Saturday, March 31, 2018

√ 20 Referensi Kebutuhan Primer Dengan Gambar Dan Penjelasan

Apakah kita semua insan ? Tentunya akan kita jawab "Ya, kita manusia". Karena kita ialah insan niscaya mempunyai kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap insan bisa berbeda-beda. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diharapkan oleh insan untuk menjalani hidup dan memperoleh kesejahteraan. Kebutuhan berdasarkan intensitas kegunaannya sanggup dibagi menjadi 3. Yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Pengertian Kebutuhan Primer

Dalam teori perihal kebutuhan, ada satu jenis kebutuhan insan yang bersifat pokok dan mendesak. Kebutuhan ini disebut dengan kebutuhan primer. Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok atau kebutuhan minimal atau kebutuhan dasar yang harus dipenuhi insan semoga hidup layak. Jika tidak dipenuhi, kelangsungan hidup insan akan terganggu. Berikut ialah referensi kebutuhan primer lengkap dengan gambar dan penjelasan.

20 Contoh Kebutuhan Primer Lengkap Gambar dan Penjelasan

1. Sandang
Kebutuhan primer yang pertama ialah sandang atau pakaian. Sandang ialah kebutuhan dalam bentuk pakaian yang dipakai untuk menutupi kepingan badan (menutup aurat), atau sebagai pelindung dari cuaca masbodoh dan panas yang ada.
 Karena kita ialah insan niscaya mempunyai kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap m √ 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan
Contoh Kebutuhan Primer - Sandang

Pada jaman purbakala insan mungkin belum membutuhkan pakaian. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pakaian menjadi sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Tanpa sandang (pakaian) seseorang memang masih bisa bertahan hidup. Tetapi jikalau seseorang tidak mengenakan pakaian, maka umumnya beliau akan merasa kedinginan atau merasa aib untuk bergaul dengan orang lain alasannya ialah menyalahi norma yang ada di masyarakat.

2. Pangan
 Karena kita ialah insan niscaya mempunyai kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap m √ 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan
Contoh Kebutuhan Primer - Pangan

Pangan berarti makanan (termasuk juga minuman). Makanan merupakan kebutuhan pokok yang paling utama dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Mengapa pangan dikatakan sebagai kebutuhan paling utama? hal ini dikarenakan insan tidak sanggup hidup tanpa makan dan minum. Sehingga pangan merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

Contoh pangan sebagai kebutuhan primer ialah sembako (sembilan materi pokok), yaitu :
  1. beras, jagung dan sagu
  2. daging
  3. sayur-sayuran dan buah-buahan
  4. susu
  5. telur
  6. gula pasir
  7. garam beriodium dan bernatrium.
  8. minyak goreng dan margarin
  9. minyak tanah atau LPG

3. Papan
 Karena kita ialah insan niscaya mempunyai kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap m √ 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan
Contoh Kebutuhan Primer - Papan

Di dalam hidup, tentu saja insan membutuhkan tempat yang dipakai untuk berlindung serta berteduh dari hujan atau panas. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, rumah juga dipakai sebagai tempat wajib yang dipakai untuk berkumpul bersama keluarga. Memang tanpa tempat tinggal (papan) insan masih bisa bertahan hidup, namun tanpa tempat tinggal insan tidak terlindungi dari panas, angin malam yang dingin, hujan, hewan buas, juga insan akan mendapatkan gangguan psikologis.

Selain ketiga kebutuhan primer diatas, ada beberapa kebutuhan primer yang harus dipenuhi seiring perkembangan jaman. Kebutuhan primer tersebut haruslah dipenuhi sesuai standar kebutuhan tiap-tiap manusia. Contoh kebutuhan primer tersebut yaitu:

4. Pendidikan
 Karena kita ialah insan niscaya mempunyai kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap m √ 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan
Contoh Kebutuhan Primer - Pendidikan

Tak hanya sandang, pangan, dan papan saja, pendidikan juga merupakan salah satu kebutuhan pokok insan yang tak boleh diabaikan. Hal ini dikarenakan pendidikan ialah salah satu faktor yang sanggup menciptakan sebuah negara menjadi semakin maju. Sehingga dari sisi Negara sendiri kadang mewajibkan seorang anak mendapatkan pendidikan yang layak dan sesuai dengan standar.

5. Keluarga
 Karena kita ialah insan niscaya mempunyai kebutuhan untuk hidup meskipun kebutuhan tiap m √ 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan
Contoh Kebutuhan Primer - Keluarga

Selain pendidikan, keluarga juga menjadi salah satu kebutuhan pokok insan sehari hari. Keluarga merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan manusia. Berbagai macam pelajaran sanggup anda terima di dalam keluarga. Sehingga keluarga menjadi kebutuhan psikologis yang cukup penting. Banyak dari individu yang mungkin tidak mempunyai keluarga, bahkan harus hidup sendiri. Sehingga bagi anda yang mempunyai keluarga, tentunya anda harus bersyukur dan selalu luangkan waktu bersama keluarga.

6. Teman
Dari keluarga, kini ke teman. Manusia itu makhluk sosial, tidak bisa jauh dari insan lain, kita saling membutuhkan dan wajib tolong menolong untuk sanggup bertahan hidup. Dari sahabat kita belajar, berkembang, dan dari sahabat kita juga sanggup mencicipi kasih sayang dan pengalaman yang tak terlupakan.

