Thursday, May 3, 2018

√ Teknik Membaca Cepat

Teknik Membaca Cepat – Membaca merupakan salah satu acara yang cukup menyenangkan. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan acara membaca ini sebagai hobi ataupun me time di waktu-waktu tertentu. Kegiatan membaca sendiri mempunyai artian yang cukup luas, mengingat subyek dan obyek dalam acara ini bisa mensugesti artian membaca.


Untuk subyek, ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai referensi misalkan anak-anak, remaja, orang dewasa,  orang tua, karyawan, dosen, guru, ilmuwan, dan masih banyak subyek-subyek lain. Sedangkan untuk obyek dari membaca sendiri ada cukup banyak yang bisa dijadikan referensi ibarat buku pelajaran, materi kuliah, data penelitian, novel, komik, koran, majalah dan lain sebagainya.


Apakah anda termasuk salah satu orang yang suka membaca? Jika iya, maka bagaimana style atau gaya membaca yang anda gunakan? Anda suka membaca di daerah sepi, keramaian, dengan bunyi keras, dengan bunyi berbisik atau gaya-gaya lainnya? Faktanya, setiap orang mempunyai style yang berbeda dalam melaksanakan acara yang satu ini dan tidak ada style yang bisa dipaksakan dari satu orang ke orang lainnya. Nah, di luar gaya atau kebiasaan yang anda lakukan ketika membaca, kali ini kita akan mengulas mengenai teknik membaca cepat.


Pengertian Teknik Membaca Cepat


Membaca merupakan salah satu acara yang cukup menyenangkan √ Teknik Membaca Cepat

Sumber: www.onlinefastread.com



Pada dasarnya membaca cepat merupakan bab dari acara membaca. Makara membaca cepat yaitu kemampuan membaca dengan fokus pada tujuan membaca itu sendiri. Sedangkan kemampuan membaca cepat merupakan kemampuan seseorang dalam menentukan isi bacaan yang sesuai atau relevan dengan kebutuhan si pembaca tanpa harus membuang waktu. Selain itu membaca cepat juga bisa diarikan sebagai acara merespon goresan pena dengan pengertian yang sempurna dan cepat.


Pada umumnya, tingkat kecepatan membaca pada setiap orang berbeda dan tidak sama. pada dasarnya kecepatan membaca cepat itu fleksibel alasannya yaitu pada bagian-bagian tertentu ada kalanya anda harus memperlambat proses membaca untuk diadaptasi dengan materi dan tujuan membaca itu sendiri. Lalu apa definisi dari teknik membaca cepat?


Teknik membaca cepat merupakan sebuah taktik atau cara yang bisa dipakai untuk membaca suatu info dengan cepat tanpa meninggalkan esensi dan inti dari acara membaca. Teknik membaca cepat ini akan membantu proses membaca cepat yang anda lakukan berjalan dengan lebih baik.


Petunjuk Membaca Cepat


Pada dasarnya ada beberapa jenis teknik membaca cepat yang bisa anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan membahas perihal teknik membaca cepat ini di ulasan selanjutnya. Namun sebelum itu, anda bisa memperhatikan beberapa petunjuk membaca cepat berikut ini:




  1. Konsentrasi




Petunjuk pertama yaitu konsentrasi. Pastikan anda bisa berkonsentrasi penuh untuk membaca. Ini penting dilakukan alasannya yaitu gangguan yang muncul bisa saja merusak program membaca cepat anda lho.




  1. Jangan Banyak Bergerak




Pada dasarnya, membaca yang baik dilakukan dengan duduk dan diam. Meski begitu banyak juga orang yang suka atau terbiasa membaca sambil bangun atau berjalan. Untuk bisa sukses membaca cepat, maka anda sebaiknya mengusahakan untuk membisu secara fisik.




  1. Perhatikan Gerakan Bola Mata




Untuk bisa membaca cepat, anda harus memperhatikan pergerakan bola mata. Setidaknya anda harus menggerakkan bola mata 3-4 kali untuk setiap baris bacaan.




  1. Minimalkan Pengulangan Gerak Mata




Dalam membaca cepat, anda seharusnya bisa meminimalkan pengulangan gerak mata. Usahakan untuk tidak mengulangi pergerakan atau dengan kata lain hindari untuk mengulang barisan yang sudah dibaca.




