Sunday, September 17, 2017

√ Daftar 10 Sungai Terpanjang Di Sumatera

Sungai Terpanjang di Sumatera - Pulau Sumater sumatera merupakan salah satu tempat yang kaya akan sumber daya alam. Banyak sekali pegunungan, lembah, maupun dataran yang ada di pulau tersebut. Tidak hanya itu saja, bahkan pulau sumatera juga populer dengan wilayah perairan darat khususnya sungai. Masing-masing sungai yang ada di Pulau Sumatera mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kesana.

Saat Anda mendengarkan sekilas wacana Pulau Sumatera maka Anda akan sanggup mengetahui banyak keindahan yang terpampang disana. Selain fitur alam pegunungan, dataran, lembah dan sungai, masih banyak lagi keindahan pulau Sumatera yang sanggup Anda jelajahi. Untuk dikala ini, geologinesia khusus membahas terkait mengenai fitur alam berupa sungai, yaitu wacana daftar sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Sungai Terpanjang Yang Ada Di Pulau Sumatera

Adapun daftar pemegang rekor sungai terpanjang di Sumatera secara berurutan yaitu sebagai berikut:
  1. Sungai Batang Hari (800 km)
  2. Sungai Musi (750 km)
  3. Sungai Batang Kuantan (500 km)
  4. Sungai Kampar (414 km)
  5. Sungai Siak (370 km)
  6. Sungai Batang Rokan (350 km)
  7. Sungai asahan (147 km)
  8. Sungai Way Tulang Bawang (136 km)
  9. Sungai Belawan (74 km)
  10. Sungai Deli (73 km)

Keindahan Beberapa Sungai Terpanjang di Sumatera

Di bawah ini kita akan membahas terkait dengan keindahan yang dipilih dari beberapa sungai yang telah disebutkan diatas, yaitu:

Sungai Batang Hari
 Pulau Sumater sumatera merupakan salah satu tempat yang kaya akan  √ Daftar 10 Sungai Terpanjang di Sumatera
Sungai batang hari sendiri merupakan salah satu sungai yang sudah cukup populer di pulau Sumatera dan tentunya mempunyai luas yang sungguh menakjubkan. Dimana luas dari sungai batang hari ini sendiri yaitu sekitar 4,9 juta Ha. Dan tentunya sungai ini sendiri merupakan sungai terpanjang di Sumatera yang menjadi sentra pedoman sungai di beberapa kabupaten terdekat.

Sungai Kampar
 Pulau Sumater sumatera merupakan salah satu tempat yang kaya akan  √ Daftar 10 Sungai Terpanjang di Sumatera
Sungai kampar sendiri berada di wilayah Sumatera Barat dan berakhir di kota Riau. Tentunya sungai ini menjadi salah satu sungai terpanjang di pulau Sumatera dan tentunya mempunyai keindahan yang luar biasa. Karena sungai yang satu ini di kelilingi oleh beberapa gunung yang terbentang dan hijau. Sehingga menciptakan mata Anda segar dikala melihat keindahan dari sungai yang satu ini.

Sungai Asahan
 Pulau Sumater sumatera merupakan salah satu tempat yang kaya akan  √ Daftar 10 Sungai Terpanjang di Sumatera
Sungai Asahan sendiri yaitu salah satu sungai terpanjang di Pulau Sumatera yang berada di wilayah Sumatera Utara. Sungai ini intinya merupakan pedoman dari lisan danau toba yang mengalir sampai ke Porsea yang ada di Kabupaten Asahan. Tentunya sungai terpanjang ini sendiri mmeiliki kualitas air yang cukup higienis dan tentunya mempunyai manfaat bagi kegiatan masyarakat. Salah satu manfaat selain sebagai sumber air tentunya dipakai sebagai objek wisata arum jeram.

Sungai Belawan
Sungai ini juga merupakan salah satu sungai terpanjang dan letaknya berada di wilayah Sumatera Utara. Sungai yang satu ini tentunya masih mempunyai anak sungai lagi yaitu sungai Baharu, sungai paluh manan, serta sungai badak.

Sungai Deli
sungai deli sendiri merupakan salah satu sungai terpanjang di pulau Sumatera. Akan tetapi sayangnya sungai ini tidak terawat oleh masyarakat sekitar sehingga tidak sanggup di manfaatkan alasannya banyaknya pencemaran lingkungan yang terjadi (lihat disini dampak pencemaran lingkungan). Dan tentunya hal tersebut sangat merugikan bagi masyarakat dengan adanya pencemaran lingkungan yang ada di Sungai tersebut.

Dari Penjelasan tersebut tentunya sanggup disimpulkan bahwa pemegang rekor sungai terpanjang di Sumatera yaitu Sungai Batang Hari dengan panjang 800 kilometer. Pulau Sumatera sendiri mempunyai berbagai wilayah perairan yang luas. Wilayah perairan yang ada di Pulau Sumatera sendiri berupa sungai yang banyak terbentang luas disana.

Masing-masing sungai terpanjang di Pulau Sumatera mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Meskipun ada beberapa sungai yang tidak mendapat perawatan yang baik sehingga terjadi penceraman lingkungan didalamnya.
Sumber http://www.geologinesia.com