Sunday, September 24, 2017

√ Pengertian Globalisasi Dan Ciri-Ciri Globalisasi

Sebelum membahas lebih jauh potongan 10 ihwal globalisasi, mari kita bahas pengertian globalisasi dan ciri-ciri globalisasi itu sendiri. Sebagai sebuah bangsa yang hidup di bumi ini, Indonesia bukanlah satu-satunya bangsa yang hidup di dunia ini. Dengan kata lain, masih ada bangsa lainnya ibarat bangsa cina, jepang, afrika dan sebagainya.


 Sebagai sebuah bangsa yang hidup di bumi ini √ Pengertian Globalisasi dan Ciri-Ciri Globalisasi

Gambar. Salah satu teladan globalisasi yaitu adanya sepeda motor buatan Jepang di Indonesia (Foto: KPPN Ngrukem)


Bangsa Indonesia merupakan potongan dari masyarakat global sehingga kita sebagai bangsa mustahil sanggup menghindarkan diri dari imbas globalisasi. Pengaruh globalisasi sanggup beraneka-ragam namun secara umum imbas tersebut sanggup digolongkan menjadi dua yaitu imbas nyata maupun imbas negatif. Nah, imbas negatif inilah yang sangat berbahaya. Untuk itu dibutuhkan pemahaman sedini mungkin ihwal globalisasi yang mencakup pengertian globalisasi, ciri-ciri globalisasi dan teladan globalisasi itu sendiri sehingga masyarakat sanggup membentengi dirinya dari imbas jelek atau negatif dari globalisasi.


Apa pengertian globalisasi itu?


Dalam bukunya, Dewi (2009) menjelaskan bahwa globalisasi berasal dari kata global yang dalam bahasa Inggris bermakna “Concerning the whole earth” yakni sesuatu yang berkaitan dengan jagat raya atau dunia. Nah, yang dimaksud “sesuatu” disini ialah masalah, kejadian, acara dan sikap. Selain itu global sanggup juga diartikan sebagai menyeluruh dimana di dunia ini tidak dibatasi lagi oleh batas-batas wilayah negara, ras, warna rambut, warna kulit dan sebagainya.


Pengertian globalisasi berdasarkan para ahli


Pengertian globalisasi berdasarkan para andal sanggup mempunyai banyak versi namun pada hakekatnya mengandung makna yang sama. Kamus bahasa sendiri mendefinisikan globalisasi sebagai fenomena yang menyebabkan dunia mengecil (menjadi kecil) dari segi hungan antar manusia. Nah, hal ini dimungkinkan sebab perkembangan teknologi yang sangat cepat (Nurdiaman, 2009). Bayangkan saja, melalui teknologi modern kita yang berada di Indonesia sanggup melaksanakan komunikasi dengan orang yang berada di benua Eropa dengan cepat. Hal ini sanggup kita lakukan melalui jalan masuk telepon, internet, televisi dan sebagainya.


Berikut pengertian globalisasi berdasarkan para ahli.


1. Albrow ( Yaya, 1998) beropini bahwa globalisasi ialah keseluruhan proses dimana insan di bumi ini (dimasukkan) diinkoporasikan ke dalam masyarakat dunia tunggal yakni masyarakat global.


2. John Huckle (Miriam Steiner, 1996 ) beropini bahwa globalisasi ialah suatu proses dengan mana (dimana) kejadian, keputusan dan acara (yang dilakukan) di salah satu potongan dunia menjadi konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat yang jauh.


3. Selo Soemardjan (Nurdiaman,2009) beropini bahwa globalisasi merupakan terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.


Nah, dari pendapat para andal ini kita sanggup menyimpulkan bahwa globalisasi merupakan suatu proses yang menyebabkan sesuatu bersifat mendunia. Pengaruh globalisasi menciptakan masyarakat menyatu dengan dunia terutama di bidang ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi dan media komunikasi massa.


Ciri-ciri globalisasi


Dewi (2009) menjelaskan bahwa tidak semua kejadian, acara atau suatu keputusan sanggup dikatakan sebagai globalisasi. Jika bukan globalisasi, maka itu hanyalah suatu kejadian biasa saja. Hamijoyo (Mimbar, 1990) menjelaskan bahwa ciri-ciri globalisasi mencakup empat hal yakni:


a. Didukung oleh kecepatan informasi, teknologi canggih, transportasi serta komunikasi yang diperkuat oleh tatanan dan administrasi yang tangguh.


b. Telah melampaui batas tradisional geopolitik dimana batas tersebut ketika ini harus tunduk kepada kekuatan teknologi, ekonomi, sosial, politik dan mempertemukan tatanan yang sebelumnya sulit dipertemukan.


c. Adanya saling ketergantungan antara negara.


d. Pendidikan merupakan potongan dari globalisasi.


Tilaar (Dewi,2009) juga beropini bahwa ciri-ciri kala globalisasi yaitu ditandai dengan adanya kala masyarakat terbuka. Masyarakat terbuka ini sanggup dilihat dari adanya hubungan dagang yang menghubungkan sektor ekonomi antara masyarakat disuatu negara dengan masyarakat di negara lain. Selain itu, hubungan diplomasi politik antar negara (baca juga: politik luar negeri Indonesia di kala global) juga sanggup dikategorikan sebagai ciri dari adanya globalisasi.


Dalam bukunya, M.S Faridy (2009) menjelaskan bahwa ciri-ciri utama globalisasi ialah prosesnya serba cepat, dampaknya bersifat massal atau meluas dan bersifat mendunia. Pelaku atau pencetus globalisasi pada umumnya memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi sebagai medianya.


Nah, darisini kita sanggup menyimpulkan bahwa ciri-ciri globalisasi ditandai dengan adanya:


1. Kemajuan teknologi dan komuniskasi yang mendunia,


2. Hubungan politik dan ekonomi antar masyarakat dunia,


3. Penyebaran aliran terutama dibidang pendidikan,


4. Penyebaran mode, style dan gaya hidup yang menuntut adanya kesamaan dengan kemajuan zaman.


Contoh globalisasi


Contoh globalisasi sangat banyak sekali. Dengan hanya memahami pengertian globalisasi dan ciri-ciri globalisasi saja seharusnya kita sudah sanggup mengambil teladan dalam kehidupan. Beberapa teladan globalisasi contohnya pasar bebas, adanya model pakaian ala korea/arab/kebarat-baratan. Bahkan ketika Anda sedang membaca goresan pena ini di siswapedia, itu juga termasuk globalisasi. Mengapa? sebab rujukan penulisan di siswapedia banyak mengambil dari tokoh-tokoh andal dari negara lain.


[color-box]Anisty, Dewi.2009. PKn 3 : Kelas IX SMP dan MTs. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Faridy, MS.2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Pekanbaru: PT. Sutra Benta Perkasa.

Nurdiaman, AA.2009. Pendidikan Kewarganegaraan 3: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara Untuk Kelas IX SMP /Madrasah Tsanawiyah. Bandung: PT. Pribumi Mekar.[/color-box]



Sumber https://www.siswapedia.com