Sebagai implementasi wujud kepedulian Pemerintah biar guru selalu berusaha membuatkan diri dan termotivasi untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus akan menyelenggarakan Simposium Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2018. Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 wacana Guru dan Dosen, Bab I Pasal 1, Guru yaitu pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah yang memegang kiprah utama dalam rangka implementasi fungsi dan upaya mencapai tujuan nasional tersebut. Untuk menjalankan kiprah utama guru harus mempunyai kompetensi: pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.
Simposium Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2018 merupakan wahana yang mempunyai kegunaan untuk menuangkan ide, gagasan, best practice, hasil penelitian, dan mencari pemecahan dilema strategis wacana pendidikan dengan melibatkan unsur pakar akademi tinggi, praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, LSM pendidikan, guru tingkat nasional. Simposium ini juga mempresentasikan karya ilmiah guru dalam bentuk presentasi, lembaga ilmiah, dan ekspo hasil karya ilmiah guru pendidikan menengah dan pendidikan khusus. Berdasarkan amanat undang-undang tersebut di atas, maka dalam rangka memperingati hari guru nasional tahun 2018 diselenggarakan aktivitas Simposium Tingkat Nasional.
DAFTAR ISI ................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ......................................... 1
B. Dasar Hukum ............................................ 2
C. Tujuan ....................................................... 3
D. Manfaat ..................................................... 3
E. Dampak ..................................................... 3
BAB II PENGERTIAN, PERSYARATAN, SASARAN, DAN SIFAT PENYELENGGARAAN
A. Pengertian ................................................. 3
B. Persyaratan Peserta ................................... 3
C. Topik Simposium ...................................... 6
D. Deskripsi Masing-Masing Sub Tema ........ 7
E. Sistematika Penulisan ................................ 19
BAB III KEPANITIAAN, PENJURIAN, DAN MEKANISME PENYELENGGARAAN
A. Kepanitiaan ................................................ 22
B. Penilaian dan Penjurian .............................. 23
C. Jadwal Penyelenggaraan ............................. 23
D. Penghargaan ................................................ 23
E.Pembiayaan ................................................... 24
F.Mekanisme Penyelenggaraan ........................ 24
BAB IV PENUTUP........................................... 25
Sumber http://www.mrmung.com
Simposium Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2018 merupakan wahana yang mempunyai kegunaan untuk menuangkan ide, gagasan, best practice, hasil penelitian, dan mencari pemecahan dilema strategis wacana pendidikan dengan melibatkan unsur pakar akademi tinggi, praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, LSM pendidikan, guru tingkat nasional. Simposium ini juga mempresentasikan karya ilmiah guru dalam bentuk presentasi, lembaga ilmiah, dan ekspo hasil karya ilmiah guru pendidikan menengah dan pendidikan khusus. Berdasarkan amanat undang-undang tersebut di atas, maka dalam rangka memperingati hari guru nasional tahun 2018 diselenggarakan aktivitas Simposium Tingkat Nasional.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................... iDAFTAR ISI ................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ......................................... 1
B. Dasar Hukum ............................................ 2
C. Tujuan ....................................................... 3
D. Manfaat ..................................................... 3
E. Dampak ..................................................... 3
BAB II PENGERTIAN, PERSYARATAN, SASARAN, DAN SIFAT PENYELENGGARAAN
A. Pengertian ................................................. 3
B. Persyaratan Peserta ................................... 3
C. Topik Simposium ...................................... 6
D. Deskripsi Masing-Masing Sub Tema ........ 7
E. Sistematika Penulisan ................................ 19
BAB III KEPANITIAAN, PENJURIAN, DAN MEKANISME PENYELENGGARAAN
A. Kepanitiaan ................................................ 22
B. Penilaian dan Penjurian .............................. 23
C. Jadwal Penyelenggaraan ............................. 23
D. Penghargaan ................................................ 23
E.Pembiayaan ................................................... 24
F.Mekanisme Penyelenggaraan ........................ 24
BAB IV PENUTUP........................................... 25
Sumber http://www.mrmung.com