7. Kesehatan
Setiap insan tentunya berharap mempunyai badan yang sehat. Dengan kondisi badan yang sehat, tentunya segala hal sanggup dilakukan termasuk untuk memenuhi kebutuhan primer lainnya. Jika kondisi badan tidak sehat, maka insan akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya dan menciptakan kehidupan tidak sanggup berjalan baik. Sehingga tak heran jikalau Pemerintah berjuang menunjukkan jaminan kesehatan untuk masyarakatnya.

Baca Juga : 10 Contoh Kebutuhan Sekunder Dengan Gambar dan Penjelasan

8. Pekerjaan
Pekerjaan merupakan sebuah kebutuhan primer, alasannya ialah dengan pekerjaan kita bisa memperoleh penghasilan / uang yang nantinya bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari hari termasuk kebutuhan keluarga. Tanpa mempunyai pekerjaan tentu saja kita akan kesulitan untuk bisa memenuhi kebutuhan primer lainnya.

9. Pengetahuan
Hampir sama menyerupai pendidikan, namun pengetahuan mempunyai cakupan yang lebih luas lagi alasannya ialah pengetahuan ini banyak sekali jenisnya. Tak hanya pengetahuan formal, pengetahuan non formal serta skill hidup akan menjadi pengetahuan yang penting untuk bisa bertahan hidup.

10. Informasi
Sebagai manusia, tentunya sangat memerlukan isu yang mana berkaitan dengan hal-hal yang disekitarnya. Dengan adanya isu tersebut tentu saja akan menciptakan dirinya gampang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Bahkan dengan adanya isu yang ada, insan bisa lebih terperinci mengenal perihal dunianya.

11. Ketentraman
Ketentraman merupakan salah satu referensi kebutuhan primer dalam hidup. Dengan adanya ketentraman tentu saja hidup menjadi lebih hening dan tidak ada rasa was was yang dipikirkan. Lingkungan yang aman, kesehatan yang baik, serta kebutuhan lainnya yang terpenuhi yang sanggup menimbulkan kehidupan lebih tentram yang mana menjadi kebutuhan dari setiap manusia.

12. Privasi
Privasi juga salah satu referensi dari kebutuhan primer, Hal tersebut alasannya ialah semua orang membutuhkan privasi contohnya menyerupai ada beberapa hal sensitif yang cuman boleh diketahui orang tersebut namun orang lain dihentikan mengetahuinya, sehingga privasi juga menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

13. Kasih Sayang
Kebutuhan pokok lainnya yang dibutuhkan oleh insan ialah kasih sayang. Manusia membutuhkan adanya kasih sayang di dalam kehidupannya, entah itu dari keluarga, teman, ataupun orang lain di sekitarnya. Dengan adanya kasih sayang, insan sanggup lebih peduli pada sesama dan hal lainnya yang berada di sekitarnya.

14. Keamanan
Tentu saja setiap individu berharap jikalau bisa tinggal di tempat yang kondusif dan nyaman, tak hanya itu saja bahkan tempat yang dilewatinya pun juga tentu saja harus aman. Sehingga menciptakan seseorang tersebut tidak merasa was-was akan hal negatif yang bisa mencelakainya.

Baca Juga : 10 Contoh Kebutuhan Tersier Dengan Gambar dan Penjelasan

15. Mencintai dan Dicintai
Siapa sih yang tidak mau dicintai? Sebagai insan normal, kita niscaya menyayangi insan lain entah dari keluarga atau teman. Selain menyayangi kita juga niscaya berharap dicintai oleh orang lain. Mengingat pentingnya rasa menyayangi dan dicintai sehingga hal ini mengakibatkan rasa menyayangi dan dicintai sanggup digolongkan menjadi kebutuhan primer.

16. Dihargai dan Menghargai
Manusia hidup ingin dihargai, namun kalau ingin dihargai terlebih dahulu kita harus bisa menghargai orang lain. Rasa dihargai dan menghargai juga sangat penting dalam kehidupan sehingga hal ini mengakibatkan rasa dihargai dan menghargai dapat digolongkan menjadi kebutuhan primer.

17. Identitas
Tentunya setiap insan ingin jikalau dirinya sanggup dikenal di dalam lingkungannya, sehingga orang lain yang ada di sekitarnya sanggup berinteraksi satu sama lainnya yang mana nantinya bisa terjalin sebuah ikatan pertemanan yang menciptakan kehidupan senang dan menyenangkan.

18. Menunjukan Prestasi/Kemampuan
Manusia butuh pertanda prestasinya, salah satunya semoga orang lain memperhitungkan keberadaanya dan menerima pengalaman dalam hidup.

19. Keselamatan
Manusia juga perlu adanya jaminan keselamatan, contohnya dalam mendapatkan pekerjaan niscaya insan akan memperhitungkan faktor keselamatan dan jaminan keselamatan sebelum mendapatkan sebuah pekerjaan.

20. Hubungan
Kita sebagai insan membutuhkan hubungan kekeluargaan, pertemanan atau banyak sekali macam hubungan sehingga bisa memenuhi kebutuhan pokok kita dengan mudah.


Selesai sudah artikel mengenai Contoh Kebutuhan Primer, Mayoritas referensi kebutuhan primer bersumber dari Abraham Maslow, seorang pakar psikologi. Beberapa kebutuhan primer tersebut termasuk dalam hak asasi insan dan sebagian sudah dijamin oleh negara dan masyarakat.

Sekian artikel mengenai 20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan. semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi sobat baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan perihal referensi kebutuhan primer, kebutuhan primer, kebutuhan manusia, kebutuhan pokok manusia, sandang pangan papan dan kebutuhan pokok. Terimakasih atas kunjungannya.

20 Contoh Kebutuhan Primer Dengan Gambar dan Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR


Sumber http://www.markijar.com/