Saturday, March 17, 2018

√ Pengertian Teks Kisah Sejarah, Struktur, Kaidah Dan Jenis-Jenisnya

Teks Cerita Sejarah – Teks dongeng sejarah pada umumnya menjelaskan sebuah insiden yang sudah berlalu ataupun insiden masa lalu. Akan tetapi teks dari dongeng sejarah berupa insiden yang fakta.


Teks dongeng insiden yakni teks yang menyebutkan dan menceritakan wacana fakta dan wacana masa seterusnya yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah. Untuk lebih jelasnya mengenai teks dari dongeng sejarah, berikut ini penjelasannya.





Pengertian Teks Cerita Sejarah


Teks dongeng sejarah merupakan salah satu teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan mengenai fakta maupun insiden masa lalu. Biasanya fakta tersebut akan  menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah tersendiri.




Struktur Teks Cerita Sejarah


 Teks dongeng sejarah pada umumnya menjelaskan sebuah insiden yang sudah berlalu ataupun k √ Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah Dan Jenis-Jenisnya

Teks Cerita Sejarah


Struktur teks merupakan salah satu kerangka contoh yang berfungsi untuk mengembangkan suatu teks menjadi paragraf yang utuh. Pada umumnya struktur teks mempunyai isi yang berorientasi pada dongeng sejarah. Selain itu di dalamnya juga berisikan rangkaian insiden yang diikuti oleh re orientasi.


Struktur teks sendiri dibagi menjadi 4 penggalan yaitu judul, pendahuluan atau orientasi, rekaman peristiwa, penutup. Untuk lebih jelasnya, berikut ini klarifikasi mengenai keempat penggalan dari struktur teks.


1. Judul


Judul merupakan sebuah kata kunci yang mewakili semua dari isi cerita. Di dalam teks inilah judul sendiri bisa berupa nama tempat, dan benda peristiwa. Pada umumnya judul sendiri di awali dengan kata asal mula, asal usul, sejarah dan kata lainnya.


2. Pendahuluan


Pendahuluan atau orientasi merupakan sebuah pembuka ataupun pengantar dari pembicaraan. Dengan begitu pembaca sendiri tidak eksklusif di bawa pada inti dari dongeng yang akan  dibahas. Pada umumnya pendahuluan berisi dengan pengenalan awal insiden sejarah dan bersifat opsional.


3. Rekaman Peristiwa


Rekaman insiden merupakan sebuah penggalan dari teks yang di dalamnya berisikan inti dari teks dongeng sejarah tersebut. Di dalam rekaman insiden sejarah ini di uraikan secara lengkap dan terperinci mulai dari awal hingga selesai secara kronologis.


4. Penutup


Penutup merupakan sebuah teks yang di dalamnya  berisikan dongeng selesai ataupun kesimpulan dari insiden yang diceritakan sebelumnya. biasanya epilog sendiri berupa akhir ataupun konsekuensi  dari sebuah rangkaian insiden sebelumnya.




Kaidah Kebahasaan Teks Cerita


 Teks dongeng sejarah pada umumnya menjelaskan sebuah insiden yang sudah berlalu ataupun k √ Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah Dan Jenis-Jenisnya





style="display:inline-block;width:300px;height:600px"
data-ad-client="ca-pub-5072032675768050"
data-ad-slot="7868733699">




Contoh Teks Editorial


Di dalam kaidah kebahasaan teks dari dongeng sejarah pada umumnya ditandai dengan adanya pronomina, frasa adverbial, verba material dan konjungsi. Untuk lebih jelasnya berikut ini klarifikasi dari kaidah kebahasaan.


1. Pronomina


Pranomina atau sering disebut dengan kata ganti merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menggantikan benda. Selain itu pronomina juga sanggup menamai seseorang ataupun sesuatu secara tidak langsung.


2. Frasa Adverbial


Frasa adverbial merupakan sebuah kata yang mengatakan suatu kejadian, peristiwa, waktu, dan tempat.


3. Verba Material


Verba material merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk mengatakan suatu acara ataupun perbuatan konkret yang dilakukan oleh seorang partisipan. Pada umumnya kata kerja dari verba material mengatakan perbuatan fisik ataupun sebuah peristiwa.


4. Konjungsi Temporal


Konjungsi temporal atau sering disebut kata sambung waktu merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menata urutan-urutan insiden yang diceritakan. Pada umumnya teks dari dongeng sejarah sering memanfaatkan ataupun memakai konjungsi temporal (kata penghubung).




Jenis Isi Teks Cerita Sejarah


Pada umumnya jenis isi teks dari dongeng sejarah dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu dongeng sejarah fiksi dan dongeng sejarah non fiksi. Cerita sejarah fiksi merupakan sebuah dongeng sejarah yang ceritanya tidak nyata.