  1. Penekanan Pada Kata Kunci




Untuk bisa membaca cepat, anda tidak harus membaca keseluruhan bacaan. Lebih dari itu, anda harus bisa menemukan kata kunci dan menekankan pemahaman aspek satuan dari pikiran, pandangan gres ataupun kata kunci saja. Hindari untuk fokus pada unsur-unsur penunjang dan fokus pada gagasan pokok saja.




  1. Atur Kecepatan Membaca




Dalam membaca cepat, anda bisa mengatur kecepatan membaca secara bervariasi. Anda bisa menyesuaikan kecepatan membaca ini dengan tujuan, keperluan dan materi bacaan itu sendiri.


Teknik Membaca Cepat


Membaca merupakan salah satu acara yang cukup menyenangkan √ Teknik Membaca Cepat

Sumber: www.eileenpease.com


Setelah membahas mengenai definisi hingga petunjuk dalam membaca cepat, maka sekarang saatnya anda mengetahui perihal teknik yang akan dipakai dalam membaca cepat. Pada umumnya membaca dengan kecepatan tinggi yang bisa dicapai oleh seseorang berkisar antara 250-300 kata per menit dengan asumsi tingkat pemahaman isi bacaan sekitar 60%-75%.


Nah, anda yang mungkin berniat untuk mulai mencar ilmu membaca cepat atau anda ingin meningkatkan kemampuan membaca cepat anda. Berikut ini ada beberapa teknik membaca cepat yang bisa anda gunakan:




  1. Teknik Membaca Cepat – Scanning




Teknik membaca cepat yang satu ini juga dikenal dengan nama atau istilah lain yaitu membaca memiindai. Sebagai info saja, teknik scanning ini cukup terkenal dipakai oleh orang yang membaca cepat. Hal ini alasannya yaitu teknik ini bisa dipakai untuk mencari info dengan lebih cepat. Saat membaca cepat, sebelum masuk ke bacaan niscaya anda sudah tahu perihal kata kuncinya kan? Nah, ini akan membantu anda untuktetap fokus dalam mencari jawaban.


Teknik yang satu ini akan menciptakan anda menggerakkan mata dengan cukup cepat di setiap lembar halaman bacaan. Ketika melaksanakan teknik ini, pastikan anda melihat atau memperhatikan tata tulis dalam bacaan ibarat penomoran, langkah-langkah, kata yang dicetak miring atau tebal, ukuran abjad dan lain sebagainya. Ini perlu kau lakukan alasannya yaitu faktanya banyak penulis yang meletakkan pandangan gres pokoknya dengan cara tadi.


Nah, untuk anda yang membaca cepat memakai buku standar, maka akan lebih baik bila anda memakai indeks untuk menemukan kata kunci.




  1. Teknik Membaca Cepat – Skimming




Teknik yang satu ini merupakan teknik membaca cepat untuk mengidentifikasi pandangan gres pokok atau gagasan sebuah bacaan. Atau dengan kata lain teknik membaca cepat skimming ini merupakan teknik untuk membaca sekilas untuk menentukan pandangan gres pokok bacaan dan mengambil intisari dari satu bacaan. Dalam mengaplikasikan atau memakai teknik ini, anda tidak harus membaca keseluruhan bacaan ibarat ketika membaca dengan norml. Kecepatan membaca memakai teknik ini biasanya bisa 3-4 kali lebih cepat dari cara membaca normal lho.


Biasanya teknik membaca cepat skimming ini dipakai oleh orang yang mempunyai begitu banyak daftar bacaan yang harus dibaca atau diselesaikan dalam waktu singkat. Lalu bagaimana cara melaksanakan teknik membaca cepat skimming?


Pertama, anda harus melihat apakah bacaan tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Ini bisa dilakukan degan melaksanakan previewing atau membaca cepat judul, sub judul, kalimat pertama dan kalimat terakhir. Previewing ini bertujuan untuk melihat adanya pandangan gres pokok atau gagasan yang biasanya ditempatkan di posisi atau area tadi. Selain di beberapa area tadi, anda juga harus tahu bahwa pandangan gres pokok atau gagasan suatu bacaan biasanya juga disajikan dalam fakta yang diberikan di tabel, grafik ataupun bagan. Makara pastikan anda juga melihat bagian-bagian ini.


