Wednesday, June 6, 2018

√ Teladan Teks Diskusi Wacana Kenakalan Cukup Umur Dalam Bahasa Indonesia

Beberapa waktu yang lalu, kita telah mengulas secara singkat ihwal beberapa pola teks diskusi dalam bahasa Indonesia menyerupai contoh teks diskusi ihwal teknologi, contoh teks diskusi ihwal pendidikan, contoh teks diskusi ihwal kesehatan, pola teks diskusi ihwal lingkungan, dan contoh teks diskusi ihwal narkoba. Berikut disajikan pola teks diskusi ihwal kenakalan remaja.


Pro Kontra Siswa Hamil Ikut UN*


s3k bebas di kalangan cukup umur apalagi sampai menciptakan pelakunya hamil merupakan salah satu bentuk kenakalan cukup umur yang masih terjadi sampai kini. Beberapa tahun yang kemudian dikabarkan bahwa ada siswa di salah satu Sekolah Menengan Atas yang dikeluarkan dari sekolah sampai tidak sanggup mengikuti UN alasannya hamil. Hal ini menjadikan pro dan kontra di kalangan masyarakat luas.


Mereka yang setuju bahwa siswa hamil sebaiknya dibolehkan untuk mengikuti UN beralasan bahwa hal tersebut merupakan dan hak individu yang dijamin oleh Konstitusi dan UU. Sebagaimana diketahui, dalam Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Sementara itu, UU Nomor 32 Tahun 2002 ihwal Perlindungan Anak mengatur bahwa anak di bawah usia 18 tahun berhak mendapat pendidikan formal. Sementara itu, mereka yang melarang siswa hamil mengikuti UN beralasan bahwa yang bersangkutan telah melanggar peraturan sekolah yang telah disepakati bersama. Karenanya, siswa yang hamil harus dikembalikan ke orang renta masing-masing atau dikeluarkan dari sekolah.


Untuk mengakhiri pro kontra terkait hal ini, beberapa pihak menyatakan bahwa ada baiknya pemerintah segera mengeluarkan suatu hukum yang terang dan tegas namun dengan tetap memperhatikan hak masing-masing individu yang terjerat dalam perkara yang sama. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari kontroversi yang mungkin terjadi apabila perkara yang sama kembali muncul ke permukaan.


Demikianlah ulasan singkat ihwal pola teks diskusi ihwal kenakalan remaja. Artikel lain yang sanggup dibaca dan berkaitan dengan teks dan pola teks dalam bahasa Indonesia di antaranya ialah contoh teks laporan observasi ihwal tumbuhan, contoh teks laporan observasi ihwal hewan, contoh teks eksplanasi singkat, contoh teks laporan singkat, dan contoh teks laporan hasil observasi ihwal alam. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


*Diolah dari banyak sekali sumber.



Sumber https://dosenbahasa.com