Sunday, June 4, 2017

Sejarah Negara Siprus – Sistem Pemerintahan – Perekonomian

Negara Siprus terletak di Timur Laut Mediterania yang merupakan pulau terbesar ketiga di k Sejarah Negara Siprus – Sistem Pemerintahan – PerekonomianNegara Siprus terletak di Timur Laut Mediterania yang merupakan pulau terbesar ketiga di daerah ini. Negara Siprus merupakan salah satu negara anggota di Uni Eropa. Sehingga menyampaikan kemudahan bagi wisatawan absurd yang ingin mengunjungi negara Siprus alasannya yaitu ada kelebihan tersendiri bagi negara – negara anggota Uni Eropa salah satunya kemudahannya dalam pembiayaan. Keunikan yang ada di Siprus sanggup dilihat dari bangunannya, yaitu sanggup dilihat banyak sekali macam kemudahan yang modern namun tidak meninggalkan unsur sejarahnya.


Iklim di negara Siprus termasuk ke dalam subtropis yang sedikit kering. Sehingga dikala animo panas akan terasa sangat panas, dan suhu terpanas sanggup mencapai 95 derajat Farenhait. Sedangkan pada animo cuek tidak terlalu dingin, terutama di daerah bab pesisir pantai. Negara Siprus merupakan negara yang berbentuk pulau, sehingga tidak heran kalau negara ini dikelilingi oleh pantai dan perairan.


Sebagian besar Siprus didominasi oleh dua pegunungan, yaitu Pegunungan Troodos yang menutupi hampir sebagian besar wilayah bab selatan dan Daerah Kyrenia. Sedangkan titik tertinggi Siprus berada di puncak Gunung Olympus dengan tinggi 1.952 m dan termasuk ke dalam Pegunungan Troodos. Sedangkan untuk daerah Kyrenia memiliki ketinggian mencapai 1.024 m.


Batas Wilayah Negara Siprus


Meskipun Siprus dikelilingi oleh lautan, bukan berarti negara ini tidak memiliki batas – batas wilayah dengan negara lain. Pada bab utara, Siprus berbatasan dengan negara Turki. Sedangkan pada bab timur berbatasan dengan negara Israel, Lebanon, dan Suriah. Pada bab selatan berbatasan dengan negara Mesir dan di sebelah barat berbatasan dengan Laut Mediterania.


Siprus termasuk pulau terbesar ketiga di Laut Mediterania sesudah Italia, Sardinia dan Sisilia. Negara ini terletak pada 34o dan 36o LU dan 32o dan 35o LS. Ada beberapa sumber menyampaikan bahwa negara Siprus masuk ke dalam wilayah Eropa, Timur Tengah dan Asia Barat.


Sejarah Singkat Negara Siprus


Menurut sejarah, nama Siprus berasal dari bahasa Yunani yaitu Kύπριoς yang dibaca ku-pi-ri-jo. Para jago menyimpulkan kalau kata tersebut berasal dari beberapa arti, pertama memiliki arti pohon cemara Mediterania atau kypárissos. Kedua berasal dari kata kpros yang berarti pohon pacar, dan terakhir berasal dari kata Eteocypriot yang berarti tembaga, hal ini juga didukung dengan banyak ditemukan tembaga di pulau ini.


Negara Siprus terletak di Timur Laut Mediterania yang merupakan pulau terbesar ketiga di k Sejarah Negara Siprus – Sistem Pemerintahan – PerekonomianSeiring berjalannya waktu, pulau ini jadinya memakai nama Latin Klasik untuk tembaga yaitu aes Cyprium. Hingga jadinya disingkat menjadi Cuprum yang berarti tembaga. Meskipun masih ada beberapa orang yang menyebutkan nama negara ini dengan sebutan Cypriote atau Cyprian.


Siprus menjadi negara yang cukup populer di daerah Mediterania bagi wisatawan asing. Negara Siprus merupakan negara persemakmuran dari Kerajaan Inggris, kemerdekaan diumumkan pada tanggal 16 Agustus 1960, namun Siprus merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 1 Oktober 1960. Saat masih dijajah oleh bangsa Inggris, Siprus akan diberikan kepada negara Yunani. Akan tetapi keputusan tersebut ditolak oleh bangsa Turki yang berada di Siprus (meskipun mereka hanya kaum minoritas).


Hingga jadinya harapan tersebut terpenuhi dan jadilah negara Siprus yang merdeka. Akan tetapi di dalam negara Siprus terbagi menjadi 2 kelompok, salah satu kelompok menginginkan bersatu dengan Yunani sedangkan yang lain tidak. Kelompok yang ingin bersatu dengan Yunani melaksanakan perebutan kekuasaan dan dibalas oleh Turki. Akibat insiden tersebut, Turki menempati wilayah bab utara Siprus.


