Friday, January 12, 2018

√ Burung Kenari Yang Indah Menawan

Burung Kenari yang dalam bahasa latinnya disebut Serinus Canaria. Nama burung kenari tidak berafiliasi dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu kepulauan Canary. Kepulauan itu sendiri menerima namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, alasannya banyaknya anjing liar yang ada di sana pada zaman dahulu. Kepulauan Canaria terdiri dari tujuh pulau vulkanik yang terletak di Samudra Atlantik, sebelah barat bahari pesisir Afrika ( Maroko dan Sahara Barat), kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol dan merupakan salah satu komunitas otonomi negara itu. Kepulauan Canaria juga diklaim oleh Maroko.


Burung kenari pertama ditemukan oleh pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di kepulauan Canary pada periode ke-15. Terkesan alasannya keindahan bulu dan kemerduan suaranya.


Burung Kenari yang dalam bahasa latinnya disebut Serinus Canaria √ Burung Kenari Yang Indah Menawan

Burung Kenari


Keaneka ragaman burung kenari yang kini merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang berjulukan latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis burung kenari dikala ini alasannya kawin silang yang dilakukan para peternak kenari.


Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia lalu kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis menyerupai norwich, scoth fancy, bolder fancy, london fancy, yorkshire, lanchaisire, gloser, dan sebagainya.


Di Indonesia lebih di kenal dengan Kenari Fusan atau Kenari Taiwan Yorkshire dan persilangannya, alasannya bangsa Eropa ini membawa burung kenari berkeliling dunia sebagai burung peliharaannya hingga hingga di Indonesia, China Selatan serta India, sedangkan di Indonesia sendiri kenari ini tersebar ke tempat Jawa, Kalimantan serta Pulau Sumatera.


Ketenaran kenari menciptakan banyak muncul peternak-peternak burung ini, alasannya melihat peluang yang cukup menjanjikan dari burung kecil dengan aneka warnah yang menarik dan bunyi yang merdu dan indah, banyak penghobi memburunya, baik sebagai teman penghilang stress  atau teman minum kopi maupun untuk dilombakan alasannya dikala ini lomba kicau kenari sering diadakan, terutama tingkat lokal penghobi hampir setiap hari sanggup di jumpai dan tak pernah sepi.


Burung Kenari yang dilombakan umumnya berjenis jantan alasannya burung jantan mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan burung betina. Beberapa keunggulan yang dimiliki jenis jantan ialah bunyi gacor lebih lantang dengan durasi ngerol panjang, bodi atau postur tubuhnya lebih gagah, burung betina yang walaupun mempunyai kicauan pendek sering sangat berkhasiat sebagai teman berlatih atau merayu si jantan berkicau dan mengatakan kebolehannya dalam berkicau pada si betina.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com