SATUAN ACARA PENYULUHAN
A. Pengkajian Faktor Predisposisi
1. Riwayat Keperawatan
An. A berusia 14 tahun ketika ini sedang menjalani sakit/terdapat luka jahitan akhir vulnus laceratum kalkareus dextra. An. A selalu dibawa oleh keluarganya ke mantri untuk buka/ganti balutan. An. A mendapatkan terapi ampicillin/antibiotik. An. A ketika ini makan tidak ada gangguan, contoh eliminasi tidak ada gangguan, contoh acara terganggu lantaran terdapat luka nyeri kanan
2. Keadaan Fisik
BB : 41 kg
TB : 153 cm
N : 88 x/menit
S : 36OC
R : 18 x/menit
Klien tampak tenang
3. Kesiapan Belajar
Pengetahuan keluarga wacana luka/perawatan luka kurang lantaran belum mendapatkan isu wacana perawatan luka secara lengkap, keluarga sanggup berkomunikasi dengan memakai bahasa Sunda dan bahasa Indonesia
4. Motivasi Belajar
Motivasi keluarga untuk mempelajari luka dan kebutuhan nutrisi cukup kuat, keluarga menyampaikan “Ingin mempelajari bagimana cara merawat anaknya supaya lebih baik”.
5. Kemampuan Membaca
Keluarga memiliki keterampilan membaca dan menulis yang baik, keluarga menyampaikan lebih menyukai berguru dengan cara tanya jawab
B. Pengkajian Faktor Pemungkin
Untuk memperlihatkan penyuluhan kesehatan dengan baik kepada keluarga menderita luka mahasiswa telah memiliki keterampilan alasannya yaitu sudah sering melaksanakan training untuk hal tersebut. Alat bantu penyuluhan berupa leaflet, yang memperlihatkan pendidikan/penyuluhan kesehatan tiba ke keluarga sehingga keluarga sanggup mendapatkan penyuluhan sepenuhnya
C. Pengkajian Faktor Penguat
Anggota keluarga berpendidikan Sarjana, Sekolah Menengan Atas dan SD. Keluarga mau mendapatkan penyuluhan yang akan diberikan petugas/pemberi pelayanan kesehatan
II. Diagnosa Keperawatan
A. Ketidakmampuan keluarga problem luka lantaran ketidaktahuan fakta
B. Ketidakmampuan merawat anggota keluarga yang sakit lantaran tidak mengetahui sifat perkembangan perawatan yang dibutuhkan
C. Ketidaksanggupan keluarga mengenal, problem nutrisi lantaran ketidaktahuan wacana fakta
D. Ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga yang sakit lantaran kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam mekalukan mekanisme perawatan
III. Perencanaan Tindakan Keperawatan
A. Rencana Pembelajaran Keluarga I
Diagnosa keperawatan : Ketidakmampuan keluarga mengenal problem luka lantaran ketidaktahuan wacana fakta
1. Tujuan Pembelajaran
a. Tujuan Umum
Setelah mendapatkan penyuluhan kesehatan, keluarga bisa mengenal/mengetahui problem luka (pengertian luka, tanda dan gejala, penyebab dan pencegahan)
b. Tujuan Khusus
Setelah mendapatkan penyuluhan kesehatan selama 30 menit, keluarga bisa menjelaskan :
1) Pengertian luka
2) Penyebab luka
3) Cara merawat luka
4) Macam-macam luka
2. Materi Belajar
a. Pengertian luka
b. Penyebab luka
c. Cara merawat luka
d. Macam-macam luka
3. Metode Belajar : metode diskusi
4. Alat bantu Belajar
Leaflet : berisi pengertian, penyebab, cara merawat luka dan macam-macam luka
5. Evaluasi belajar
Evaluasi berguru akan dilakukan selama proses berguru dan simpulan proses pendidikan kesehatan, cara penilaian dengan mengajukan pertanyaan lisan.
a. Jelaskan pengertian luka ?
b. Penyebab luka ?
c. Jelaskan cara merawat luka ?
d. Macam-macam luka ?
B. Rencana Pembelajaran Keluarga II
Diagnosa keperawatan : ketidakmampuan merawat anggota keluarga yang sakit lantaran tidak mengetahui sifat perkembangan perawatan yang dibutuhkan
1. Tujuan Pembelajaran
a. Tujuan Umum
Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan, keluarga bisa melaksanakan perawatan luka
b. Tujuan Khusus
Setelah pendidikan kesehatan selama 30 menit, keluarga bisa menyebutkan bagaimana cara merawat/perawatan luka
2. Materi Belajar : cara perawatan luka
3. Metoda Belajar : metoda diskusi
4. Alat bantu Belajar : leaflet berisi cara perawatan luka.
5. Evaluasi Belajar
Evaluasi berguru dilakukan selama proses berguru dan pada simpulan proses pendidikan kesehatan, cara penilaian akan dilakukan dengan mengajukan pertanyaan lisan : bagaimana cara merawat luka ?
