Sudah usang banget blog ini ga dikunjungi. Nah…Kali ini pembahasannya bekerjasama eksklusif dengan pekerjaan di Medical Education Unit (MEU). MEU merupakan suatu unit pada Fakultas Kedokteran yang mengatur, memproses dan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dan pengajaran.
Pembahasan berikut ini mengenai pemicu. Apa yang dimaksud dengan pemicu di konteks ini? Pemicu atau kadang disebut trigger atau skenario, dipakai untuk menstimulasi mahasiswa biar menemukan sendiri target pembelajaranya. Pemicu ini sanggup dalam bentuk narasi, video bahkan kliping. Dengan menemukan sendiri target pembelajaran, mahasiswa lebih bertanggung jawab terhadap pembelajarannya.
Pemicu menjadi elemen penting dalam diskusi kelompok PBL, sehingga perlu diperhatikan kualitasnya. Salah satu yang dilakukan dalam menjaga kualitas pemicu ialah review dari MEU. Review ini dilakukan biar ada beberapa sudut pandang dalam menilai kesesuaian pemicu dengan target pembelajaran.
Langkah lain yang dilakukan ialah melaksanakan survey dari mahasiswa mengenai pemicu yang mereka terima. Masukan mahasiswa ini dianalisis dan dipakai untuk memperbaiki pemicu ke depannya.
MEU memandang tubuh utama dari kurikulum berbasis kompetensi ialah student centered learning yang metode pembelajarannya ialah diskusi kelompok. Oleh alasannya itu setiap elemen diperhatikan biar output yang diperlukan dari pendidikan sanggup dicapai.