Saturday, March 17, 2018

√ Ki-Kd Smk/Mak Teknik Komputer Dan Jaringan Tahun 2019

MAK Teknik Komputer dan Jaringan Terbaru Tahun  √ KI-KD SMK/MAK Teknik Komputer dan Jaringan Tahun 2019

Download Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) SMK/MAK Teknik Komputer dan Jaringan Terbaru Tahun 2019






Tujuan kurikulum pada Teknik Komputer dan Jaringan meliputi empat aspek kompetensi, adalah (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, derma nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) adalah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan abjad penerima didik lebih lanjut.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi perihal pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagiandari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4. Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan problem sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah aneh terkait denganpengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, mengakibatkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melakukan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Menerapkan logika dan algoritma komputer 4.1   Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
3.2  Menerapkan metode peta- minda 4.2   Membuat peta-minda
3.3  Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif dan persuasif 4.3   Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.4  Menerapkan logika dan operasi perhitungan data 4.4   Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.5  Menganalisis fitur yang sempurna untuk pembuatan slide 4.5   Membuat slide untuk presentasi
3.6  Menerapkan teknik presentasi yang efektif 4.6   Melakukan presentasi yang efektif
3.7  Menganalisis pembuatan e- book 4.7   Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
3.8  Memahami konsep KewargaanDigital 4.8   Merumuskan etikaKewargaan Digital
3.9  Menerapkan teknik penelusuran Search Engine 4.9   Melakukan penelusuran informasi
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi 4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital 4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital 4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi

Mata Pelajaran : Fisika
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan dalam pengukuran 4.1   Menyaji hasil pengukuran besaran fisis memakai alat ukur dan teknik yang tepat
3.2  Memahami konsep usaha, energi, daya dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari 4.2   Melakukan percobaan untuk memilih perjuangan pesawat sederhana
3.3  Menganalisis sifat elastisitas bahan 4.3   Menyajikan hasil percobaan perihal elastisitas benda
3.4  Menganalisis korelasi antara getaran dan gelombang serta besaran- besaran nya yang terkait 4.4   Mendemonstrasikan fenomena gelombang dengan peralatan sederhana
3.5  Menganalisis optik fisis dan geometri 4.5   Menyajikan hasil percobaan perihal optik fisis/geometri
3.6  Mengevaluasi proses pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor 4.6   Menyaji hasil penyelidikan mengenai perpindahan kalor memakai azas black
3.7  Menganalisis konsep listrik statis dalam bidang teknologi gosip dan komunikasi 4.7   Mengatasi banyak sekali problem yang diakibatkan oleh listrik statis pada komponen- komponen teknologi gosip dan komunikasi
3.8  Memahami hukum-hukum kelistrikan arus searah 4.8   Menyajikan hasil percobaan hukum-hukum kelistrikan arus searah
3.9  Memahami konsep kemagnetan dan elektromagnet 4.9   Menyajikan hasil percobaan perihal medan magnet dan induksi magnet
3.10 Mengevaluasi dampak radiasi elektromagnetik secara kualitatif 4.10 Membuat karya tulis perihal dampak radiasi elektromagnetik

Mata Pelajaran : Kimia
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami kiprah kimia dalam kehidupan 4.1    Menunjukkan perbedaan perubahan materi dan pemisahan gabungan melalui praktikum
3.2    Menganalisis struktur atom menurut konfigurasi elektron untuk memilih letak unsur dalam tabel periodik 4.2    Menentukan letak unsur dalam tabel periodik pada struktur atom dengan memakai konfigurasi elektron
3.3    Menganalisis proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi 4.3    Menyajikan pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam yang terjadi pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari
3.4    Memahami konsep massa molekul relatif dan konsep mol 4.4    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan konsep massa molekul relatif dan konsep mol
3.5    Memahami Hukum-hukum dasar dan persamaan kimia 4.5    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan  hukum- aturan dasar dan persamaan kimia
3.6    Menganalisis struktur, sifat senyawa hidrokarbon (ALKENA) 4.6    Menyajikan hasil identifikasi senyawa hidrokarbon (ALKENA) yang terdapat dalam kehidupan sehari hari
3.7    Menganalisis struktur, tata nama, sifat, penggolongan dan kegunaan polimer 4.7    Mengintegrasikan antara struktur, tata nama, sifat, penggolongan polimer dengan kegunaan polimerdalam kehidupan sehari hari
3.8    Mengevaluasi sifat larutan menurut konsep asam basa dan pH larutan 4.8    Menyajikan tabel hasil percobaan asam basa dengan memakai indikator universal, kertas lakmus dan indikator alam
3.9    Menganalisis tanda-tanda proses penyepuhan dan faktor- 4.9    mengajukan ide/gagasan untuk mengatasi proses korosi menurut faktor-
faktor yang mempengaruhiterjadinya korosi faktor yangmempengaruhinya pada kehidupan sehari-hari melalui percobaan yang dilakukan
3.10  Menganalisis manfaat dan kerugian Radiokimia dalam kehidupan sehari-hari 4.10  Mengajukan gagasan untuk mengatasi dampak negatif dari Radiokimia

Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal) 4.1  Mengkonversikan sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal) dalam memecahkan problem konversi
3.2  Menganalisis kekerabatan logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); (Flip Flop, counter) 4.2  Merangkai fungsi gerbang logika  dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR,NAND,EXOR,EXNOR); melalui ujicoba (Flip Flop, counter)
3.3  Menerapkan operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder) 4.3  Mempraktikkan operasi Logik Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
3.4  Mengklasifikasikan rangkaian Multiplexer, Decoder, Register 4.4  Mengoperasikan aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit (Multiplexer, Decoder, Register)
3.5  Menerapkan elektro dasar (kelistrikan, komponen elektro dan bagan rangkaian elektronika) 4.5  Mempraktikkan fungsi kelistrikan dan komponen elektronika)
3.6  menerapkan dasar dasar mikrokontroler 4.6  manipulasi dasar-dasar mikrokontroler (port IO, clock, arsitektur RISK, general purpose RISK, stack pointer, SRAM, EEPROM, SREG)
3.7  Menganalisis blok diagram dari sistem mikro komputer (arsitektur komputer) 4.7  Menyajikan gambar minimal sistem mikro komputer menurut blok diagram dan sistem rangkaian (arsitektur computer)
3.8  Mengevaluasi PerangkatEksternal/Peripheral 4.8  Merangkai perangkat eksternal dengan consule unit
3.9  Menganalisis memori menurut karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas, kecepatan, cara akses, tipe fisik) 4.9  Membuat alternatif kebutuhan untuk memodifikasi beberapa memori dalam sistem computer
3.10 Menganalisa Struktur CPUdan fungsi CPU 4.10 Menyajikan Rangkaian internalCPU

Mata Pelajaran : Komputer dan Jaringan Dasar
Jam Pelajaran : 180 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan K3LH diadaptasi dengan lingkungan kerja 4.1    Melaksanakan K3LHdilingkungan kerja
3.2   Menerapkan perakitan komputer 4.2    Merakit komputer
3.3   Menerapkan pengujian perakitan komputer 4.3    Menguji kinerja komputer
3.4   Menerapkan konfigurasi BIOSpada komputer 4.4    Melakukan seting BIOS
3.5   Menerapkan instalasi sistem operasi 4.5    Menginstalasi sistem operasi
3.6   Menerapkan instalasi driverperangkat keras komputer 4.6    Menginstalasi driverperangkat keras komputer
3.7   Menerapkan instalasi software aplikasi 4.7    Menginstalasi software aplikasi
3.8   Menerapkan perawatan perangkat keras komputer 4.8    Melakukan perawatan perangkat keras komputer
3.9   Menganalisis permasalahan pada perangkat keras 4.9    Melakukan perbaikan pada perangkat keras
3.10 Menganalisis permasalahan pada instalasi software aplikasi 4.10  Mengelola perbaikan pada instalasi software aplikasi
3.11 Menerapkan instalasi jaringan komputer 4.11  Menginstalasi jaringan komputer
3.12 Menerapkan pengalamanatanIP pada jaringan komputer 4.12  Mengkonfigurasi pengalamatan IP pada jaringan komputer
3.13 Menerapkan sumber daya menyebarkan pakai pada jaringan komputer 4.13  Menginstalasi sumber daya menyebarkan pakai pada jaringan komputer
3.14 Menerapkan instalasi koneksi internet pada workstation 4.14  Menginstalasi koneksi internet pada workstation
3.15 Mengevaluasi desain jaringan lokal (LAN) 4.15  Mendesain jaringan lokal(LAN)
3.16 Menerapkan instalasi jaringan lokal (LAN) 4.16  Menginstalasi jaringan lokal(LAN)
3.17 Menerapkan perawatan jaringan lokal (LAN) 4.17  Melakukan perawatan jaringan lokal (LAN)

Mata Pelajaran : Pemrograman Dasar
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan alur logika pemrograman komputer 4.1   Membuat alur logika pemrograman komputer
3.2   Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman 4.2   Melakukan Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman
3.3   Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer 4.3   Menulis aba-aba pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman
3.4   Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi 4.4   Membuat aba-aba aktivitas dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
3.5   Menerapkan operasi aritmatika dan logika 4.5   Membuat aba-aba aktivitas dengan operasi aritmatika dan logika
3.6   Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman 4.6   Membuat aba-aba aktivitas struktur kontrol percabangan
3.7   Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman 4.7   Membuat aba-aba aktivitas struktur kontrol perulangan
3.8   Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori 4.8   Membuat aba-aba aktivitas untuk menampilkan kumpulan data array
3.9   Menerapkan penggunaan fungsi 4.9   Membuat aba-aba aktivitas memakai fungsi
3.10 Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi 4.10 Membuat antar muka (UserIntreface) pada aplikasi
3.11 Menerapkan banyak sekali struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface). 4.11 Membuat aba-aba programberbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (UserIntreface).
3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface) 4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
3.13 Mengevaluasi debugingaplikasi pada sederhana 4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana
3.14 Mengevaluasi paket installeraplikasi sederhana 4.14 Memformulasikan paketinstaller aplikasi sederhana

Selengkapnya, Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) SMK/MAK Teknik Komputer dan Jaringan Terbaru Tahun 2019 sanggup di-d0wnl0ad pada tautan berikut:


Download Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) SMK/MAK Teknik Komputer dan Jaringan Terbaru Tahun 2019

BACA JUGA:

Sumber http://www.informasiguru.com