Friday, August 11, 2017

√ Pengambilan Sampel Secara Acak Atau Random

penelitian dengan pengambilan sampel secara acak atau sering disebut juga dengan simple random sampling ini sering sekali kita jumpai, tentu saja cara ini sangat berkaitan dengan berapa jumlah sampel yang dibutuhkan. kalau kawan-kawan ingin mengetahui cara memilih jumlah sampel, maka sanggup dilihat pada artikel berikut “menentukan jumlah sampel“.


pengambilan sampel secara acak atau random mempunyai beberapa kelebihan dan beberapa kelemahan, pada artikel ini kami akan menjelaskan hal tersebut, namun sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa dan bagaimana sampel acak atau random tersebut.


sampel acak atau sampel random sederhana ialah pengambilan sebuah sampel yang dilakukan dengan cara sedemikian rupa sehingga setiap indipidu yang ada di dalamnya mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel (probability sampling). cara ini sering dijumpai pada pengambilan sampel pada penelitian dengan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak. selanjutnya dalam buku Sugiyono dijelaskan bahwa cara tersebut dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen atau relatif homogen.


 


Kelebihan sampel random atau simple random sampling


kelebihannya ialah mempunyai ketepatan yang tinggi dan setiap individu di dalamnya mempunya peluang yang sama untuk dijadikan sampel dan dan sampel eror sanggup ditentukan secara kuantitatif


kekurangan ialah :


sulit untuk dilaksanakan kalau tidak terdapat unit dasar atau populasi yang tersebar sangat luas


selanjutnya akan kami jelaskan teknik pengambilannya sebagai mana berikut:


Jika Populasi Kecil


pertama, buat daftar unit sampel dan diberi nomor urut


kedua, masukkan kedalam kotak dan aduk


ketiga, ambil sesuai dengan jumlah sampel yang telah ditentukan


jika Populasi Besar


pengambilan sampel kalau populasi besar dilakukan dengan mengacu kepada tabel bilangan random sampling, tabel ini sanggup dilihat dalam buku-buku metopen atau statistik.


demikianlah artikel mengenai pengambilan sampel secara random atau secara acak sederhana yang sanggup kami bagikan, supaya bermanfaat.



Sumber https://www.spssstatistik.com