Sebelumnya, anda perlu tahu juga bahwa teknik membaca skimming ini dilakukan bukan untuk mendapat pemahaman secara menyeluruh ya. Sebaliknya, teknik membaca skimming ini dipakai untuk mencari info khusus.


Manfaat Membaca


Seperti yang kita ketahui bahwa  membaca merupakan salah satu acara yang mempunyai banyak manfaat. Sama halnya dengan sebuah pisau yang perlu diasah semoga tetap tajam di setiap sisinya, maka otak juga mempunyai kebutuhan yang sama. Semakin sering anda mengasah otak, maka semaki tajam juga daya pikir anda. Nah, yang menjadi pertanyaan yaitu apa atau bagaimana cara mengasah otak? Alat apa yang bisa dipakai untuk mengasah otak?


Perlu anda ketahui bahwa salah satu cara terbaik untuk mengasah otak yaitu dengan membaca. Bacalah buku sebanyak mungkin untuk menciptakan daya pikir otak lebih kuat. Anda harus tahu, acara membaca buku menjadi salah satu acara yang menyenangkan bagi otak lho. Selain itu membaca juga bisa membantu anda untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan memperkaya perbendaharaan kosa kata anda.


Selain itu, dengan membaca maka  anda akan mendapat banyak info yang mungkin belum pernah anda ketahui. Karena itulah, semakin banyak buku yang anda baca maka semakin banyak pula info yang anda peroleh. Informasi-informasi yang anda peroleh dari buku ini pada hasilnya akan membantu anda dalam memahami sesuatu. Nah, selain itu membaca juga mempunyai manfaat lain ibarat menjauhkan resiko penyakit Alzheimer, meniingkatkan konsentrasi, sarana refleksi dan pengembangan diri, mendukung kemampuan berbicara di depan publik, hingga mengasah kemampuan menulis lho.


Apa yang Harus Dihindari Saat Membaca Cepat?


Untuk bisa menguasai kemampuan membaca cepat, ada beberapa hal yang harus anda patuhi. Salah satunya yaitu menghindari kesalahan atau kebiasaan yang bisa menciptakan acara ini terganggu. Pada dasarnya ada beberapa hal yang harus anda hindari ketika melaksanakan hal ini (membaca cepat). Beberapa larangan tersebut akan diuraikan di daftar berikut ini:



  1. Membaca dengan bunyi sebaiknya anda hindari ketika melaksanakan membaca cepat ini semoga anda bisa lebih berkonsentrasi.

  2. Menggerakkan bibir juga harus anda hindari. Beberapa orang mempunyai kebiasaan untuk membaca pelan atau dalam hati tapi tetap menggerakkan bibir.

  3. Menunjuk kata demi kata ketika membaca cepat juga tidak diperbolehkan. Hal ini alasannya yaitu jari tangan yang menunjuk bisa menciptakan anda terganggu dan lupa dengan apa yang dilakukan.

  4. Menggerakkan kepala mengikuti alur bacaan juga sebaiknya dihindari. Tanpa anda sadari gerakan ini akan menciptakan anda resah pada satu waktu.

  5. Regresi atau kebiasaan melihat atau membaca berulang bukanlah hal yang baik. Jika anda melaksanakan ini berarti anda kehilangan konsentrasi.

  6. Membaca dalam hati dengan melafalkan melalui pikiran atau batin juga sebaiknya dihindari.


Keenam hal di atas memang harus anda hindari sebaik mungkin bila anda ingin bisa menguasai atau mempunyai kemampuan untuk membaca cepat dengan baik. Tapi tentu anda harus ingat bahwa untuk bisa mempunyai dan menguasai kemampuan ini, anda harus rajin berlatih secara rutin. Kemampuan membaca cepat ini secara tidak eksklusif akan meningkatkan kemampuan anda dalam memahami sesuatu lho.


