Saturday, January 13, 2018

Proses Terjadinya Gerhana Matahari Hibrid Dan Dampaknya

Bumi merupakan planet dalam susunan tata surya yang mempunyai fenomena alam yang menakjubkan. Fenomena alam yang unik terjadi di bumi menyerupai proses terjadinya aurora, proses terjadinya pelangi, gerhana bulan dan gerhana matahari. Salah satu fenomena alam yang unik dan langka yaitu gerhana matahari, yang terdiri dari gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrid. Tahukah kau apa itu gerhana matahari hibrid? Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai gerhana matahari hibrid, dibahas dari pengertian, proses terjadi dan dampaknya. Berikut ini yaitu penjelasannya:


Pengertian Gerhana Matahari Hibrid


Gerhana matahari hibrid atau bibit unggul yaitu proses gerhana matahari yang terdiri dari proses terjadinya gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin. Kedua jenis gerhana matahari tersebut terjadi dalam satu waktu secara berurutan dalam proses gerhana matahari hibrid. Gerhana matahari hibrid sanggup dikatakan merupakan adonan dari gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin yang terjadi dalam satu waktu.


Gerhana matahari jenis ini merupakan fenomena alam yang sangat unik dan langka, alasannya yaitu jarang terjadi diantara gerhana matahari jenis lainnya. Gerhana matahari bibit unggul sejatinya sama dengan gerhana matahari jenis lainnya, namun yang membedakan yaitu letak tempat yang terdapat di bumi. Gerhana matahari yang terjadi di bumi akan berbeda tergantung dari wilayah bumi tersebut, terdapat daerah yang mengalami gerhana matahari sebagian atau parsial, ada daerah yang mengalami gerhana matahari total, ada wilaya yang menerima gerhana matahari cincin dan ada pula tempat yang mengalami gerhana matahari hibrid.


Proses Terjadinya Gerhana Matahari Hibrid


Bumi merupakan planet dalam susunan tata surya yang mempunyai  Proses Terjadinya Gerhana Matahari Hibrid dan Dampaknya Fenomena gerhana matahari yaitu fenomena alam yang terjadi saat posisi dari matahari, bulan dan bumi yang berada di dalam satu garis lurus. Fenomena ini mengakibatkan sinar matahari ke bumi terhalangi oleh bulan dan mengakibatkan adanya bayangan gelap (umbra) dan bayangan terang. (penumbra). Proses terjadinya gerhana matahari hibrid sebetulnya hampir sama dengan terjadinya macam-macam jenis gerhana matahari lainnya, namun terdapat beberapa faktor yang menciptakan gerhana matahari hibrid berbeda dengan gerhana matahari lain. Berikut ini yaitu klarifikasi mengenai proses terjadinya gerhana matahari hibrid:



  • Proses terjadinya gerhana matahari hibrid dimulai dari posisi matahari, bulan dan bumi yang berada pada sebuah garis lurus.

  • Gerhana matahari hibrid intinya terjadi dari akhir jarak bulan dan bumi yang bervariasi pada setiap titik tempat di bumi. Variasi ini terjadi alasannya yaitu bentuk bumi yang bundar dan orbit bulan yang berbentuk elips (bukan lingkaran sempurna).

  • Proses terjadinya gerhana matahari hibrid dimulai dengan gerhana matahari cincin, kemudian gerhana matahari total, kemudian gerhana matahari cincin lagi.

  • Posisi bulan yang terus bergerak sdan tidak sanggup menutupi sinar matahari secara tepat dalam waktu lama.


Proses terjadinya fenomena gerhana matahari hibrid pada umunya dimulai dengan proses terjadinya gerhana matahari cincin, kemudian berlanjut gerhana matahari total, dan berakhir pada proses gerhana matahari cinci, kemudian gerhana akan berakhir. Namun, ada pula insiden gerhana matahari hibrid yang bermula dari gerhana matahari cincin dan berakhir dengan gerhana matahari total. Sama menyerupai fenomena gerhana matahari lain, saat terjadi fenomena gerhana matahari hibrid sebaiknya tidak melihat secara pribadi dengan mata telanjang alasannya yaitu sanggup mengakibatkan kerusakan retina mata dan beresiko terjadi kebutaan.


Fenomena Gerhana Matahari Hibrid yang Terjadi di Dunia


Berikut ini yaitu beberapa fenomena alam gerhana matahari hibrid yang sangat langka terjadi di dunia dan tercatat dalam sejarah:



  • Gerhana matahari hibrid di Amerika Selatan, Antartika dan Afrika Selatan pada tanggal 23 Desember 1908.

  • Gerhana matahari hibrid di Asia Timur dan Amerika Utara pada tanggal 17 Juni 1909

  • Gerhana matahari hibrid di Amerika Selatan dan Utara, Afrika Barat dan Eropa pada tanggal 17 April 1912

  • Gerhana matahari hibrid di Amerika Utara dan Asia Timur pada tanggal 28 April 1930

  • Gerhana matahari hibrid di Amerika Tengah dan Utara serta Amerika Selatan pada tanggal 3 September 1986

  • Gerhana matahari hibrid di Amerika Selatan, Afrika dan Naher Osten pada tanggal 29 Maret 1987

  • Gerhana matahari hibrid di Selandia Baru, Amerika Selatan dan Utara pada tanggal 8 April 2005

  • Gerhana matahari hibrid di Amerika Utara dan Selata, Eropa Selatan dan Afrika pada tanggal 3 November 2013


Dampak Gerhana Matahari Hibrid


Dampak dari gerhana matahari hibrid sejatinya berdampak kurang lebih sama dengan macam-macam gerhana matahari lainnya, yaitu:



  • Dampak pada Binatang


Binatang biasanya akan kebingung, gelisah dan bersuara keras saat terjadi proses gerhana matahari hibrid mengakibatkan bumi menjadi gelap sementara.



  • Dampak pada Gravitasi Bumi


Gerhana matahari hibrid akan berdampak pada gravitasi di planet bumi. Dampak ini tidak dirasakan pribadi oleh manusia, tetapi berdampak pribadi ke bumi, sehingga mengakibatkan pergeseran dimana posisi bumi akan mendekati posisi matahari.



  • Dampak pada Magnet Bumi


Magnet bumi akan mengalami gangguan saat terjadi gerhana matahari hibrid, alasannya yaitu terdapat lapisan atmosfer yang terganggu, yaitu lapisan ionosfer. Gangguan terhadap magnet bumi akan berlangsung sementara saat terjadi gerhana matahari dan akan kembali normal saat gerhana matahari usai.



  • Dampak pada Jaringan Komunikasi


Gangguan yang terjadi pada lapisan ionosfer akhir dari gerhana matahari hibrid akan menggangu jaringan komunikasi juga, mencakup gelombang radio dan jaringan internet. Hal ini sanggup menggangu acara transportasi udara dan laut.


Nah, itulah pembahasan mengenai gerhana matahari hibrid dari pengertian, proses terjadinya dan dampaknya bagi kehidupan makhluk hidup. Semoga artikel ini bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com