Sunday, January 14, 2018

√ Perbedaan Asus Zenfone 5 Dengan Zenfone 2


Perbedaan ASUS Zenfone 5 Dengan Zenfone 2 – Beberapa waktu kemudian ketika sedang asyik membahas soal Zenfone 2, salah seorang teman yang duduk di sebelah mimin mendadak mengajukan pertanyaan yang menarik. Saat itu ia bertanya soal perbandingan antara Zenfone 2 dan smartphone generasi sebelumnya yakni Zenfone 5. Memang dari segi desain khususnya bab depan keduanya nampak serupa, hanya saja ukuran layar dari Zenfone 2 sedikit lebih besar sehingga mungkin hal itulah yang membuatnya sedikit bingung.




Mungkin diluar sana masih banyak orang yang juga belum mengerti soal perbedaan diantara keduanya alasannya mungkin memang mereka belum mengenal masing-masing produk. Oke, disini mimin akan coba membahas sedikit lebih lanjut soal keduanya sebagai gosip pelengkap bagi kau para pembaca. Kita mulai dari segi desain.




Desain




Dari bentuk fisik, keduanya mempunyai perbedaan khususnya pada bab cover belakang. Pada bab depan, bezel yang dimiliki oleh Zeny 2 terlihat lebih tipis dibandingkan dengan Zeny 5. Ukuran layar yang dimiliki pun berbeda, dimana Zeny 2 mempunyai bentang layar 5.5 inch sedangkan Zeny 5 hanya mempunyai bentang layar 5 inch.


NOTE : Zenfone 2 mempunyai beberapa varian model yang juga mempunyai spesifikasi yang berbeda termasuk juga untuk ukuran layar (ada yang 5 inch, ada yang 5.5 inch). Zenfone 2 yang masuk ke Indonesia secara resmi ialah varian yang mempunyai bentang layar 5.5 inch. Silahkan cek info lebih lanjut soal ini pada posting Zenfone 2 model apa saja yang masuk ke Indonesia?




 Beberapa waktu kemudian ketika sedang asyik membahas soal Zenfone  √ Perbedaan ASUS Zenfone 5 Dengan Zenfone 2

Pada cover belakang terlihat terang bahwa terdapa perbedaan fisik dan juga desain diantara keduanya. Zeny 2 yang merupakan perangkat smartphone flagship untuk tahun ini mempunyai tombol volume yang terletak di cover belakangnya, dibawah sensor kamera serta dual-led flash yang terletak dibagian atas kamera. Sedangkan pada Zeny 5 kita hanya akan menemukan sensor kamera dan led flash saja selain juga lubang speaker di bab bawah yang juga dimiliki oleh Zeny 2.





Pada bab samping kita tidak akan menemukan tombol apapun pada Zeny 2, sedangkan pada Zeny 5 terdapat tombol volume dan power. Khusus untuk Zeny 2 varian ZE551ML, brush dari cover belakang yang dimilikinya terlihat menyerupai logam sehingga nampak lebih elegan. Tombol power pada Zeny 2 terletak di bab atas.




Kamera





Salah satu hal pertama yang diperhatikan oleh konsumen ialah soal kamera yang diusung oleh smartphone. Pada komponen ini terdapat beberapa perbedaan pula antara kedua perangkat smartphone dari ASUS tersebut. Zeny 5 mempunyai kamera belakang beresolusi 8 megapixel dengan LED flash, sedangkan Zeny 2 mempunyai kamera beresolusi 13 megapixel dengan dual-led flash. Pada bab depan, Zeny 5 mengusung kamera 2 megapixel, bandingkan dengan kamera 5 megapixel yang dimiliki oleh Zeny 2 di bab depan.



Fitur kamera dari masing-masing perangkat pun mempunyai sedikit perbedaan dimana Zenfone 2 secara default sudah mengusung PixelMaster 2 yang mempunyai banyak sekali perbaikan dan penambahan fitur pada kamera menyerupai Super Resolution, Time Lapse dan juga Manual Mode







Layar




Meski mempunyai sedikit perbedaan dari segi ukuran (5 inch vs 5.5 inch), namun dari sisi kualitas tampilan layar bisa dibilang sangat jauh khususnya jikalau Zeny 5 dibandingkan dengan Zeny 2 model ZE551ML. Layar yang dimiliki oleh Zeny 2 terlihat lebih menawan dan bisa menampilkan warna yang akurat serta warna hitam yang pekat. Ditambah lagi viewing angle atau sudut pandang dari layar Zeny 2 jauh lebih baik dibandingkan layar yang dimiliki Zeny 5. Lalu resolusi yang dimiliki oleh layar Zeny 2 ZE551ML pun lebih tinggi dibandingkan dengan Zeny 5 (Full HD vs HD) sehingga gambar yang ditampilkan terlihat lebih tajam.




Spesifikasi Utama




Sebagai pendukung performa, spesifikasi yang dimiliki oleh keduanya pun terpaut jauh. Meski sama-sama mengusung prosesor Intel Atom, namun tipe prosesor yang dipakai terang sangatlah berbeda. Zeny 5 memakai prosesor tipe Z2560 dual-core 1.6 GHz, sedangkan Zeny 2 memakai tipe Z3560 Quad-core 1.8 GHz dan/atau Z3580 Quad-core 2.3 GHz 64-bit.




Sedangkan untuk RAM, Zeny 5 didukung oleh 1 atau 2 GB RAM untuk seri tertinggi. Bandingkan dengan Zeny 2 yang didukung oleh 2 atau 4 GB RAM untuk seri tertinggi. Cukup jauh? Masih ada lagi. Secara default Zenfone 5 memakai sistem operasi Android versi 4.3 Jelly Bean (yang bisa di update ke v4.4 Kitkat) sedangkan Zenfone 2 sudah memakai OS Android versi 5.0 Lollipop.




Fitur




Meski sama-sama mengusung ZenUI, namun fitur yang terdapat pada Zenfone 2 sedikit lebih banyak dibandingkan dengan Zenfone 5. Fitur gres menyerupai Zen Motion, BoostMaster (Quick charge) serta beberapa fitur pelengkap yang ada di kamera tidak dimiliki oleh Zeny 5 meski ada kemungkinan beberapa dari fitur tersebut akan ditambahkan pada dikala update ke Lollipop nanti.







Perbedaan lain yang mimin rasakan ialah pengalaman ketika menggenggam masing-masing perangkat. Zeny 5 terasa lebih ringan, sedangkan Zeny 2 terasa sedikit lebih padat. Nah mungkin itu saja perbedaan fundamental yang terdapat antara Zenfone 5 dengan Zenfone 2. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapat banyak sekali info menarik lainnya. Semoga bermanfaat 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com