Sunday, September 17, 2017

√ Pantai Pandansari

Pemandangan dari puncak menara mercusuar Pandansari √ Pantai Pandansari

Gambar. Pemandangan dari puncak menara mercusuar Pandansari (Foto: Siswa Team)


Pantai Pandansari merupakan objek wisata pantai yang berada di tempat Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini masih tergelong alami sebab belum sepenuhnya dikelola dan mempunyai administrasi yang profesional. Satu-satunya objek favorit yang sanggup kita nikmati ialah melihat keindahan alam sekitar dari sebuah ketinggian.


Di pantai pandansari kita sanggup melihat tempat sekitar pantai dalam radius yang sangat luas dengan menaiki menara mercusuar yang tingginya sekitar 25 meter. Menara ini dibangun pada tahun 1997 yang sejatinya difungsikan sebagai membuktikan adanya daratan bagi nelayan sekitar terutama ketika mencari ikan di malam hari. Lampu yang terdapat pada menara akan menyala di malam hari dengan memberi tanda nyala bewarna merah dan berputar menyerupai pada kendaraan beroda empat rumah sakit.


Pemandangan dari puncak menara mercusuar Pandansari √ Pantai Pandansari

Gambar. Panorama di Pantai Pandansari (Foto: Siswa Team)


Di dalam menara di pantai pandansari ini terdapat tangga yang melingkar ke atas sehingga kita sanggup naik hingga di puncaknya. Kondisi anak tangga pada potongan bawah hingga tengah terlihat masih sangat kokoh namun pada potongan menenegah ke atas, beberapa besinya telah mengalami korosi atau karatan sehingga sangat berbahaya. Selain itu kondisi anak tangganya dibeberapa potongan juga sangat licin.


Di atas menara terdapat ruangan kecil yang berisi peralatan elektronik untuk menunjang fungsi dari menara mercusuar tersebut. Ruangan ini dikelilingi oleh jendela beling bening yang dipasang melingkar ruangan dan dua pintu kecil yang sanggup kita gunakan untuk keluar dari ruangan dan turun ke bawah. Hembusan angin di luar ruangan sangatlah kencang, pengamannya hanyalah pagar besi melingkar saja sehingga bagi para pengunjung disarankan untuk tidak keluar dari ruangan puncak menara.


Pemandangan dari puncak menara mercusuar Pandansari √ Pantai Pandansari

Gambar. Tambak budidaya udang gala dan lobster (Foto: Siswa Team)


Dari atas menara mercusuar pantai Pandansari kita sanggup melihat perbukitan menoreh di arah barat serta melihat pegunungan di tempat wonosari di sebelah timur. Di arah selatan kita sanggup melihat samudera Indonesia yang bewarna biru dan di arah utara kita sanggup melihat gunung merapi dan merbabu. Oleh sebab menara ini sangat tinggi, kita sanggup melihat permukaan bumi yang melengkung. Jika cuaca cerah, kita juga sanggup melihat indahnya sunset di ufuk barat. Selain itu kita juga sanggup melihat tumbuhan hutan cemara pantai yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai mulai dari pantai samas hingga ke pantai pandansimo.


Pemandangan dari puncak menara mercusuar Pandansari √ Pantai Pandansari

Gambar. Menara mercusuar di Pantai Pandansari (Foto: Siswa Team)


Fasilitas di pinggir pantai masih sangat minim ialah hanya ada beberapa warung makan yang menyediakan aneka masakan bahari dan tempat jasa parkir. Selebihnya di lokasi wisata ini hanya ada pepohonan hutan cemara bahari yang sangat rindang, semak-semak khas tempat pinggir pantai, tempat budidaya udang gala (udang berukuran besar) dan lobster serta kebun budidaya buah naga. Hasil budidaya udang gala dan lobster ini pada umumnya dijual di tempat lain contohnya pasar Beringharjo Yogyakarta atau di provinsi lain menyerupai semarang, batang, kendal dan pekalongan.


Biaya tiket masuk pantai Pandansari


Biaya tiket masuk di pantai ini tidak ada. Kita hanya dikenakan jasa parkir sepeda motor sekitar Rp 2000,-/motor dan Rp 5000,-/mobil. Untuk sanggup naik ke atas mercusuar pantai pandansari, kita dikenakan tarif (tidak resmi) sekitar Rp 3000,-/orang yang katanya untuk “uang kebersihan”. Oleh sebab tarifnya tidak resmi, maka pengunjung yang naik ke mercusuar tidak ada jaminan asuransi bila terjadi musibah.


Peta lokasi wisata pantai Pandansari


Lokasi wisata pantai pandansari sanggup dilihat pada skema berikut ini.


Pemandangan dari puncak menara mercusuar Pandansari √ Pantai Pandansari

Gambar. Peta lokasi wisata pantai pandansari


Butuh waktu sekitar 20 menit bila kita menempuh perjalanan dari kota Bantul atau sekitar 45 menit bila dari kota Yogyakarta. Kita sanggup mengunjungi lokasi wisata pantai pandansari melalui jalan Bantul dengan berjalan terus ke selatan. Jalanlah terus hingga melewati Majid Agung Bantul, Polres Bantul hingga jadinya hingga jalan Samas. Berjalanlah terus ke selatan hingga menemukan papan petunjuk arah menuju Pantai Goa Cemara yang ada di barat jalan. Kondisi jalan samas hingga deandles sangat elok (sudah beraspal) namun masih sepi kendaraan bermotor.



Sumber https://www.siswapedia.com