Wednesday, March 28, 2018

√ 7+ Referensi Surat Pernyataan Beserta Cara Membuatnya Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Pernyataan  – Dalam sebuah perjanjian dalam surat pernyataan, tentu akan mencantumkan sebuah pernyataan pada pihak-pihak yang bersangkutan kedalam perjanjian untuk menyepakati sebuah pernyataan antara kedua pihak. Dalam surat peryataan di dalam hal ini tentu sangatlah penting.


Sebagai penjamin dan sebagai sebuah syarat aturan jika salah satu pihak, yang tertulis dalam surat pernyataan tersebut melanggar sebuah perjanjian yang telah dibuatnya dan telah disepakati bersama, kita sanggup melapor dengan mudah kepada pihak hukum.


Dalam sebagian kasus, surat pernyataan sangat penting sanggup menjadikan sebagai barang bukti yang sanggup diharapkan kelak kalau tersedia masalah. Nah, kalau anda inginkan menjadikan sebuah perjanjian bersama dengan seseorang atau perusahaan ataupun bersama dengan instansi tertentu, berbagi surat pernyataan penting adanya. yuk simak klarifikasi selanjutnya.





Pengertian Surat Pernyataan




 Dalam sebuah perjanjian dalam surat pernyataan √ 7+ Contoh Surat Pernyataan Beserta Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

pesona.co.id


Surat pernyataan ialah surat yang berisi perihal pernyataan mengenai dirinya dan bertujuan untuk menjelaskan mengenai kesanggupan diri kita dalam melaksanakan sesuatu. sanggup juga kita dalam memakai surat pernyataan untuk mengambarkan diri kita pernah melaksanakan sesuatu ataupun tidak pernah melaksanakan sesuatu yang bersifat larangan atau aturan.


Dalam menciptakan surat pernyataan akan diikut sertakan dan dilengkapi dengan tanda tangan diatas materai enam ribu, hal dipakai untuk bertujuan supaya surat pernyataan yang dibentuk dan telihat secara sah dan memang dibentuk sebagaimana mestinya dan benar-benar penting.




Manfaat dan Susunan Surat Pernyataan




 Dalam sebuah perjanjian dalam surat pernyataan √ 7+ Contoh Surat Pernyataan Beserta Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

nationalgeographic.com


Manfaat Surat Pernyataan



  • Penerima, surat pernyataan dipakai sebagai alat bukti untuk menawarkan pertanggung balasan kepada pihak yang menulis surat pernyataan, sebagaimana yang telah ia setujui, supaya pihak yang menulis surat pernyataan tersebut. Tidak melanggar atas apa yang telah disetujui dalam bentuk surat pernyataan yang telah ia buat.

  • Pembuat, surat pernyataan sanggup dipakai sebagai penguat dan alat bukti supaya diakui kepada pihak lain, bahwa dirinya benar-benar menyerupai dengan apa yang dinyatakan melalui surat tersebut. biasanya dalam penggunaan surat pernyataan, dipakai untuk lamaran pekerjaan para pegawai sebagai syarat lampiran yang harus dipenuhi.

  • Pihak yang Dinyatakan, surat pernyataan berfungsi untuk alat penguat dan pengukuhan kepada pihak yang diterangkan dalam pernyataan, baik itu dalam keadaan positof maupun dalam keadaan negatif. Jika surat pernyataan tersebut, dibentuk oleh pihak lain.


Susunan Surat Pernyataan


Beberapa susunan dalam surat pernyataan, terbagi menjadi beberapa penggalan diantaranya sebagai berikut:



  • Nama surat pernyataan, biasa ditulis dengan posisi ditengah bila memakai word, biasa mengunakan center dengan aksara kapital semua.

  • Isi pernyataan, mencakup beberapa hal. identitas pihak yang bersangkutan yaitu pihak yang menyatakan, berupa kesungguhan dalam menyatakan sesuai dengan realita dan kenyataan yang ada, serta sanggup ditambah penulis identitas pihak yang menyatakan bila surat pernyataan itu dibentuk oleh orang lain.

  • Penutup pernyataan sanggup ditulis yang berkaitan dengan daerah dan tanggal dibuatnya surat pernyataan, serta penulisan identitas yang menciptakan surat, nama terang, tanda tangan keterangan lain menyerupai (NIP, dan sebagainya).


