Friday, June 30, 2017

√ Tips Menentukan Ram Yang Bagus

 yaitu sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya sanggup diakses dalam waktu yang tetap √ Tips Memilih RAM yang Bagus

RAM (Random Access Memory) yaitu sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya sanggup diakses dalam waktu yang tetap. Ram juga merupakan daerah penyimpanan data sementara yang apabila komputer atau laptop mati, maka datanya kan hilang kembali. Setiap ram mempunyai pin/slot yang berbeda, tinggal menyocokkan dengan type laptop/komputer yang digunakan.

RAM berbentuk 1 keping PCB dengan banyak IC dikedua sisi. Tersedia dalam kapasitas 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, 2GB, 4GB bahkan akan ada yang lebih besar sekalipun satu kepingnya. Saat ini RAM yang beredar di pasaran umumnya telah berkapasitas 2GB keatas. RAM untuk laptop dinamakan SODIMM, untuk PC desktop dinamakan DIMM.

Terkadang kita gundah kalau ingin menambah atau mengganti RAM komputer atau laptop kita. Takut tidak cocok lah atau takut malah nantinya konslet lah atau takut cepet rusak lah.Kita tidak usah takut kalo kita mau membaca. Berikut Tips kalau ingin mengganti RAM pada komputer atau laptop kita.

Tips menentukan memori (RAM) komputer yang baik

1. Pilih memory dengan jumlah ganda apabila motherboard Anda mendukung dual channel. Sebagai contoh, “pilihlah sepasang memori dengan kapasitas masing-masing 2GB daripada membeli sekeping memori dengan kapasitas 4GB”. Dukungan Dual Channel memungkinkan performa sistem komputer Anda akan tampil jauh lebih baik. Jadi, memnggunakan dua keping memori lebih baik daripada memakai satu keping memori meskipun kapasitasnya lebih besar.

2. Carilah vendor yang telah mempunyai reputasi baik dalam penjualan dan layanan purna-jual. Anda sanggup memakai jumlah service center yang dimiliki serta usang garansi sebagai tolok ukur ini. Pilihlah memori yang sudah dikenal luas di kalangan pengguna komputer

3. Hindari menentukan memori dengan chip abnormal alias Anda tidak tahu siapa pembuatnya. Nama-nama ibarat Samsung, Infineon, visipro atau Corsair dan lain-lain sanggup Anda jadikan referensi. Ini penting alasannya yaitu beberapa MoBo menyarankan chip tertentu untuk pemberian kesesuaian.

4. Hindari membeli memori tray alias tidak dalam kemasan. Di pasar dikala ini banyak sekali dijual memori tanpa kemasan. Meski dilabel dengan banyak sekali merek ternama, jangan gampang terpengaruhi untuk membeli memori jenis ini. Resiko tingkat kerusakan jawaban listrik statik yang sangat tinggi ditambah lagi resiko data korup jawaban chip yang rusak akan menghantui kestabilan PC Anda.

5. Jika Anda sering memakai komputer dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk menentukan memori yang dilengkapi dengan heat spreader. Harga memori jenis ini pada umumnya lebih mahal ketimbang memori standar. Meskipun demikian, performa dan kestabilan yang ditawarkan memori jenis ini sangat bagus.

6. Jangan terjebak dengan akad life time warranty. Di Indonesia, definisi garansi jenis ini masih dipertanyakan. Definisi life time warranty berdasarkan Hukum Dagang Internasional yaitu sebatas teknologi produk yang bersangkutan masih ada dan proses produksinya masih dijalankan. Pilih memori dengan angka latency terendah.

Ada tips lainnya lagi, berikut tipsnya :

Yang Pertama yaitu kalau ingin mengganti semua RAM (artinya RAM yang lawas dilepas atau dibuang) dengan RAM yang gres kita harus melihat jenis slott pada komputer. Jika slotnya untuk DDR2 ya belilah yang tipe DDR2 jangan hingga salah beli karna setiap DDR akan mempunyai slot yang berbeda.

Yang Kedua kalau ingin memakai RAM kapasitas 2 GB atau 4 GB dan slot RAM pada mobo kita ada 2 atau dual channel saya sarankan memakai 2 keping. Jika 2 GB beli yang 1 GB dan 1 GB kalau 4 GB beli yang 2 GB 2 GB. Kenapa saya menyarankan ibarat itu? Agar performa komputer kita berjalan lebih baik dan seimbang.

Yang Ketiga Perhatikan kapasitas maksimal ukuran memori dan clocknya setiap slot.Contoh PC saya maksimal setiap slotnya 2 giga dan clocknya 800mhz atau PC6400.jika kelebihan komputer anda sanggup gagal booting.untuk melihat kapasitas sanggup dilihat di buku panduan mobo anda.

Yang Keempat Jika anda ingin menambah jumlah RAM dari 4 giga menjadi 8 giga perhatikan OS yang anda pakai.jika anda memakai contohnya OS windows 7 ultimate 32 bit mau bagamanapun RAM yang terdeteksi cuma 4 giga.

Yang kelima kalau anda ingin menambah RAM ,misal di pc udah ada 2 GB ingin tambah 1 GB atau 2GB perhatikan Frekuensi RAM yang lama.jika RAM usang PC6400 atau 800 mhz maka carilah frekuensi RAM yang gres setara dengan yang usang yaitu PC6400.karena kalau RAM yang gres hanya PC5300 atau 666 mhz maka RAM yang gres akan mengikuti RAM yang usang menjadi 666 mhz.Wuhghghgh rugi besar dong.Lihat juga timingnya. Semakin rapat timingnya maka semakin kencang larinya.contoh timing PC6400 ada yang 5-5-5-15 dan 6-6-6-18.Anda niscaya tahu kan harus menentukan yang mana? terang pilih yang 6-6-6-18.untuk melihat timing dan segalanya silakan donwload CPU-z.Merk RAM berbeda tidak duduk masalah yang penting Spesifikasi sama.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com