Manfaat Membaca Cepat


Lalu apakah membaca cepat juga mempunyai manfaat yang sama? Meskipun keduanya sama-sama merupakan acara membaca dan mencari informasi, namun membaca dan membaca cepat tidak lah sama. Untuk itulah, manfaat membaca cepat pun sedikit berbeda dengan manfaat membaca cepat yang sudah kita bahas di atas. Untuk mengetahui perbedaannya, berikut ini yaitu beberapa manfaat membaca cepat yang perlu anda ketahui:




  1. Memilah Penting Tidaknya Sebuah Informasi




Saat ini bisa dibilang sebagai salah satu moment di mana info bisa dengan gampang didapat dan dibagikan. Ada banyak hal yang menciptakan info bersifat mobile  di masayarakat. Mulai dari banyaknya sumber, kecanggihan teknologi, tersedianya media pengantar hingga tingkat keingintahuan orang yang cukup besar.


Fenomena yang biasa disebut ledakan info ini bergotong-royong mempunyai dua efek utama yaitu negatif dan positif. Sisi positifnya, sekarang anda tidak perlu kesulitan mencari atau mendapat informasi. Tanpa harus keluar rumah saja, anda sudah bisa mendapat aneka macam info yang anda butuhkan.


Kemudian, untuk sisi negatifnya terang alasannya yaitu terlalu banyaknya sumber dan terlalu mudahnya info menyebar, maka anda bisa saja mendapat info yang salah atau hoax. Ketidak validan sebuah info dihentikan dianggap sepele alasannya yaitu bisa menjadikan pro kontra atau bahkan perselisihan.


Di sinilah acara membaca cepat mempunyai peranan. Kemampuan anda dalam membaca cepat akan bermanfaat ketika anda harus tetapkan apakah sebuah goresan pena merupakan info penting dan relevan untuk anda dalam waktu singkat. Anda juga tidak perlu membaca buku atau info itu dari awal hingga simpulan untuk bisa tahu level kepentingan mereka.




  1. Bisa Menguasai Informasi Dengan Cepat




Membaca cepat akan membantu anda lebih cepat menguasai informasi. Sebagai referensi bila seseorang membaca buku setebal 100 halaman dalam waktu 2-3 hari, maka dengan memakai teknik membaca cepat anda bisa menuntaskan proses membaca ini dalam waktu 1 hari saja (ini hanya estimasi saja, tergantung teknik membaca cepat yang digunakan).


Bahkan bagi orang yang sudah terbiasa dengan acara membaca cepat, maka buku setebal 100 halaman tadi bisa diselesaikan hanya dalam hitungan jam saja lho. Benar-benar bisa membantu menghemat waktu tanpa mengurangi esensi dari acara membaca itu sendiri.




  1. Meningkatkan Level Pemahaman




Dengan membaca cepat, maka anda bisa memahami suatu info dengan lebih cepat dan lebih baik lagi. Hal ini bisa terjadi alasannya yaitu acara membaca cepat menciptakan anda lebih fokus pada pokok bacaan dan anda juga bisa melihat dengan lebih jernih kaitan antara paragraph satu dengan paragraph lain yang disampaikan dalam bacaan. Jika anda kurang yakin dengan manfaat membaca cepat di poin ketiga ini, maka anda bisa mencoba mempraktekkannya terlebih dahulu. Cobalah membaca sebuah info dengan teknik membaca biasa dan teknik membaca cepat. Rasakan perbedaan keduanya dalam hal pemahaman, peresapan hingga kesimpulan yang bisa anda ambil dari bacaan tersebut.




  1. Bisa Dengan Praktis Mendapat Inti Dari Informasi




Manfaat keempat dari acara membaca cepat yaitu menciptakan anda bisa bisa mendapat info inti dengan lebih mudah. Hal ini bisa terjadi alasannya yaitu anda tidak harus membaca dari kalimat pertama hingga kalimat terakhir untuk bisa memperoleh informasi. Lebih dari itu, anda bisa memakai salah satu teknik membaca cepat untuk bisa mendapat inti dari info dengan mudah. Kegiatan membaca cepat akan menciptakan anda bisa tahu lebih cepat pokok duduk perkara atau inti dari suatu bacaan.


Semoga info mengenai teknik membaca cepat di atas bermanfaat untuk anda semua ya..


Ayo rajin dan budayakan membaca semenjak dini semoga generasi muda semakin aware terhadap ilmu pengetahuan dan lingkungan sekitarnya. Jangan biarkan generasi muda terlalu terpaku dengan gadget dan benda-benda elektronik lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya..



Sumber https://carajadikaya.com