Baca Juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dan Lain-lain [+Lengkap]




Cara Membuat Surat Pernyataan




 Dalam sebuah perjanjian dalam surat pernyataan √ 7+ Contoh Surat Pernyataan Beserta Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

liputan6.com


Cara menciptakan surat pernyataan tidak begitu sulit sebanarnya, yang harus diperhatikan dalam pembuatannya ialah tata cara penulisan serta kaidah bahasa yang digunakan, banyak hal kegunaan dari surat pernyataan, salah satunya ialah kita sanggup menjelaskan perihal suatu kondisi yang sedang dialami, entah itu bersifat seorang atau sebuah instansi dan kelompok.


Selain itu dalam kegunaan surat pernyataan, sanggup dipakai dengan keadaan pemegang surat tersebut, biasanya dalam penggunaanya. Paling banyak dipakai untuk sebuah pernyataan dalam mencari pekerjaan atau dipakai untuk menyatakan pernyataan yang lainnya yang bersifat aturan dalam sebuah bidang atau perusahaan dan instansi.


Ada banyak tumpuan surat pernyataan yang sanggup kita buat dan harus kita ketahui, supaya lebih terang lagi bagaimana membuatnya, beberapa tumpuan surat pernyataan akan saya contohkan sebagai berikut.




Contoh Surat Pernyataan Diri 


Dalam Penggunaan surat pernyataan diri biasanya dipakai untuk menerangkan, bahwa orang yang bersangkutan tidak pernah terlibat dalam sebuah masalah kejahatan. dan tidak pernah diberhentikan kerja secara tidak terhormat yang berkaitan dengan sebuah instansi atau sebuah forum tertentu, dan juga tidak terkait dengan forum politik dan bidang yang lainnya, dalam pembuatan tumpuan surat pernyataan diri sebagai berikut.



Surat Pernyataan Diri


Yang bertandatangan di bawah ini,


Nama : Muhammad Fahmi

Tempat dan tanggal lahir : Surabaya, 10 Mei 1994

Agama : Islam

Alamat : Jl. Kusumabangsa No 02 Surabaya


Dengan ini menyatakan :



  1. Menyatakan bahwa saya tidak pernah berbuat kriminal atau melaksanakan sebuah tindakan pidana kejahatan. Hal ini menurut kekuatan hukum yang telah berlaku.

  2. Menyatakan bahwa saya tidak pernah diberhentikan secara tidak terhormat sebagai pegawai swasta ataupun tidak diberhentikan dengan cara tidak terhormat sebagai PNS.

  3. Bersedia untuk di tempatkan wilayah kerja manapun sesuai apa yang telah di perintah atasan.

  4. Tidak menjadi seorang anggota atau pengurus dalam partai politik.

  5. Tidak sedang menjabat sebagai calon atau anggota Kepolisian atau TNI dan Calon / Pegawai Negeri Sipil.

  6. Bersedia untuk mengganti ongkos pelaksanaan penerimaan kerja sebesar dengan nominal Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah)


Dinyatakan lulus ujian langkah simpulan dan sudah mendaftar lagi tetapi mengundurkan diri bersama dengan alasan apapun, atau

Mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, bersama dengan masa kerja kurang berasal dari 5 (lima) tahun.


Demikian akreditasi ini saya bikin bersama dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di depan pengadilan serta bersedia terima segala tindakan yang diambil alih oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.





Contoh Surat Pernyataan Kerja 


Pembuatan surat penyataan kerja harus sanggup menawarkan dan meyakinkan sebuah instansi atau perusahaan daerah dimana, kita akan melamar kerja ditempat tersebut,  biasanya dalam pembuatan surat pernyataan kerja, menyangkup pernyataan serta memakai materai 6000 sebagai alat pembuktian, walaupun intinya meski tanpa materaipun, surat tersebut tetap sanggup berfungsi sebagai alat bukti sah, yang cukup besar lengan berkuasa secara hukum.



Surat Pernyataan Kerja


 


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama                                      :  Muhammad Fahmi


Tempat / Tanggal Lahir     :  Surabaya, 14 Mei 1994


Jenis Kelamin                      :  Laki-laki


Alamat                                   :  Jl.Samudra No.23, Surabaya Jawa Timur


Dengan ini saya menyatakan bahwa :


Pada saat ini saya tidak terikat dengan kontrak dan ikatan kerja dari instansi manapun. dan Saya bersedia untuk bertugas dalam kurun waktu yang telah ditentukan dan saya bersedia tidak mengambil cuti sepanjang masa penugasan dimulai hingga selesai.


Demikianlah surat pernyataan ini telah saya buat dan sampaikan dengan sebenarnya, Apabila pada kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak sesuai dengan tindakan saya, maka saya bersedia dituntut sama sesuai dengan ketepan peraturan dan aturan yang sidah berlaku.


 


                                                                                Surabaya  17 Juni 2017


                                                                                      (Materai 6000)


                                                                                   Muhammad Fahmi





Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan


Pembuatan surat pernyataan kesanggupan biasanya dibuat, oleh orang yang menyatakan kesanggupan untuk melaksanakan pekerjaan atau aktifitas tertentu yang telah ia sepakati. yang akan dibebankan kepada dirinya, berikut tumpuan surat pernyataan kesanggupan.



Surat Pernyataan Kesanggupan




Andi Saputra


Yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama                                       : Muhammad Fahmi

Tempat dan tanggal lahir    : Surabaya, 14 Mei 1994

Agama                                     : Islam

Alamat                                     : Jl, Widuri No. 43 Surabaya


Dengan ini saya menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :


Dengan ini saya telah menyatakan bahwa saya bersedia untuk menjalani sebuah ikatan dengan dinas kurun waktu selama 1 tahun lebih atau waktu yang memang telah ditentukan, bila saya telah selesai menyelesaikan pendidikan di sebuah Universitas Indonesia pada kegiatan studi Tehnik Informatika.


                                                                  Surabaya  16 Mei 2017

                                                                       (Materai 6.000)


                                                                     Muhammad Fahmi







Contoh Surat Pernyataan Hutang


Surat pernyataan hutang merupakan surat pernyataan yang berisi mengenai sebuah kesepakatan antara beberapa pihak yang terkait hutang kepada orang yang bersangkutan, berikut ini tumpuan surat pernyataan hutang yang sanggup kalian tumpuan dalam pemuatannya.



Surat Pernyataan Hutang


 


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama                                       :  Muhammad Fahmi


Tempat / Tanggal Lahir      :  Surabaya, 14 Mei 1994


Jenis Kelamin                       :  Laki-laki


No. KTP                                  :  11004342208491006


Alamat                                    :  Jl.Samudra No.23, Surabaya Jawa Timur


 


Dengan ini saya menyatakan bahwa saya sanggup untuk membayar hutang kepada Bapak Budi Utomo.


Adapun dalam pelunasan hutang yang harus saya bayar dan tangani dengan nominal sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Saya bersedia untuk melunasi hutang selambat-lambatnya dengan kurun waktu tanggal 16 April 2017. Apabila pada kurun waktu saya tidak sanggup menepati kewajiban saya dan sudah jatuh tempo, maka saya selanjutnya, siap untuk dituntut di muka hukum.


Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan semestinya dan sebenar-benarnya dalam keadaan sadar, tanpa tidak ada campur tangan dari siapapun dan dari pihak manapun.


Surabaya, 10 Desember 2016


Hormat saya


(Materai 6000)


Muhammad Fahmi





Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah


Pembuatan surat pernyataan belum menikah biasa dipakai dalam menyatakakan, dan memberitahukan kepada pihak lain, bahwa anda benar-benar belum menikah, dalam pembuatan surat pernyataan belum menikah sebagai tumpuan kurang lebih menyerupai berikut.



Surat Pernyataan Belum Menikah


Yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama                                     :  Muhammad Fahmi

Jenis Kelamin                      :  Laki-laki

Tempat / Tanggal Lahir    :  Surabaya, 14 November 1988

Agama                                   :  Islam

Warga Negara                      :  Indonesia

Alamat                                   :  Jl.Samudra No.23, Surabaya Jawa Timur


Saya Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa hingga sekarang ini saya belum pernah menikah dengan siapapun baik secara aturan agama, adat, maupun aturan Negara dan benar-benar seorang yang masih lajang.


Demikian surat pernyataan ini saya buat sebagaimana mestinya sesuai dengan keadaan yang bersama-sama dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia untuk dituntut sesuai dengan undang-undang dan aturan yang berlaku.


