Friday, March 30, 2018

√ Download Ki-Kd Mapel Ppkn Smk-Mak Terbaru Tahun 2019

 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  √ Download KI-KD Mapel PPKn SMK-MAK Terbaru Tahun 2019

Download Kompetensi Inti/Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMK-MAK Terbaru Tahun 2019




Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) Mata Pelajaran SMK-MAK Terbaru Tahun 2019 didasarkan pada Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Nomor: 464/D.D5/KR/2018 wacana kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran muatan nasional (a), muatan kewilayahan (b), dasar bidang keahlian (c1), dasar agenda keahlian (c2) dan kompetensi keahlian (c3).

Berikut ialah isi dari kompetensi dasar dan kompetensi mata pelajaran (mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk Sekolah Menengah kejuruan dan MAK terbaru:


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Program Keahlian : Semua Program Keahlian

Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (A)

Jam pelajaran : 212 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum meliputi empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad penerima didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya "2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, tunjangan nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta mengatakan sikap sebagai
bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia."

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati hakikat bangsa dan Negara sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.1 Responsif terhadap hakikat bangsa dan Negara
1.2 Mensyukuri fungsi dan kiprah Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia 2.2 Proaktif melakukan fungsi dan kiprah Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
1.3 Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdiankepada Tuhan Yang Maha Esa 2.3 Menunjukkan sikap peduli terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.4 Mengamalkan ketentuan UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945 yang mengatur wacana wilayah, warga Negara,penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.4 Peduli terhadap penerapan ketentuan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wacana wilayah, warga Negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
1.5 Menghayati sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.5 Responsif terhadap sistem politik Indonesia
1.6 Menghayati nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.6 Peduli terhadap fungsi dan kewenangan lembaga- forum negara berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.7 Melaksanakan budaya politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.7 Peduli terhadap budaya politikIndonesia
1.8 Menghayati korelasi pemerintah sentra dan tempat berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.8 Peduli terhadap korelasi pemerintah sentra dan tempat yang serasi di tempat setempat
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.9 Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk kesepakatan integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa 2.9 Menunjukkan sikap kolaborasi dalam rangka mewujudkan kesepakatan integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1.10 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai- nilai yang membentuk kesadaran atas bahaya terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 2.10 Responsif terhadap bahaya negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1.11 Menghayati wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.11 Bertanggung-jawab menyebarkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.12 Menghayati hak asasi insan berdasarkan perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa 2.12 Peduli terhadap hak asasi insan berdasarkan perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.13 Mengsyukuri sistem pemerintahan di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.13 Proaktif terhadap sistem pemerintahan di Indonesia
1.14 Mengamalkan nilai-nilai ke- Tuhanan dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945 2.14 Peduli dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945
1.15 Mengahayati nilai-nilai dalam sistem aturan dan peradilan Indonesia sesuai dengan Undang-Undang DasarNegara Republik IndonesiaTahun 1945 sebagai rasasyukur kepada Tuhan YangMaha Esa 2.15 Disiplin terhadap aturan sistem aturan dan peradilan sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945
1.16 Mengamalkan nilai-nilai dalam sistem proteksi tenaga kerja di Indonesia berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa 2.16 Proaktif terhadap sistem proteksi tenaga kerja di Indonesia
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.17 Menghayati nilai-nilai dalam sistem aturan dan peradilan Internasional sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.17 Disiplin terhadap aturan sistem aturan dan peradilan Internasional
1.18 Mensyukuri kiprah Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 2.18 Toleran dan cinta tenang sebagai refleksi kiprah Indonesia dalam perdamaian dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.19 Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan bahaya terhadapnegara taktik mengatasinyaberdasarkan asas BhinnekaTunggal Ika 2.19 Responsif terhadap bahaya negara dan taktik mengatasinya berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika
1.20 Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia 2.20 Proaktif dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.21 Menghayati perbedaan sebagai anugerah Tuhanyang Maha Esa dalam rangka menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 2.21 Proaktif menghindari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.22 Mengamalkan sikap orang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam praktik pelindungan dan penegakan aturan untuk menjamin keadilan dan kedamaian 2.22 Berperilaku jujur dalam praktik proteksi dan penegakan aturan di tengah masyarakat
1.23 Melaksanakan pemerintahan sesuai karakteristik good governance dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa 2.23 Berperilaku jujur dalam pelaksanaan pemerintahan sesuai karakteristik good governance
1.24 Menghayati kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai anugerah Tuhanan Yang Maha Esa 2.24 Bertanggung-jawab dalam menyikapi imbas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.25 Mensyukuri persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian 2.25 Proaktif dalam menyebarkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahanakan Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.26 Menghayati peranan pers di Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa 2.26 Bertanggung-jawab dalam menyikapi peranan pers di Indonesia
1.27 Mengamalkan etos kerja masyarakat Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa 2.27 Peduli terhadap etos kerja masyarakat Indonesia

