swap di linux - Sedikit akan membahas mengenai dasar-dasar dari linux ya teman-teman. Semoga penjelasannya sanggup menjadi pembelajaran.

Swap merupakan memory virtual (memory bayangan) yang mempunyai kegunaan sebagai memory suplemen untuk membantu kinerja dari RAM yang merupakan memory utama pada komputer 

Pengertian swap pada linux
Swap pada linux ialah ruang pada harddisk yang dijadikan sebagai memory virtual (memory bayangan).

Fungsi swap
Fungsi utama dari pembuatan swap ini ialah untuk membantu kinerja dari memory utama (RAM). Logikanya begini, andaikan komputer anda mempunyai RAM dengan ukuran 1 GB, lalu anda membuka aneka macam aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Dapat diketahui bahwa apabila kita akan membuka aplikasi pada komputer, maka data-data aplikasi tersebut akan tersimpan sementara di RAM. Dan andaikan anda membuka aplikasi photoshop, corel draw, dan sambil browsing juga tentunya ini akan menghabiskan banyak memori, alasannya ialah aplikasi yang anda buka itu merupakan aplikasi yang berat. Jika kita membuka ketiga aplikasi tersebut dalam waktu yang bersamaan, ternyata membutuhkan memory 1,2 GB, sedangkan memory komputer anda saja hanya 1 GB, dan disinilah tugas swap. Dengan adanya swap akan sedikit meringankan kinerja RAM, apabila RAM telah penuh, maka sebagian data-data akan ditransfer ke swap (memory virtual).

Ukuran swap di linux sebaiknya diubahsuaikan dengan kapasitas RAM komputer anda. Ukuran swap biasanya 2X lipat dari ukuran RAM. Misalkan komputer anda mempunyai RAM dengan ukuran 2 GB, maka sebaiknya anda menciptakan swap dengan ukuran 4 GB dan begitu juga seterusnya.

Penggunaan swap ini tidak mengecewakan penting. Sebaiknya kalau anda ingin melaksanakan penginstalan linux buatlah minimal 2 partisi yaitu partisi / dan swap.

 Semoga penjelasannya sanggup menjadi pembelajaran √ Pengertian Dan Fungsi Swap Di Linux

Itulah klarifikasi singkat mengenai pengertian dan fungsi swap di linux. Semoga sanggup bermanfaat buat kita semuanya dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com