                                                                           Surabaya, 23 Maret 2019



                                                                                Muhammad Fahmi




Contoh Surat Pernyataan Cerai


Dalam berumah tangga niscaya akan mengalami perselisihan antara suami dan istri, ketika kedua sudah tidak lagi besar lengan berkuasa untuk hidup bersama, maka yang terjadi hanyalah perceraian dalam rumah tangga. Bebera bentuk proses cara bercerai harus menciptakan surat pernyataan cerai, yang telah disetujui keduanya, antara pihak pria dan pihak wanita dengan tanda tangan diatas materai 6000, berikut tumpuan surat penyataan tersebut.



SURAT PERNYATAAN CERAI


Yang bertanda tangan di bawah ini kami masing-masing pihak.


I. Nama        :  Abi

   Umur         :  27 tahun

   Agama       :  Islam

   Pekerjaan  :  Internet Marketer

   Alamat       :  Jln. Budi Utomo No. 38 Surabaya


Dalam hal ini disebut Pihak I. Yang meminta cerai.


II. Nama        :  Ummi

     Umur         :  25 tahun

     Agama       :  Islam

     Pekerjaan  :  Ibu Rumah Tangga

     Alamat       :   Jln. Mawar No. 20 Surabaya


Dalam hal ini disebut Pihak II. Yang memberi cerai.


Pada hari ini Selasa tanggal 28 Mei 2016, kami telah menyatakan yang sebenar-benarnya, di hadapan para saksi bahwa kami telah menyatakan dan sepakat untuk bercerai dalam kehidupan berumah tangga, atas dasar sebab kemauan kami berdua, tanpa ada pemaksaan serta tanpa ada dorongan dari pihak lain dan manapun.


Demikian surat pernyataan ini telah kami buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.



Surabaya, 28 Mei 2016

         Pihak I                                                                                          Pihak II


Materai Rp. 6000,-


           Abi                                                                                               Ummi


Saksi-saksi

1. Satu Nama Saksi

2. Dua Nama Saksi

3. Tiga Nama Saksi




Contoh Surat Pernyataan Orang Tua


Penggunaan surat pernyataan orang bau tanah atau wali murid, biasanya dipakai untuk kepentingan atau syarat adminstrasi untuk pihak sekolah atau kampus terhadap sesuatu tuntutan yang harus mengetahui dan mendapat penegaskan dari pihak orang tua, mengenai suatu kewajiban yang harus dikerjakan.



SURAT PERNYATAAN ORANG TUA


 


Dengan ini surat ini saya :

Nama                                    : Budi Pekerti

Nomor KTP                         : 2889800001200

Alamat                                 : Jln. Mawar No. 20 Surabaya

Pekerjaan                            : Karyawan Swasta


selaku orang tua/ wali dari :

Nama                                     : Muhammad Fahmi

Tempat/Tanggal lahir       : Bandung, 14 Maret 1997

Jenis Kelamin                     : Laki-laki

Asal Sekolah                        : Sekolah Menengah Pertama Negeri Surabaya

Diterima di Kelas               : X-A


Menyatakan bahwa saya:


Saya selaku orang bau tanah atau wali dari nama siswa Muhammad Fahmi menyatakan telah bersedia untuk menyetujui anak saya tersebut ditempatkan di cabang seluruh perusahaan di Indonesia sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan Sekolah.


Demikian surat pernyataan ini saya sampaikan dengan bersama-sama dan tanpa ada paksaan, dari pihak manapun dan siapapun serta dengan penuh tanggung jawab.


 


Surabaya, 27 Januari 2017


Orang bau tanah / Wali


(Materai 6000)


Budi Pekerti



Saya rasa lengkap sudah pembahasan kita kali, yang berkaitan bagaimana membuat contoh surat pernyataan dan sudah saya sampaikan kepada anda semua. selamat berjuang menciptakan surat pernyataan, dan biar diberi kelancaran serta kesuksesan.


Demikian tumpuan surat pernyataan dengan aneka macam tema ini biar sanggup membantu anda, mulai dari pernyataan diri, kerja, kesanggupan, hutang menikah, cerai dan surat pernyataan yang lainnya. Sekian biar bermanfaat.. Terimakasih 😀 .


Sumber https://infoana.com