C. Rencana Pembelajaran Keluarga III
Diagnosa keperawatan : Ketidaksanggupan keluarga mengenal problem nutrisi lantaran ketidaktahuan wacana fakta
1. Tujuan Pembelajaran
a. Tujuan Umum
Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan, keluarga bisa mengetahui wacana kebutuhan nutrisi
b. Tujuan Khusus
Setelah pendidikan kesehatan selama 30 menit, keluarga bisa mengetahui manfaat nutrisi dan pengertian dari gizi (nutrisi)
2. Materi Belajar
a. Pengertian gizi atau nutrisi
b. Fungsi materi masakan (gizi)
3. Metoda Belajar : metoda diskusi
4. Alat bantu Belajar : leaflet berisi wacana pengertian gizi dan fungsi materi masakan (gizi)
5. Evaluasi Belajar
Dilakukan selama proses berguru dan pada simpulan proses pendidikan kesehatan, penilaian akan dilakukan dengan mengajukan pertanyaan lisan :
a. Jelaskan pengertian luka ?
b. Sebutkan fungsi gizi (bahan makanan) bagi tubuh ?
D. Rencana Pembelajaran Keluarga IV
Diagnosa keperawatan : ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga yang sakit lantaran tidak kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan mekanisme perawatan
1. Tujuan Pembelajaran
a. Tujuan Umum
Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan, keluarga mengetahui mekanisme perawatan luka
b. Tujuan Khusus
Setelah pendidikan kesehatan selama 30 menit, keluarga bisa menyebutkan mekanisme perawatan luka
2. Materi Belajar : mekanisme perawatan luka
3. Metoda Belajar : metoda diskusi
4. Alat bantu Belajar : leaflet berisi mekanisme perawatan luka
5. Evaluasi Belajar
Dilakukan selama proses berguru dan pada simpulan proses pendidikan kesehatan, penilaian dilakukan dengan mengajukan pertanyaan lisan : sebutkan mekanisme perawatan luka ?
E. Rencana Pembelajaran Keluarga V
Diagnosa keperawatan : ketidakmampuan keluarga mengenal problem nutrisi lantaran ketidaktahuan wacana fakta
1. Tujuan Pembelajaran
a. Tujuan Umum
Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan, keluarga mengerti wacana asupan nutrisi
b. Tujuan Khusus
· Setelah mendapatkan penyuluhan keluarga bisa menyebutkan materi masakan yang bernilai gizi tinggi
· Setelah mendapatkan penyuluhan keluarga sanggup menghindangkan makan yang bernilai gizi tinggi
2. Materi Belajar : asupan nutrisi (gizi)
3. Metoda Belajar : metoda diskusi
4. Alat bantu Belajar : leaflet berisi asupan nutrisi (gizi)
5. Evaluasi Belajar
Dilakukan selama proses berguru dan pada simpulan proses pendidikan kesehatan, penilaian dilakukan dengan mengajukan pertanyaan lisan :
· Sebutkan fungsi masakan bagi tubuh ?
· Sebutkan materi masakan yang bernilai gizi tinggi ?
MATERI PENYULUHAN
NUTRISI (GIZI)
Pengertian :
Zat gizi yaitu ikatan kimia yang dibutuhkan tubuh untuk melaksanakan fungsinya yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan
4 Sehat 5 Sempurna :
yaitu susunan hidangan Indonesia yang sanggup memberi kesehatan gizi yang baik dan dianjurkan seluruh anggota masyarakat untuk mencapainya
4 Sehat :
· Bahan masakan pokok
· Bahan masakan lauk pauk
· Bahan makana sayur
· Bahan masakan buah
Bila ditambah susu : sempurna
Fungsi materi makan :
· Sebagai sumber energi/tenaga
· Pertumbuhan badan
· Memelihata jaringan tubuh mengganti yang rusak
· Berperan dalam pertahanan tubuh terhadap penyakit (antibodi)
Bahan masakan pokok :
Adalah jumlah terbesar dari materi makan yang dikonsumsi, jika dalam hidangan tidak ada dianggap tidak lengkap/belum makan.
Bahan masakan lauk pauk :
Lauk lantaran umumnya ikan, daging dan umumnya merupakan sumber utama protein
Bahan masakan sayur dan buah :
Sayur yaitu aneka macam kepingan flora (daun, akar, batang, bunga dan buah muda)
Buah yaitu biasanya sudah matang, dimakan mentah, basuh mulut, umumnya pengahasil vitamin dan mineral
BACA JUGA INFORMASI TERKAIT LAINNYA:
1. SEPERTI APAKAH TUMBUH KEMBANG ANAK PADA USIA INFANT (0-1 TAHUN): aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
2. LEAFLET TUMBUH KEMBANG ANAK: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
3. NORMALKAH TUMBUH KEMBANG ANAK ANDA??: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
4. LEAFLET KEBUTUHAN NUTRISI ANAK: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
5. MENGENAL GIZI BURUK, GIZI SEIMBANG DAN PERAWATAN ANAK GIZI BURUK: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
6. LEAFLET ANAK KURANG GIZI: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
7. SAP TUMBUH KEMBANG ANAK: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
8. PERAWATAN ANAK GIZI KURANG DIRUMAH: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
9. SAP NUTRISI 4 SEHAT 5 SEMPURNA: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
-----SEMOGA BERMANFAAT-----