Internal Link ialah link yang berada pada konten/artikel blog yang mengarah ke artikel lainnya masih dalam satu blog (internal). Internal link dapat dikatakan juga dengan SEO Onpage, alasannya membawa si pembaca blog ke artikel yang masih ada eratannya dengan yang ia baca.
Berikut ialah pola internal link |
Berikut ini beberapa imbas terhadap trafik blog pentingnya internal link
1. Membuat pageviews blog meningkat
Jika satu pengunjung yang membaca sebuah artikel dan tertarik untuk mengklik internal link yang tertera maka secara otomatis pun pageview akan meningkat, Misalnya 1 pengunjung tertarik melihat artikel lainnya artinya ia meliat 2 artikel dalam satu blog, dan bayangkan jikalau itu dilakukan oleh 100 pengunjung maka besar kemungkinan akan menigkat setidaknya 50%.
2. Persentase Bounce Akan Menurun
Persentase bounce (pantulan) yang menurun atau dibawah angka 40% dikatakan baik, hal ini dapat terjadi alasannya pengunjung yang melihat artikel berada dalam blog dalam jangka waktu yang tidak mengecewakan usang katakanlah sekitar 2 menit, bounce yang jelek dapat diasumsikan mempunyai persentase di atas 50%.
Baca Juga : Apa itu Bounce? Lebih lengkap disini
3. Time On site Meningkat
Dengan membaiknya bounce maka secara otomatis waktu kunjungan pun akan meningkat, mingktanya time on site dapat menjadi peluang iklan yang tampilpun akan sering terlihat oleh pengunjung, maka dapat dikatakan penghasilan pun akan meningkat pula.
Kesimpulan : Internal link sangat mempengaruh terhadap eksistensi blog terutama pada trafik blog, maka disarankan menciptakan internal link yang bekerjasama dengan artikel yang dibentuk dan setidaknya menciptakan minimal satu internal link.