Dalam menetapkan sasaran pasar (target pasar), perusahaan terlebih dulu harus melaksanakan segmentasi pasar, dengan cara mengelompokkan konsumen (pembeli) ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) yang hampir sama. Penentuan sasaran pasar sangat penting lantaran perusahaan tidak sanggup melayani seluruh konsumen atau pembeli yang ada di pasar. Pembeli yang ada terlalu banyak dengan kebutuhan dan harapan yang bermacam-macam atau bervariasi, sehingga perusahaan harus mengidentifikasi bab pasar mana yang akan dilayaninya sebagai sasaran pasar.
![]() |
Pengertian Target Pasar (Targeting), Lengkap Manfaat dan Contohnya |
Pengertian Target Pasar
Target Pasar adalah sebuah kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan semoga mau membeli produk yang di pasarkannya. Target pasar juga sanggup diartikan sebagai sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat sama yang menciptakan pasar bangkit sendiri. untuk menentukan sasaran pasar, perusahaan harus menilai secara hati hati segmen mana yang akan dimasuki dan berapa ukuran segmen nya.
Banyak pihak yang masih resah dengan istilah segmentasi pasar dan sasaran pasar, lantaran sepintas memang keduanya sama tetapi perbedaan yang fundamental yaitu bahwa segmentasi pasar lebih kepada membagi konsumen yang bermacam-macam (heterogen) ke dalam kelompok-kelompok yang mempunyai karakteristik yang sama. Sementara sasaran pasar yaitu menentukan kelompok konsumen mana yang akan dilayani.
Manfaat Target Pasar
Dengan menerapkan sasaran pasar, perusahaan bisa menyebarkan posisi produk dan seni administrasi marketing mix untuk setiap sasaran pasar yang bersangkutan. Target pasar sangat mempunyai kegunaan terutama dalam:
- Memudahkan dalam menyesuaikan produk dan seni administrasi marketing mix (bauran pemasaran) yang dijalankan dengan sasaran pasar.
- Mengembangkan posisi produk dan seni administrasi marketing mix (bauran pemasaran).
- Dengan melaksanakan identifikasi bab pasar yang bisa dilayani secara efektif, perusahaan sanggup berada dalam posisi yang lebih baik.
- Mengantisipasi adanya persaingan.
- Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
- Membidik peluang pasar yang lebih luas.
Faktor yang Harus Diperhatikan Dalam Menentukan Target Pasar
Dalam menentukan terget pasar terdapat 5 faktor yang wajib diperhatikan sebelum menentukan segmen mana yang akan dituju. Faktor tersebut antara lain yaitu sebagai berikut:
1. Ukuran Segmen
Perkiraan besarnya segmen yang akan dituju yaitu factor penting untuk menetapkan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk ditindak lanjuti. Perusahaan yang besar akan menentukan segemen dengan volume penjualan besar dan cenderung menghindari atau menolak segmen yang kecil. Sebaliknya perusahan kecil menghindari segmen yang besar lantaran mereka memerlukan sumber daya yang lebih banyak lagi.
2. Pertumbuhan Segmen
Faktor pertumbuhan segmen juga merupakan salah satu faktor yang wajib diperhatikan dalam menentukan sasaran pasar. Meskipun ukuran sebuah segmen ketika ini relatif kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berkembang dimasa yang akan tiba kalau ada gejala perkembangan yang positif. Karena intinya segmen kecil yaitu segmen pasar yang potensial. Seperti contohnya dahulu tingkat usia 60 tahun ke atas tidak menjadi fokus pasar bagi perusahaan. Tetapi ketika ini banyak jasa dan produk yang ditawarkan untuk segmen ini (usia 50 tahun keatas).
3. Analisis situasi
Faktor berikutnya yang harus diperhatikan yaitu analisis situasi, Perusahaan terlebih dahulu wajib melaksanakan analisis situasi secara teliti dan cermat. Analisis situasi diantaranya berafiliasi dengan konsumen, para pemasok dan para distributor. Pada umumnya perusahaan melakukuan analisis situasi dengan anlisis SWOT.
4. Sumber daya peruasahaan
Faktor ke 4 yang harus diperhatikan dalam menentukan sasaran pasar yaitu sumber daya perusahaan, Perusahaan menerima sumber daya dari dalam perusahaaan sendiri maupun melalui kerjasama dengan pihak luar. Adapun konsekuensi dari sumber daya yang didapat dari kolaborasi dengan pihak luar yaitu keuntungan dan resiko perusahaan ditanggung bersama. bentuk kolaborasi dengan pihak luar sanggup dilakukan dengan venture atau dengan production sharing.
5. Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Mencapai Segmen
Sebuah segmen harus diadaptasi dengan acara pemasaran perusahaan, kalau segmen yang dipilih ternyata tidak cocok maka sebaiknya tidak perlu untuk dilakukan. Oleh alasannya yaitu itu identifikasi mengenai segmen yang akan dituju wajib dilakukan dengan teliti. Banyak pola segmen yang sempat diperkirakan mempunyai potensi besar namun ternyata tidak menyerupai yang diharapkan, sementara perusahaan sudah mengeluarkan biaya yang besar.
