Sunday, September 24, 2017

√ Inilah Karakteristik Benua Australia Yang Penting Untuk Kau Ketahui!

Karakteristik Benua Australia - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas ihwal karakteristik benua australia yang meliputi ciri ciri benua australia dan semua alam benuanya. Benua Australia merupakan salah satu benua yang ada di dunia dan cukup luas. Pada umumnya benua australia seringkali disebut sebagai benua negara alasannya yaitu pada umumnya terdiri dari daratan utama negara Australia.

Karakteristik Benua Australia Secara Umum

Luas Benua Australia kurang lebih 8,6 juta km persegi sehingga di kategorikan Benua Australia menjadi benua terkecil di dunia. Jumlah penduduk Australia mencapai sampai 35.000.000 jiwa. Untuk kawasannya benua Australia berbeda dengan daerah Oceania yang hanya meliputi daratan utama Australia, pulau Papua dan beberapa pulau kecil lainnya (lihat disini secara lengkap Peta Benua Australia).

Jika dilihat secara geografisnya terdapat 3 Negara pada Benua Australia diantaranya Papua Nugini, Australia dan sebagian wilayah Indonesia. Sedangkan untuk negara Oceania totalnya ada 14 negara. Sehingga kalau dilihat dari karakteristik benua Australia dan ciri cirinya maka daerah Oceania tidak masuk dalam hitungan.

Dilihat dari kondisi ekonominya Australia dan Selandia Baru saja yang tergolong negara maju. Sedangkan untuk Oceania merupakan negara berkembang.

 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas ihwal karakteristik benua australia yang me √ Inilah Karakteristik Benua Australia Yang Penting Untuk Kamu Ketahui!

Ciri-Ciri Benua Australia

Karakteristik Benua Australia meliputi luas wilayahnya, letak geografis dan astronomis, batas wilayah, keadaan alam, iklim benua serta keadaan penduduknya. Berikut ciri ciri Benua Australia yaitu:
  1. Luas wilayah Benua Australia yaitu 8,6 juta km persegi.
  2. Jumlah penduduknya mencapai kurang lebih 35.000.000 jiwa
  3. Kepadatan Penduduk Benua Australia 4,2 jiwa per km persegi
  4. Memiliki 2 negara besar yaitu Australia dan Papua Nugini.
  5. Jika Oceania termasuk daerah Benua Australia maka 14 negara di Oceania termasuk dalam kategori Benua Australia.

Letak Dan Batas Wilayah Benua Australia

Letak astronomis benua australia berada pada 10 LS – 43 LS dan 113 BT - 155 BT. Secara geografisnya berada di belahan bumi bab selatan dan letaknya yaitu diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Jika membahas ihwal batasan daerahnya maka karakteristik Benua Australia diantaranya yaitu:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia, Laut Arafuru, Laut Timor (Lihat pada Gambar Peta Indonesia)
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia

Karakteristik Benua Australia yang lain yaitu terletak pada daerahnya di bab barat, diantaranya daerah gurun Victoria dan gurun Gibson. Selain gurun ada banyak pengunungan contohnya Mac Donald dan pegunungan Musgrave.

Untuk wilayah Australia bab timur terdapat barisan gunung yang memanjang dan mempunyai sebutan The Great Divide Range. Sedangkan untuk wilayah bab tengahnya terdiri dari plato barat dan pegunungan timur. Untuk wilayah tengahnya ini terdapat daratan rendah dan lembah sungai yang sering disebut dengan Murray-Darling dan lembah danau Eyre.

Berikut beberapa iklim yang dimiliki Benua Australia yaitu sebagai berikut:
  • Wilayah Australia bab utara beriklim tropis (lihat disini mengenai ciri ciri iklim tropis)
  • Wilayah Australia bab selatan beriklim subtropis
  • Wilayah Australia di daerah pegunungannya mempunyai iklim gurun
  • Wilayah Australia di daerah Victoria dan Tasmania beriklim laut

Demikian isu untuk mengenal lebih jauh ihwal karakteristik Benua Australia. Benua Australia merupakan benua unik dengan sebutannya yaitu "Benua Negara" alasannya yaitu sebagian besar mempunyai daratan utama yang termasuk pada negara Australia.

Selain itu, Benua Australia di kategorikan sebagai Benua yang terkecil di dunia. Tak heran lagi kalau Benua Australia hanya mempunyai luas kurang lebih 8,6 Juta Km persegi. Namun untuk penduduk yang tinggal tidak sanggup di katakan sedikit alasannya yaitu mencapai 35 juta jiwa.
Sumber http://www.geologinesia.com