Saturday, March 31, 2018

√ 9 Cara Semoga Tidak Kecanduan Game Online

Fasilitas layanan online (internet) sebetulnya dapat menjadi pedang bermata dua, di satu sisi bermanfaat untuk mencari informasi, mempermudah kehidupan dan sebagai sarana hiburan.

Namun disisi lain kalau sudah kecanduan sarana hiburan (game) di internet, maka akan sangat mengganggu kehidupan di dunia nyata.

 sebetulnya dapat menjadi pedang bermata dua √ 9 Cara Agar Tidak Kecanduan Game Online
Bermain Game

Ada orang-orang yang bermain game online selama 8 jam dalam sehari, bahkan ada yang hingga 15 jam dalam sehari. Jika sudah kecanduan menyerupai ini maka dapat membahayakan dirinya, membahayakan kesehatan fisiknya, kesehatan mentalnya dan kehidupan sosialnya.

Orang yang sudah kencaduan game online maka pikirannya akan ke arah sana saja, jiwanya akan sangat tidak nyaman (tersiksa) dikala berhenti bermain game online. Itu artinya dirinya sudah sangat ketergantungan dengan game online.

Berikut cara biar tidak kecanduan game online:

1. Pastikan Anda Memiliki Aktivitas Rutin di Dunia Nyata

Untuk orang-orang yang sudah bekerja mungkin mempunyai resiko lebih rendah terkena kecanduan game dibandingkan dengan orang-orang yang tidak/belum bekerja.

Orang yang tidak mempunyai acara rutin di dunia konkret maka sangat rentan untuk kecanduan game online.

Jika Anda belum bekerja, atau kalau Anda masih dalam masa sekolah, maka buatlah minimal satu kegiatan rutin di dunia nyata, contohnya bermain futsal, ikut les tertentu, berorganisasi, dll.

Dengan mempunyai acara rutin di dunia konkret maka Anda tidak akan gampang terkena problem kecanduan game.

Sebaliknya kalau Anda tidak mempunyai kegiatan rutin di dunia nyata, dikhawatirkan Anda akan memakai waktu kosong itu untuk bermain game seharian, hingga kesannya menjadi kecanduan.

2. Manfaatkan Alarm

Penting untuk membatasi waktu bermain game biar tidak kecanduan, umumnya durasi kondusif bermain game yaitu 1 jam dalam sehari. Kalaupun lebih maka jangan hingga lebih dari 2 jam.

Gunakan alarm untuk mengingatkan Anda bahwa waktu bermain game sudah habis. Sangat penting memakai alat pengingat ini (alarm) biar tidak lupa.

Jika tidak memakai alarm dikhawatirkan Anda akan telena dan bermain game lebih dari 4 jam, yang nantinya Anda akan beresiko tinggi mengalami kencanduan game.


3. Kurangi Sedikit Demi Sedikit Pergaulan dengan Pecandu Game Online

Seseorang itu akan sangat terpengaruh oleh temannya, kalau semua sobat bersahabat Anda yaitu para pecandu game online, maka sulit bagi Anda untuk tidak fanatik pada game online.

Mereka mungkin akan sering mengajak mabar (main bareng) game online, sesekali Anda perlu mencoba menolak sehingga mengurangi frekuensi waktu bermain game.

4. Milikilah Cita-Cita

Dengan mempunyai keinginan yang bermanfaat untuk masa depan maka Anda mempunyai fokus dalam hidup, sehingga mencegah munculnya rasa fanatik pada game online.

Lihatlah orang-orang yang telah sukses di sekeliling Anda, munculkan-lah perasaan ingin menjadi menyerupai mereka, sehingga mengakibatkan diri Anda sibuk pada hal-hal besar (penting).

5. Aturlah waktu berguru dan waktu bermain sehingga menjadi seimbang. Menjaga dan mengatur waktu sangat penting untuk mencegah waktu semua terbuang hanya untuk bermain game online.

6. Usahakan mengisi waktu luang dengan hal-hal yang berguna, menyerupai berolaharga, membaca buku, berorganisasi dan hal-hal lainnya yang menghasilkan benefit. Sesekali Anda dapat mengganti kegiatan bermain game online dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat tersebut.

7. Sering-seringlah merenungkan dan mengingat bahwa ada aneka macam aktivitas-aktivitas yang menyenangkan selain dari bermain game.

8. Ingatlah! Bermain game memang menyenangkan, tapi ada banyak kegiatan lainnya yang dapat dijadikan hobi menyenangkan, terutama kegiatan yang berkaitan dengan acara fisik.

9. Jika Anda merasa mulai jatuh ke dalam kecanduan game online, disarankan mencari orang yang jago atau tenaga profesional untuk menunjukkan terapi menghilangkan rasa candu game.

Sumber http://www.freshbugar.com