Pada umumnya jalan dongeng teks dari sejarah fiksi disusun berdasarkan kisah dari dunia nyata. Jenis-jenis dari dongeng sejarah fiksi berupa novel, cerpen dan legenda.


Sedangkan teks dongeng sejarah non fiksi merupakan sebuah dongeng sejarah yang benar-benar real ataupun nyata. Selain itu teks dari dongeng sejarah non fiksi juga harus berdasarkan data-data yang objektif.


Jenis-jenis dari dongeng sejarah non fiksi sendiri berupa biografi, autobiografi, dongeng perjalanan dan dongeng sejarah.




Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah


Adapun gejala dari teks dongeng sejarah yaitu:



  • Disajikan secara rangkaian atau rangkaian moment atau rangkaian kejadian.

  • Bentuk teks dongeng kembali (recount)

  • Struktur teks terdiri dari orientasi, rangkaian peristiwa, reorientasi.

  • Sering gunakan konjungsi temporal.

  • Isinya berwujud fakta.




Struktur Teks Cerita Sejarah


Adapun susunan teks dongeng sejarah yaitu:


a. Orientasi, yaitu anggota yang berisi mengenai pengenalan atau pembuka dari teks dongeng sejarah.


b. Urutan Peristiwa, yaitu anggota yang berisi mengenai rekaman moment sejarah yang terjadi, kebanyakan disampaikan didalam rangkaian kronologis.


c. Reorientasi, yaitu anggota berisi komentar khusus penulis mengenai moment atau mengenai sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak. Terserah undangan penulis teks dongeng sejarah tersebut




Teks Cerita Sejarah Fiksi



  • Novel yakni karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, umumnya di dalam wujud cerita. Penulis novel disebut novelis

  • Cerpen yakni dongeng pendek bersifat prosa naratif fiktif. Cerpen condong padat dan segera terhadap obyek dibandingkan dengan karya fiksi lainnya yang umumnya memadai panjang.

  • Legenda yakni dongeng prosa rakyat yang diakui oleh lebih berasal dari satu orang ialah suatu perihal yang terlampau terjadi.

  • Roman yakni model karya sastra bersifat prosa yang melukiskan perbuatan pelaku berdasarkan moral dan jiwa masing-masing. Roman disebut juga kisah percintaan.


Teks Cerita Sejarah Non Fiksi



  • Biografi yaitu keterangan kehidupan seseorang yang ditulis orang lain.

  • Autobiografi yaitu kisah atau keterangan hidup yang ditulis orang itu sendiri.

  • Cerita Perjalanan yaitu teks yang menceritakan mengenai perjalanan.

  • Catatan Sejarah yaitu teks yang menceritakan fakta atau mengenai masa lantas yang menjadi latar belakang suatu perihal punya nilai sejarah.




Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya


 Teks dongeng sejarah pada umumnya menjelaskan sebuah insiden yang sudah berlalu ataupun k √ Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah Dan Jenis-Jenisnya

Contoh Teks Cerita Sejarah


Berikut ini umpama teks dongeng sejarah beserta strukturnya:


Sejarah Instagram


Orientasi


Instagram ialah sebuah aplikasi membuatkan foto yang terlalu barangkali pengguna mengambil alih foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke bermacam kemudahan jejaring sosial, termasuk punya Instagram sendiri.


Kata “insta” berasal dari kata “instan”, layaknya kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat




Urutan Peristiwa


Perusahaan Burbn, Inc. bangun pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang cuma berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telpon genggam. Pada awalannya Burbn, Inc.


sendiri punya fokus yang terlalu banyak di didalam HTML5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger menegaskan untuk lebih fokus pada satu perihal saja.


Setelah satu ahad mereka coba untuk sebabkan sebuah gagasan yang bagus, pada kelanjutannya mereka sebabkan sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya tetap tersedia sebagian perihal yang belum sempurna.


Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah bisa dipakai iPhone yang isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur.


Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan mengawali kembali dari awal, namun kelanjutannya mereka cuma memfokuskan pada anggota foto, komentar, dan termasuk kekuatan untuk menyukai sebuah foto.


Itulah yang kelanjutannya menjadi Instagram. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram bisa disita alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar didalam wujud tunai dan saham.




Reorientasi


Sekarang banyak anak muda bahkan orang renta yang mempunyai account instagram lantaran makin tenar nya aplikasi ini. Dengan instagram kita bisa melihat kegiatan teman-teman kita melalui foto dan video yang mereka bagikan, sungguh menarik.


Demikianlah klarifikasi artikel yang berjudul mengenai Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap. Semoga bisa bermanfaat.




Sumber https://infoana.com