Saturday, August 12, 2017

√ Cara Memilih Jumlah Sampel Penelitian

selamat siang broder en sister,,semoga kita selalu dalam lindungan-Nya..aamiin. pada kesempatan kali kami akan mengemukakan sebuah artikel bab metode penelitian yaitu perihal bagaimana cara memilih ukuran atau jumlah sampel pada penelitian. oiya, sebelumnya kami juga sudah mengemukakan salah satu cara memilih jumlah sampelnya dengan rumus slovin,,. selanjutnya pada artikel ini kami akan menjelaskan memakai cara yang berbeda. cara tersebut yaitu sebagai berikut:


metode yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael:


untuk memilih jumlah sampel penelitian, Issac dan Michael menyebarkan sebuat metode yaitu berupa penggunaan rumus berikutm;


 pada kesempatan kali kami akan mengemukakan sebuah artikel bab metode penelitian yaitu √ cara memilih jumlah sampel penelitian


hasil perhitungannya disajikan dalam bentuk tabel (silahkan lihat dalam buku Prof Sugiyono dengan judul metode penelitian bisnis, cet ke-15 oktober 2010, halaman 126)


metode sampel berdasarkan Prof Dr Nana Syaodi Sukmadinata


dala bukunya “metode penelitian pendidikan cet 10 2015 halaman 260-261” dia menyatakan bahwa untuk penelitian korelasional, sampel sebanyak 30 dipandang sudah cukup besar, untuk kausal komparatif dan eksperimental 15 setiap kelompok, untuk penelitian survey 100 cukup memadai sedang untuk kelompok sampel 20-50.


Metode sampel berdasarkan Zainudin M (1998) yaitu sebagai berikut:


 pada kesempatan kali kami akan mengemukakan sebuah artikel bab metode penelitian yaitu √ cara memilih jumlah sampel penelitiandimana:


n = jumlah sampel


N = Jumlah populasi


d = tingkat kesalahan (5%)


beberapa metode di atas sanggup diterapkan dalam memilih jumlah sampel penelitian yang akan dilakukan. adapun gotong royong masih ada beberapa metode lain yang sanggup digunakan, biar di lain kesempatan kami sanggup share kembali kepada kawan-kawan semua. demikian saja yang sanggup kami bagikan pada kesempatan ini biar bermanfaat..


 



Sumber https://www.spssstatistik.com