Sunday, September 17, 2017

√ Mumps/Parotitis/ Gondongan



Masyarakat awam mengenal penyakit ini dengan penyakit gondongan. Penyakit gondongan yaitu suatu infeksi virus menular yang menimbulkan pembengkakan pada kelenjer liur disertai dengan nyeri. Gondongan disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah (droplet) yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau lantaran bersentuhan eksklusif dengan benda-benda yang tercemar oleh ludah penderita.

Kebanyakan penyakit ini menyerang belum dewasa yang berumur 2-12 tahun, jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun. Daerah yang sering terkena serangan biasanya yaitu kelenjer parotis, yaitu kelenjer ludah yang terletak diantara indera pendengaran dan rahang Pada dasarnya penyakit gondongan/mumps/parotitis merupakan penyakit yang ringan dan banyak terjadi pada anak-anak.

Gejala muncul dalam 12-24 hari sehabis terinfeksi, tanda-tanda sanggup berupa nyeri ketika menguyah atau menelan, menggigil, sakit kepala, nafsu makan berkurang, merasa tidak lezat badan, demam ringan hingga sedang, kalau kelenjer liur disentuh akan timbul nyeri. Pembengkakan terjadi pada hari kedua.

Penyakit gondongan merupakan penyakit yang sanggup sembuh dengan sendirinya. Pemberian obat-obatan bertujuan untuk mengurangi tanda-tanda yang meyertainya. Misalnya untuk mengurangi mnyeri dan demam yang biasanya merupakan tanda-tanda yang muncul pada penyakit gondongan. Penderita gondongan sebaiknya banyak minum air putih.


Sumber http://mynewjornal.blogspot.com