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi wacana pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. "4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan problem sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu daMenunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis hakikat bangsa dan Negara 4.1 Menyaji hasil analisis hakikat bangsa dan negara
3.2 Menganalisis fungsi dan kiprah Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia 4.2 Menyaji hasil analisis fungsi dan kiprah Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
3.3 Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara 4.3 Menyaji hasil analisis nilai- nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3.4 Menganalisis ketentuan UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945 yang mengatur wacana wilayah negara, warga negaradan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan 4.4 Menyaji hasil analisis wacana ketentuan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wacana wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan
3.5 Menganalisis sistem politik diIndonesia 4.5 Menyaji hasil analisis wacana sistem politik di Indonesia
3.6 Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara berdasarkan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945 4.6 Menyaji hasil analisis wacana fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.7 Menganalisis budaya politik diIndonesia 4.7 Menyaji hasil analisis wacana budaya politik di Indonesia
3.8 Menganalisis korelasi pemerintah sentra dan tempat berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.8 Menyaji hasil analisis wacana korelasi pemerintah sentra dan pemerintah tempat setempat berdasarkan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945
3.9 Menganalisis faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.9 enyaji hasil analisis wacana faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.10 Menganalisis bahaya terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, 4.10 Menyaji hasil analisis wacana bahaya terhadap negaradan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
dan keamanan dalam bingkaiBhinneka Tunggal Ika pertahanan, dan keamanandalam bingkai BhinekaTunggal Ika
3.11 Menelaah pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.11 Mempresentasikan hasil telaah terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.12 Menganalisis pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 4.12 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.13 Menganalisis sistem pemerintahan di Indonesia 4.13 Menyaji hasil analisis wacana sistem pemerintahan di Indonesia
3.14 Menganalisis sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.14 Menyaji hasil analisis wacana sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.15 Menganalis sistem aturan dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945 4.15 Menyaji hasil analisis wacana sistem aturan dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang DasarNegara Republik IndonesiaTahun 1945
3.16 Menganalisis sistem proteksi tenaga kerja di Indonesia 4.16 Menyaji hasil analisis wacana sistem proteksi tenaga kerja di Indonesia
3.17 Menganalisis system aturan dan peradilan internasional 4.17 Menyaji hasil analisis wacana system aturan dan peradilan internasional
3.18 Mengevaluasi dinamika kiprah Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.18 4.18 Menyaji hasil penilaian wacana kiprah Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.19 Menganalisis kasus-kasus bahaya terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan taktik mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.19 Melakukan penelitian sederhana wacana potensi bahaya terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
mengatasinya dalam bingkaiBhinnekaTunggal Ika
3.20 Menganalisis faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.20 Menyaji hasil analisis wacana faktor- faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.21 Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 4.21 Menyaji hasil analisis wacana nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.22 Mengevaluasi praktik proteksi dan penegakan aturan untuk menjamin keadilan dan kedamaian 4.22 Mendemonstrasikan praktik proteksi dan penegakan aturan untuk menjamin keadilan dan kedamaian
3.23 Menganalisis pelaksanaan pemerintahan sesuai karakteristik good governance 4.23 Menyaji hasil analisis wacana pelaksanaan pemerintahan sesuai karakteristik good governance
3.24 3.24 Menganalisis imbas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap bangsa dan negara dalambingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.24 Menyaji hasil analisis wacana imbas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap bangsa dan negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.25 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.25 Menyaji hasil penilaian wacana dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.26 Mengevaluasi peranan pers diIndonesia 4.26 Menyaji hasil penilaian wacana peranan pers di Indonesia
3.27 Mengevaluasi etos kerja masyarakat Indonesia 4.27 Menyaji hasil penilaian wacana etos kerja masyarakat Indonesia

Berikut ialah tautan Download Kompetensi Inti/Dasar (KI-KD) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMK-MAK Terbaru Tahun 2019:


Download KI-KD Mapel PPKn SMK-MAK Terbaru Tahun 2019
Sumber http://www.informasiguru.com