Saturday, August 12, 2017

√ Cara Menghitung Takaran Dukungan Obat Untuk Bayi Dan Anak - Anak

Didalam pertolongan obat - obatan ada enam hal yang harus kita perhatikan sebagai tenaga kesehatan, di dalam dunia kesehatan hal - hal yang penting diperhatikan dalam pertolongan obat ini dikenal dengan istilah prinsip 6 benar pertolongan obat yaitu benar pasien, benar obat, benar dosis, benar cara / rute, benar waktu dan benar dokumentasi. 6 prinsip ini harus diperhatikan betul ketika memperlihatkan obat kepada pasien baik untuk sampaumur dan terlebih lagi untuk bayi dan anak - anak.

Cara menghitung takaran pertolongan obat untuk bayi dan anak - anak

nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas wacana poin yang ketiga yaitu wacana benar dosis, lebih tepatnya cara menghitung takaran obat yang benar. dan pada artikel kali ini akan kami khususkan untuk membahas wacana bagaimana cara menghitung takaran obat yang benar untuk bayi dan anak - anak.

ketepatan takaran dalam pertolongan obat sangatlah penting untuk kesembuhan pasien (anak - anak). Dibandingkan dengan orang dewasa, bawah umur dan bayi memiliki fungsi fisiologis yang tidak selengkap kerja organ pada orang dewasa. Hal ini disebabkan lantaran organ-organ tubuh anak (hepar, ginjal dan susunan syaraf pusat) masih sangat labil dan belum berfungsi secara sempurna, sehingga penentuan dosisnya harus benar-benar diubahsuaikan dengan kondisi bayi dan anak tersebut. guna mendapat dampak obat yang dibutuhkan lantaran apabila tidak dihitung dengan benar sanggup saja takaran obatnya kekurangan sehingga menjadikan dampak obat yang dihasilkan tidak maksimal. dan apabila kelebihan takaran tentu lebih parah lagi sanggup menjadikan over dosis, yang berakibat sangat fatal.

nah berdasarkan alasan diatas. penting kiranya bagi tenaga kesehatan untuk sanggup menghitung takaran obat pada bayi dan anak - anak dengan tepat. namun dalam prakteknya tidak jarang seorang tenaga kesehatan menemui hambatan dalam menghitung takaran obat terutama takaran untuk bayi dan anak - anak.

Disini kami coba membahas wacana cara menghitung takaran pertolongan obat pada bayi dan anak - anak. ada berbagai rumus yang sanggup digunakan untuk menghitung takaran obat untuk bayi dan anak - anak, namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa rumus dalam menghitung takaran pertolongan obat pada bayi dan anak - anak.

silahkan disimak klarifikasi nya berikut ini :

Cara Menghitung Dosis Obat Anak

1. Menghitung takaran pertolongan obat untuk bayi memakai rumus Fried

rumus ini basanya sering digunakan untuk bayi yang masih berumur dalam hitungan bulan. untuk rumus dan cara menghitung nya silahkan perhatikan dibawah ini :


Keterangan rumus fried :
Da : Dosis anak
m   : umur anak dalam bulan
Dd : Dosis dewasa
150 : ketetapan Fried.

Contoh : seorang bayi berumur 6 bulan. demam tinggi selama 1 hari, dan telah diresepkan oleh dokter mendapat paracetamol dengan takaran sampaumur 500mg, berapakah takaran yang harus diberikan untuk bayi tersebut ?

Jawab :

jadi takaran yang sanggup diberikan untuk bayi tersebut ialah 20 mg setiap kali pemberian.

Download Rumus Fried DISINI

2. menghitung takaran pertolongan obat untuk bayi dan anak - anak berdasarkan rumus Dilling

rumus ini biasanya digunakan untuk anak - anak umur 8 tahun keatas


Keterangan :
Da : Dosis anak
n    : Umur anak dalam tahun
Dd : Dosis dewasa

Contoh : 

seorang anak - anak  berumur 10 tahun. demam tinggi selama 1 hari, dan telah diresepkan oleh dokter mendapat paracetamol dengan takaran sampaumur 500mg, berapakah takaran yang harus diberikan untuk bayi tersebut ?

Jawab :


jadi takaran yang sanggup diberikan pada anak diatas ialah 250 mg setiap kali pemberian.

Download Rumus Dilling DISINI

3. menghitung takaran pertolongan obat untuk bayi dan anak - anak berdasarkan rumus young

rumus ini sering digunakan untuk anak - anak umur 1 tahun hingga dengan 8 tahun.

Contoh : 

seorang anak - anak  berumur 5 tahun. demam tinggi selama 1 hari, dan telah diresepkan oleh dokter mendapat paracetamol dengan takaran sampaumur 500mg, berapakah takaran yang harus diberikan untuk bayi tersebut ?


Jawab :



jadi takaran yang sanggup diberikan pada anak diatas ialah 94 mg setiap kali pemberian.

Download Rumus Young DISINI

4. menghitung takaran pertolongan obat untuk bayi dan anak - anak berdasarkan ketersediaan obat.


Contoh :

Pasien anak "A" mendapat antibiotik ceftriaxone 250 mg inj.via IV, obat yang tersedia dalam 1 vial ceftriaxone berisi 1 gram = 1000 mg yang diuplos aquades 10cc . berapa jumlah yang diberikan?

Jawab :
jadi takaran obat yang diberikan ialah 2.5 cc.

Download Rumus Berdasaran Ketersediaan obat DISINI

5. menghitung takaran pertolongan obat untuk bayi dan anak - anak berdasarkan berat badan

untuk rumus yang satu ini sangat gampang diagunakan dengan catatan obat yang akan diberikan tertera dosisnya dalam kemasan.

berikut rumus nya :

Da = Dosis Obat X Berat Badan

Contoh :

Diketahui takaran terapi untuk obat parasetamol ialah 10 mg/kgBB/kali, maka untuk anak umur 3 tahun dengan berat tubuh 14 kg, sanggup diberikan takaran per kali sebesar 14 x 10 mg = 140 mg.

dengan demikian anak tersebut sanggup diberikan obat sebanyak 140 mg setiap kali pemberian.

nah untuk cara yang terakhir ini agak gampang bukan. namun harus diingat rumus terakhir ini sanggup digunakan jikalau dalam kemasan terdapat dosis/BB(Kg).

Download Rumus Berdasarkan berat tubuh DISINI

Demikian artkel wacana "Cara menghitung takaran pertolongan obat untuk bayi dan anak - anak" silahkan dipilih cara yang berdasarkan teman - teman paling mudah. dan tetap sesuaihkan dengan berat tubuh dan umur sibayi atau anak - anak yang akan diberikan obat. biar artikel ini bermanfaat untuk teman - teman sejawat sekalian. terima kasih.


Sumber http://bangsalsehat.blogspot.com