Monday, September 25, 2017

√ Beli Komputer (Pc) Atau Beli Laptop


Komputer PC dan laptop, keduanya niscaya mempunyai penggemarnya masing-masing, ada yang lebih menentukan PC dan tetntu saja ada yang lebih menentukan Laptop, masing-masing punya alasannya ialah tersendiri. Nah buat kau yang sedang resah dan sedang mencari tumpuan untuk beli PC atau laptop biar goresan pena ini sanggup membantu.

Dahulu kala ketika saya masih sangat awam dengan dunia perkomputeran saya tetapkan untuk membeli seperangkat PC Desktop rakitan yang harganya saya lupa berapa juta, yang terang ketika itu tahun 2009/2010. Spesifikasinya ketika itu masih bisa dibilang lumayan, processornya dual core ram 1GB, HDD 80GB, monitor tabung, dan hingga ketika ini komputer itu masih bisa digunakan dan yang rusak hanya monitor, mouse, keyboard. Tidak terbayang kalau ketika itu saya tetapkan untuk membeli laptop, mungkin ketika itu sudah tidak ada barangnya, memngingat laptop lenovo saya yang pertama masa pakainya kurang lebih hanya 3 tahun saja (saya beli sekitar tahun 2011), kesininya laptop itu butuh usaha untuk hanya sekedar memutar video youtube.

Itu sekelumit dongeng saya perihal komputer dan laptop, mungkin kau punya pengalaman yang berbeda atau mungkin sama, namun itu semua tidak menciptakan saya menyarankan kau untuk membeli yang mana, semua ada porsinya, semua ada kelebihannnya dan tentunya semua ada kekurangannya, dan yang lebih terang semua ada resikonya masing-masing.

Berituk ini saya tuliskan beberapa alasan yang bisa kau pertimbangkan untuk menentukan salah satu perangkat yang akan kau beli.

Alasan untuk beli PC:
- Durability (ketahanan) dari PC lebih baik dari Laptop.
- Sparepart nya gampang dicari, sehingga kalau ada komponen yang rusak lebih gampang menggantinya.
- Membongkar PC lebih gampang kalau dibandingkan dengan membongkar Laptop, jadi dalam perbaikan akan lebih gampang memperbaiki PC daripada Laptop.
- Jika kau bisa merakit sendiri, kau bahkan bisa membuat/menentukan spesifikasi PC kau sendiri.
- Troubleshooting di PC relatif lebih gampang dideteksi dan ditangani, berbeda dengan laptop yang masing-masing pabrikan punya standarnya masing-masing.

Alasan untuk beli Laptop:
- Portabilitasnya tinggi, sehingga gampang untuk dibawa kemana-mana.
- Lebih mudah dan lebih minimalis ketimbang PC, kau tidak memerlukan space besar atau kawasan khusus untuk memakai Laptop.
- Lebih irit energi/konsumsi listrik yang rendah.
- Paket lengkap, di dalam laptop kau sudah bisa memakai wifi, bluetooth, touch pad, webcam, card reader, speaker & mick yang rata-rata tidak ada pada pc (perlu komponen tambahan).
- Tidak perlu takut mati lampu, batrai laptop yang chargable bisa menghidupi laptop minimal 3 jam (bisa kurang bisa lebih tergantung spesifikasi pabrikan).
- Lebih banyak pilihan, kalau kau tiba ke toko komputer niscaya kau akan lebih banyak disuguhi katalog Laptop dari pada PC, jadi kau bisa membandingkan lebih banyak barang dan merek.

Semoga saya selalu diberi kesehatan dan keistiqomah-an sehingga sanggup menulis artikel-artikel lainnya. Terimakasih sudah berkunjung dan biar goresan pena ini bermanfaat.

Sumber http://farihinmuhamad.blogspot.com