Saturday, January 13, 2018

√ Cara Menciptakan Footnote Yang Baik Dan Benar

Cara menciptakan footnote Footnote atau yang lebih dikenal dengan catatan kaki memang sudah tak absurd lagi didengar, khususnya pada kalangan mahasiswa dan kalangan ilmuwan serta akademisi.


Hal ini dikarenakan sebab memang dalam pembuatan sebuah karya ilmiah membutuhkan footnote sebagai rujukannya. Footnote juga dipakai sebagai bukti bekerjsama karya tulis yang dibentuk tadi memang benar-benar berkualitas dan sanggup dipertanggungjawabkan dari mana sumber keilmuannya.


Namun yang terpenting yaitu kita harus tahu bagaimana cara menciptakan footnote yang benar sehingga sanggup dijadikan sebagai pedoman. Untuk itu perlunya mempelajari dalam bidang footnote sangatlah penting.



Cara Membuat Footnote


Footnote atau yang lebih dikenal dengan catatan kaki memang sudah tak absurd lagi didengar √ Cara Membuat Footnote Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Footnote


Dalam pembuatan footnote tentunya berbagai yang harus diperhatikan baik dari segi goresan pena maupun langkah yang harus dilakukan, sebab hal ini akan berkaitan dengan keaslian goresan pena tersebut. Berikut langkah-langkah dalam  pembuatan footnote yang gampang dan benar.


Langkah pertama


Yang pertama dilakukan  yaitu mengarahkan pointer ke dalam kalimat yang akan diberikan footnote.


Langkah yang kedua


Setelah pointer diarahkan  ke kalimat tadi maka selanjutnya mengarahkan pointer ke dalam hidangan kafe selanjutnya klik references lalu setelahnya klik tanda AB insert footnote. Kalau menginginkan cara yang cepat cukup dengan menekan kombinasi tombol (Alt+Ctrl+F) maka cuilan bawah halaman akan terlihat berbeda.


Langkah Yang Ketiga


Langkah selanjutnya kembali ke halaman pengetikan, lalu klik pada layar anda. Anda sanggup melihat kalau footnote anda sudah  jadi.


Langkah Yang Keempat


Untuk menambah footnote dalam lain tempat, maka anda perlu mengulangi cara di atas tadi.


Rasa-rasanya menciptakan footnote bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Karena cukup gampang sekali, sehingga jangan hingga saat anda menciptakan sesuatu baik itu karya ilmiah, skripsi maupun yang lainnya tidak memakai footnote. Karena dengan adanya footnote dalam karya anda maka karya anda akan menjadi lebih valid dan lebih meyakinkan bagi pembacanya.


Ketentuan Dalam Penulisan Footnote (Catatan Kaki)


Footnote atau yang lebih dikenal dengan catatan kaki memang sudah tak absurd lagi didengar √ Cara Membuat Footnote Yang Baik dan Benar





style="display:inline-block;width:300px;height:600px"
data-ad-client="ca-pub-5072032675768050"
data-ad-slot="7868733699">




Penulisan Footnote


Ketika anda sudah sanggup menciptakan footnote  maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan menyerupai di bawah ini:



  1. Ketika menciptakan footnote maka harusnya agak diangkat di atas baris biasa, namun jangan hingga tingginya satu spasi. Ukurannya pun harus lebih kecil.

  2. Nomor tadi diberi jarak tujuh abjad dari tepi teks atau dari margin, atau disamakan dengan awal alinea. Apabila footnote terdiri dari dua baris, baris yang selanjutnya dimulai dari tepi teks atau margin menyerupai biasa.

  3. Nama dari pengarang harus ditulis sesuai dengan urutan nama aslinya. Gelar atau pangkat yang ada di depan maupun belakang tidak perlu dicantumkan .

  4. Judul buku diketik miring kalau memakai komputer dan kalau memakai mesin ketik maka cukup diberi garis bawah saja.

  5. Jika dalam penulisan nama pengarang dalam buku,majalah maupun surat kabar terdapat 2 atau 3 pengarang maka nama dari pengarang tersebut harus dicantumkan semua.

  6. Apabila mengambil sumber dari internet, maka semua isu yang ada mulai dari nama depan, nama belakang penulis, judul dokumen, nama websitenya, alamat website, tanggal pengunduhan file tersebut harus di tulis secara lengkap.

  7. Apabila pengarang yang menulis lebih dari tiga orang, maka yang ditulis hanya nama pengarang yang pertama. Setelah itu cukup ditulis dengan et al., atau juga sanggup dengan dkk.


Demikian beberapa ulasan mengenai cara menciptakan footnote yang sanggup disampaikan. Semoga goresan pena ini sanggup menjadi tumpuan bagi kalangan umum, terkhusus bagi mahasiswa yang sedang menciptakan skripsi dan juga kalangan akademisi yang sedang menulis karya ilmiah. Selamat mencoba dan biar bermanfaat.


 




Sumber https://infoana.com