Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Ekonomi Kurikulum 2013-Peminatan-IPS
Banyak cara untuk mempersiapkan diri menghadapi banyak sekali macam ujian/ ulangan, salah satunya yaitu dengan berguru memakai teknik berlatih mengerjakan contoh soal dan mencari tahu kunci jawabnya sehingga proses berguru akan terasa menyenangkan sekaligus efektif dalam me-refresh materi yang pelajaran yang telah dipelajari selama semester terakhir.
Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Ekonomi Kurikulum 2013-Peminatan (IPS) Tahun 2019 ini dihadirkan untuk menunjang proses berguru penerima didik dalam persiapannya menjalani ulangan/penilaian tamat semester II/ ulangan kenaikan kelas. Contoh soal ini diambil dari naskah UAS/PAS/UKK yang telah diujikan pada tahun pelajaran terakhir.
Dengan memakai contoh soal ini dibutuhkan penerima didik sanggup memaksimalkannya untuk berguru dan semoga meningkatkan hasil belajar. Jumlah soal UAS/UKK/PAS semester 2 mapel Ekonomi-Peminatan IPS K13 Tahun 2019 ini berjumlah total 40 dengan rincian; 35 soal merupakan pilihan ganda dan 5 soal yaitu essai.
Tautan Download
Sebelum mengunduh, hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa soal tidak sanggup disunting atau diedit. Dengan demikian, cara penggunaan dokumen atau berkas yang paling baik yaitu dengan cara dicetak atau diprint.
Berikut yaitu tautan Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Ekonomi Kurikulum 2013-Peminatan (IPS) Tahun 2019:
Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Ekonomi Kurikulum 2013-Peminatan (IPS)
Baca Juga
- Soal Siap UKK Kelas X/ 10 Sekolah Menengan Atas Bahasa Inggris K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas X/ 10 SMA/MA Biologi MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas X/ 10 SMA/MA-SMK/MAK PPKn K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Sejarah Indonesia K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK PJOK K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK PAI Budi Pekerti K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Mapel Seni Budaya K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Bahasa dan Sastra Inggris K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Fisika K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Geografi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK Bahasa Jawa-Wajib-K13 Tahun 2019 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Matematika-Wajib K13 Tahun 2019 Tahun 2019
Berikut yaitu kutipan sebagian dari contoh soal tersebut:
Mata Pelajaran:Ekonomi
Satuan Pendidikan:SMA/MA
Kelas:X/10-IPS
Hari/ Tanggal:Rabu, 31 Mei 2017
Dimulai Pukul:07.30 WIB
Diakhiri Pukul:09.30 WIB
I. Pilihlah tanggapan yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada abjad a, b, c, d atau e pada lembar tanggapan yang tersedia!
1. Misi bank Indonesia sebagai forum negara yang independen dalam pelaksanaan kiprah dan wewenang bebas dari campur tangan pemerintah adalah....
a. Mengawasi dan mengatur bank di Indonesia
b. Mengatur sistem pembayaran
c. Mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah
d. Menyatakan kliring antar bank
e. Mengatur kebijakan sistem perbankkan
2. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Lembaga yang tidak mencari keuntungan
2) Lembaga yang mencari keuntungan
3) Bertindak sebagai pengawas dan pembina bank
4) Lembaga yang menerbitkan uang kartal
5) Lembaga yang menerbitkan uang giral
Ciri-ciri bank sentral ditunjukkan oleh nomor....
a.1), 2) dan 4)
b.1), 3) dan 4)
c.1), 3) dan 5)
d.2), 3) dan 4)
e.3), 4) dan 5)
6. Surya mempunyai uang sebesar Rp 10.000,- Uang tersebut sanggup dibelikan empat bungkus roti. Dengan demikian, nilai riil lembaran uang tersebut sebanyak empat bungkus roti. Arti nilai riil uang yaitu ....
a. Nilai uang yang tetap dan tahan lama
b. Niai tukar terhadap mata uang gila
c. Nilai yang tercantum pada uang
d. Nilai materi pembuatan uang
e. Nilai uang untuk dltukar dengan barang
7. Perhatikan fungsi uang berikut!
1) Alat penunjuk harga
2) Alat pembayaran yang sah
3) Alat tukar umurn
4) Alat satuan hitung
5) Alat penimbun kekayaan
Fungsi turunan uang ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1 ), 2) dan 3)
b. 1 ), 2) dan 5)
c. 2), 3} dan 4)
d. 2), 4) dan 6)
e. 3), 4) dan 5)
9. Di periode modern menyerupai kini ini dibutuhkan alat pembayaran yang cepat, aman, efektif dan efisien. Ada 2 jenis alat pembayaran tunai dan non tunai. Untuk alat pembayaran non tunai ada yang berbasis kertas dan kartu. Contoh alat pembayaran berbasis kertas ....
a. