Thursday, August 10, 2017

√ Zonasi Guru Segera Dilaksanakan, Rotasi Guru Setiap 4 Tahun

Gurumaju.comZonasi Guru Segera Dilaksanakan, dan untuk rotasi Guru Mendiknas berencana akan melakukannya setiap 4 Tahun sekali, dengan tujuan untuk melaksanakan Pemerataan.
 dan untuk rotasi Guru Mendiknas berencana akan melakukannya setiap  √ Zonasi Guru Segera Dilaksanakan, Rotasi Guru Setiap 4 Tahun
Zonasi Guru Segera Dilaksanakan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan pendistribusian guru berbasis zonasi mulai diterapkan tahun ini. Dilakukan secara sedikit demi sedikit bersamaan dengan proses penerimaan peserta bimbing gres (PPDB) untuk jenjang SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA.

Rencana perihal Program Redistribusi dan Zonasi Guru telah dicanangkan semenjak sekitar 2 Tahun yang lalu, Guru yang diprioritaskan untuk diredistribusi yakni pegawai negeri sipil yang menumpuk di satu sekolah. Redistribusi ini dianggap penting untuk memetakan dan membangun kualitas sekolah secara merata.

Selain Guru yang berstatus PNS, Guru Honorer yang bersertifikasi juga akan disebar merata ke setiap sekolah dalam satu zona. Guru dengan domisili terdekat dengan sekolah menerima prioritas. Guru yang terkena rotasi ke luar zona sanggup terjadi kalau kuota guru di dalam satu zona sekolah sudah penuh.

Dalam perencanaannya, Kemendikbud menargetkan 6 poin yang sanggup dicapai melalui kebijakan tersebut. Yakni:
  1. Menghilangkan eksklusivitas sekolah,
  2. Mengintergrasikan pendidikan formal dan nonformal,
  3. Mendekatkan sekolah dengan lingkungan peserta didik,
  4. Pemerataan mutu pendidikan dasar dan menengah,
  5. Pemerataan distribusi guru, dan
  6. Mengatur perekrutan siswa.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, zonasi merupakan puncak dari reformasi atau restorasi pendidikan nasional. Ia optimistis, pemantapan zonasi akan berjalan lancar alasannya yakni menerima dukungan dari pemerintah daerah. Dengan menerapkan zonasi, pemerintah sanggup menyalurkan anggaran pertolongan lebih sempurna dan efektif.

Demikian Informasi mengenai Zonasi Guru Segera Dilaksanakan, Rotasi Guru dilakukan Setiap 4 Tahun yang sanggup Admin bagikan. Terima kasih telah berkunjung, biar sanggup bermanfaat untuk kita semua.

Sumber http://www.gurumaju.com