Sistem Pemerintahan Negara Siprus


Negara Siprus merupakan negara yang berbentuk Republik Presidensial. Sehingga kepala negara dan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang Presiden. Dan pada tanggal 1 Mei 2004, negara ini memutuskan untuk bergabung sebagai anggota Uni Eropa. Akan tetapi hanya bab selatan saja yang sanggup ikut bergabung. Meskipun daerah utara telah memaksa pemerintah untuk bersatu dengan daerah selatan, harapan tersebut tidak sanggup dipenuhi. Hingga sekarang hanya bab selatan saja yang menjadi anggota Uni Eropa.


Negara Siprus terbagi menjadi 6 distrik antara lain, Famagusta, Larnaca, Kyrenia, Nicosia, Limassol, dan Paphos. Selain itu, Siprus memiliki 4 exclaves di mana dua wilayah yaitu desa Xylotymvou dan desa Ormidhia terdapat Pangkalan Sovereign Inggris Dhekelia. Sedangkan untuk wilayah ketiga terdapat Pembangkit Listrik Dhekelia di daerah ini juga telah dibagi dua oleh jalan Inggris. Dan zona terakhir, merupakan zona penyangga PBB dan mengubah daerah tersebut menjadi Paralimni.


Perekonomian Negara Siprus


Sebagian besar pendapatan negara Siprus berasal dari sektor pariwisata. Hal ini didukung dari banyaknya bangunan – bangunan bersejarah yang ada di Siprus. Selain itu, julukan negara Siprus sebagai Daratan Cinta mengakibatkan banyak wisatawan absurd untuk tiba berkunjung dan mereka percaya kalau Siprus tempat lahirnya Dewi Cinta, Aphrodit. Selain dari sektor pariwisata, negara Siprus juga mengandalkan pendapatannya dari pertanian berupa anggur, tembakau, kentang dan jeruk. Sektor pertambangan juga berperan dalam perekonomian negara ini, hasil tambang tersebut berupa marmer, gipsum, besi dan hasil pertambangan utamanya yaitu tembaga. Meskipun dikelilingi oleh perairan Mediterania, namun sebagian besar masyarakatnya tidak suka memancing ikan di sini.


Penduduk Negara Siprus


Setelah dilakukan sensus untuk pertama kalinya sesudah kemerdekaan, pada bulan Desember 1960. Total populasi negara Siprus mencapai 573.566, angka tersebut terdiri atas orang Turki sebanyak 104.320 jiwa (18,2%), 442.138 jiwa (77,1%) berasal dari Yunani dan sisanya berasal dari negara lain sebesar 27.108 (4,7%). Negara Siprus terbagi menjadi 2 negara bagian, yaitu Siprus Yunani yang sebagian besar masyarakatnya beragama Ortodoks Yunani dan Siprus Turki penganut Islam Sunni.


Pada tahun 2001, populasi Siprus Yunani mencapai 77%, sedangkan Siprus Turki sebesar 18%, sisanya dari bangsa lain yaitu sebesar 5%. Sejak dilakukan sensus pemerintah pada tahun 2011, setidaknya ada 10.520 masyarakat yang tinggal di Siprus berasal dari Rusia. Sehingga secara tidak langsung, bahasa Rusia juga turut mensugesti bahasa di Siprus.


Sedangkan penggunaan bahasa yang resmi digunakan negara Siprus yaitu bahasa Yunani dan Turki. Sedangkan bahasa – bahasa lain ibarat bahasa Arab Armenia dan Siprus Maronite dijadikan sebagai bahasa minoritas. Namun, bahasa Inggris juga digunakan di beberapa tempat ibarat tempat – tempat umum (iklan, rambu jalan dan lain-lain). Meskipun demikian, bahasa Inggris pernah digunakan sebagai bahasa resmi dikala Pemerintahan Inggris dan Lingua Franca pada tahun 1960. Jika diurutkan, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua negara Siprus kemudian disusul oleh bahasa Rusia.


Fakta – Fakta Negara Siprus



  1. Nama Siprus berasal barang ekspor yang berasal dari pulau ini yaitu tembaga atau copper (kypros).

  2. Di dalam bendera Siprus terdapat peta Siprus.

  3. Negara Siprus dikenal dengan julukan Daratan Cinta dan banyak orang percaya kalau Siprus tempat lahirnya Dewi Aphrodit.

  4. Penduduk Siprus memiliki dua julukan yaitu Cipriot Turki dan Cipriot Yunani.

  5. Orang – orang percaya Siprus menjadi tempat berkumpulnya pada dewa.

  6. Negara ini pernah menjadi bangsa yang paling makmur di dunia dikala masa Perunggu dan Tembaga.

  7. Terdapat tiga warisan budaya UNESCO yaitu Gereja Lukis, Choirokoitia, dan Paphos.

  8. Terdapat peninggalan dari masa 4 yaitu Monasteri Stavrouvouni yang terdapat di Pegunungan Troodos.

  9. Negara Siprus pernah menjadi Provinsi Kekaisaran Romawi pada tahun 45 M.

  10. Menjadi salah satu negara yang memperlihatkan ijab kabul terlarang. Banyak biro wisata Siprus yang membuka jasa ijab kabul pasangan yang cintanya terlarang secara agama maupun sosial.


Demikian informasi mengenai negara Siprus. Semoga sanggup bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com