Friday, March 9, 2018

√ Download Ki-Kd Mapel Matematika Smk-Mak Terbaru Tahun 2019

 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN √ Download KI-KD Mapel Matematika SMK-MAK Terbaru Tahun 2019

Download Kompetensi Inti/Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika SMK-MAK Terbaru Tahun 2019






KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : Matematika (A)
Jam Pelajaran : 424 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, adalah (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, derma nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) adalah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan aksara akseptor didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi ihwal pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagiandari keluarga, sekolah, duniakerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan problem sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait denganpengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menimbulkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

KI-KD Mapel Matematika SMK-MAK Terbaru Tahun 2019

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menuntaskan masalah 4.1 Menyajikan penyelesaian problem bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel 4.2 Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
3.3 Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam problem kontekstual 4.3 Menyelesaikan problem sistem persamaan linier dua variabel
3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan kegiatan linear dua variabel 4.4 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan kegiatan linear dua variabel
3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmetika 4.5 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri 4.6 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas 4.7 Menyelesaiakan problem kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku 4.8 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
3.9 Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran 4.9 Menyelesaikan problem nilai sudut berelasi diberbagai kuadran
3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya 4.10 Menyelesaikan problem perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
3.11 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri 4.11  Menyajikan grafik fungsi trigonometri
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.12 Menerapkan hukum sinus dan kosinus 4.12 Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan hukum sinus dan kosinus
3.13 Menentukan luas segitiga pada trigonometri 4.13 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri
3.14 Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut 4.14 Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut
3.15 Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan problem yang berkaitan dengan matriks 4.15 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan matriks
3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3 4.16 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3
3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua 4.17 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
3.18 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga 4.18 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat 4.19  Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi 4.20 Menyelesaikan problem operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
3.21 Menentukan persamaan lingkaran 4.21 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan persamaan lingkaran
3.22 Menganalisis problem kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana,negasi pernyataan sederhana,pernyataan majemuk, negasi pernyataan beragam dan penarikan kesimpulan) 4.22 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana,negasi pernyataan sederhana,pernyataan beragam , negasi pernyataan beragam dan penarikan kesimpulan )
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga 4.23 Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga
3.24 Menetukan problem kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri 4.24 Menyelesaikan problem kontekstual kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
3.25 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada problem kontekstual 4.25 Menyajikan penyelesaian problem kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
3.26 Menentukan peluang kejadian 4.26 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan peluang kejadian
3.27 Mengevaluasi kajian statistika dalam problem kontekstual 4.27 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika
3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok 4.28 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
3.29 Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok 4.29 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
3.30 Menentukan nilai limit fungsi aljabar 4.30 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar memakai definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya 4.31 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva 4.32 Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.33 Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar 4.33 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
3.34 Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakanintegral tertentu 4.34 Menyelesaikan problem luas permukaan dan volume benda putar dengan memakai integral tertentu

Selengkapnya, Kompetensi Inti/Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika SMK-MAK Terbaru Tahun 2019 sanggup di-d0wnl0ad pada tautan berikut:


Download Kompetensi Inti/Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Matematika SMK-MAK Terbaru Tahun 2019
Sumber http://www.informasiguru.com