Rencana Target Pasar
Setelah menentukan segmentasi pasar, langkah berikutnya dalam proses pemasaran yaitu penetapan sasaran pasar. Penetapan sasaran pasar yaitu acara menilai serta menentukan satu atau lebih segmen yang akan diambil perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan diambil, maka langka petama yaitu menghitung dan menilai potensi keuntungan dari tiap segmen yang telah ditentukan.
Dalam menentukan sasaran pasar, perusahaan wajib menilai dengan hati-hati aneka macam macam segmen untuk nantinya ditentukan berapa ukuran segmen serta segmen mana yang akan diambil oleh perusahaan. Pemilihan segmen yang terlalu sempit bisa berdampak pada kegagalan dalam mencapai volum penjualan serta keuntungan yang diinginkan. Akan tetapi kalau segmen yang dipilih terlalu luas, akan berdampak pada biaya yang akan melebihi kenaikan penjualan serta laba.
Tujuan penyusunan rencana pencapaian sasaran pasar
1. Pencapaian sasaran pasar yang dituju
Untuk mengetahui berapa jumlah pasar yang akan dipasok, termasuk berapa jalur distribusi, hingga tingkat mana jalur distribusi akan dipasok dan lain lain.
2. Pencapaian kuantitas barang
Untuk mengetahui berapa jumlah produk yang akan di produksi dan akan dipasarkan.
3. Pencapaian kualitas barang
Untuk mengetahui ketentuan kualitas barang yang akan dijual. Misalkan materi dasar yang dipakai asli, adonan atau imitasi. Demikian apakah komponen yang dirakit murni atau campuran
4. Pencapaian geografis
Untuk menentukan tempat atau wilayah pasar, misalkan wilayah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, Negara, maupun luar negeri.
Starategi Target Pasar
Dalam menyusun rencana pencapaian sasaran pasar, perusahaan harus menjalankan seni administrasi yang sempurna dalam rangka menghindari banyak pesaing. Dalam rangka pelaksanaan seni administrasi sasaran pasar, terdapat 3 alternatif seni administrasi sasaran pasar yang sanggup diterapkan perusahaan. Pilihan seni administrasi sasaran pasar perusahaan tersebut, di antaranya adalah:
1. Undifferentiated Marketing
Undifferentiated marketing merupakan suatu perjuangan perusahaan yang dilakukan dengan jalan meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan pada kemasan - kemasan barang dalam rangka memenuhi harapan dan kebutuhan konsumen.
Penggunaan seni administrasi sasaran pasar dengan undifferentiated marketing ini didasarkan pada adanya penghematan ongkos - ongkos, baik dalam bidang pemasaran maupun ongkos-ongkos perusahaan pada umumnya.
2. Differentiated Marketing
Differentiated marketing yaitu suatu perjuangan yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengidentifikasi kelompok - kelompok pembeli tertentu dengan membagi pasar dalam dua kelompok atau lebih.
Untuk hal ini, perusahaan harus menciptakan produk yang berbeda - beda untuk masing - masing segmen pasar yang ada. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan jumlah penjualan barang dan jasa, serta untuk menerima kedudukan yang besar lengan berkuasa di setiap segmen pasarnya.
3. Concentrated Marketing
Concentrated marketing yaitu suatu perjuangan perusahaan yang dilakukan untuk memusatkan pemasaran produk - produknya pada satu atau beberapa kelompok pembeli yang dianggap potensial saja.
Tujuan seni administrasi sasaran pasar concentrated marketing yaitu semoga bisa memusatkan pemasaran pada segmen pasar yang dilayaninya saja. Dengan begitu, perusahaan bisa memperoleh penghematan dalam operasi pemasaran, lantaran adanya spesialisasi dalam hal produk, promosi, harga, dan distribusi.
Contoh Target Pasar
Misalkan kita mempunyai bisnis di bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah pola sasaran pasarnya:
Produk yang Dijual: Pakaian Anak-anak, dijual secara online
Target Lokasi: Kota-kota besar menyerupai Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan kota lain di pulau jawa yang bisa dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 4 hari.
Target Demografi Pelanggan: Perempuan yang telah menikah dan mempunyai anak kecil, dengan usia antara 25 - 35 Tahun. Memiliki penghasilan keluarga di atas 4 Juta per bulan.
Karakteristik Psikologis Pelanggan: Terbiasa memakai komputer, email, internet, dan sosial media. Mengikuti musim fashion anak. Hobi membaca majalah kesehatan anak.
Sekian artikel mengenai Pengertian Target Pasar (Targeting), Lengkap Manfaat dan Contohnya. semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi teman baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan wacana Pengertian Target Pasar, Manfaat Target Pasar, Faktor Menentukan Target Pasar, Rencana Target Pasar, Starategi Target Pasar dan Contoh Target Pasar. Terimakasih atas kunjungannya.
Pengertian Target Pasar (Targeting), Lengkap Manfaat dan Contohnya
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR