Thursday, August 10, 2017

4 Pola Pelestarian In Situ Beserta Contohnya

Jika kita membicarakan mengenai penyusun dari planet bumi, maka planet ini terdiri dari dua faktor utama abiotik dan biotik. Abiotik sendiri terdiri dari banyak sekali relief permukaan bumi dan dinamika perubahan atmosfer. Sedangkan faktor biotik sendiri yaitu banyak sekali tanaman dan fauna yang ada di dalamnya.


Interaksi antar kedua faktor tersebutlah yang kemudian sanggup membentuk bumi ibarat yang kita tempati kini ini. Setiap daerah di muka bumi ini selalu mempunyai banyak sekali ha khas dengan daerah mereka. Hal ini juga berlaku pada beberapa jenis tanaman dan fauna. Bahkan tak jarang terdapat beberapa jenis tanaman dan fauna endemik yang hanya sanggup ditemukan di lokasi tersebut.


Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang ada banyak sekali bahaya yang mengancam keberlangsungan dari tanaman dan fauna. Ancaman ini banyak terjadi pada kerusakan habitat orisinil mereka. Padahal ada banyak sekali dampak kerusakan tanaman dan fauna bagi kehidupan insan sendiri. Hal ini lah yang menjadikan perlu adanya tindakan pelestarian dan penjagaan.


Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa referensi pelestarian in situ. Pelestarian jenis ini yaitu salah satu perjuangan yang sanggup dilakukan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan tanaman dan fauna. Ada beberapa jenis pelestarian in situ yang sanggup kita ketahui, seperti


PELESTARIAN IN SITU


Jika kita sudah memahami mengenai beberapa contoh pelestarian ex situ, maka intinya pelestarian in situ ini tak jauh berbeda. Pelestarian in situ yaitu dengan melaksanakan perjuangan pelestarian pada tanaman dan fauna pada habitat aslinya. Letak pelaksanaan pelestarian yaitu salah satu hal utama yang membedakan pelestarian in situ dan ex situ, untuk jenisnya sendiri seperti


1 Taman Nasional


Contoh pelestarian in situ yang pertama akan kita bahas yaitu Taman Nasional. Keberadaan dari taman nasional ini sendiri dibuat menurut peraturan dari pemerintah. Sehingga keberadaan dari taman nasional ini sendiri merupakan tanggung jawab dari pemerintah itu sendiri. Indonesia sendiri mempunyai beberapa taman nasional yang cukup terkenal, ibarat Taman nasional ujung kulon yang merupakan salah satu habitat bagi rino bercula satu, kemudian ada juga taman nasional baluran yang juga merupakan habitat bagi banteng jawa.  


Taman nasional sendiri merupakan sebuah tempat yang masih mempunyai ekosistem yang masih sangat asli. Selain itu keberadaan Taman nasional sendiri biasanya diperuntukan untuk penelitian dan banyak sekali tujuan pendidikan. Tentu saja tempat ini juga diperuntukan untuk melindungi banyak sekali macam jenis tanaman dan fauna yang ada di dalamnya. Tak kurang dari 50 Taman Nasional sanggup kita temukan di banyak sekali lokasi di Indonesia. beberapa taman nasional tersebut bahkan telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia, oleh UNESCO


2 Cagar Alam


Pembentukan cagar alam merupakan salah satu cara pelestarian ekosistem tanaman dan fauna. Suatu lokasi akan dijadikan sebagai sebuah cagar alam jikalau mempunyai keunikan dan kekhasan yang berbeda. Keunikan dari tanaman dan fauna, serta ekosistem tersebut kemudian harus dilindungi semoga sanggup berjalan dengan alami setiap proses yang dimilikinya. Indonesia sendiri mempunyai beberapa Cagar Alam yang sanggup kita temukan ibarat Cagar Alam Pananjung Pangandaran di Jawa Barat, Cagar Alam Nusakambangan Barat dan Cagar Alam Nusakambangan Timur di Jawa Tengah.


Untuk sanggup memasuki tempat cagar alam dan melaksanakan acara di dalam tempat tersebut kita tak sanggup sembarangan. Hal ini dikarenakan tempat tersebut merupakan tempat yang masuk kedalam tempat konservasi. Untuk sanggup memasuki tempat tersebut diharapkan beberapa surat ijin dari dinas yang terkait.


3 Suaka Marga satwa


Suaka margasatwa merupakan sebuah lokasi yang mempunyai banyak sekali fauna yang unik dan langka. Pembuatan lokasi yang satu ini ditujukan untuk sanggup melindungi keberlangsungan hidup dari satwa tersebut. Selain itu dengan penetapan suatu lokasi menjadi suaka margasatwa maka akan sanggup menjaga kondisi dari ekosistem tempat tersebut. Selain dipakai untuk melindungi banyak sekali macam jenis satwa yang hidup di dalamnya, keberadaan suaka marga satwa ini sendiri juga diperuntukan untuk kepentingan pendidikan dan penelitian mengenai satwa yang dilindungi di tempat tersebut.


4 Taman Laut


Contoh pelestarian in situ tang selanjutnya sanggup kita temukan yaitu taman laut. Sama ibarat namanya bahwa letak dari tempat konservasi ini berada di tempat laut. Indonesia sendiri mempunyai beberapa Taman bahari yang sangat terkenal, ibarat Taman bahari Bunaken yang sangat terkenal. pembentukan taman bahari ini merupakan salah satu perjuangan konservasi yang bertujuan untuk melindungi setiap biota bahari yang ada di tempat tersebut. Apalagi indonesia yang populer sebagai negara kepulauan terbesar, maka tak mengherankan jikalau ada banyak sekali taman bahari yang dimilikinya.


Itulah tadi beberapa referensi pelestarian in situ yang sanggup kalian ketahui. pelestarian ini merupakan sebuah perjuangan yang dilakukan pemerintah untuk melindungi banyak sekali tanaman dan fauna yang terancam punah. Dengan pemberian ini, maka tanaman dan fauna tersebut sanggup tetap hidup dan memperbanyak jumlah diri mereka sendiri. Semoga isu ini bermanfaat. 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com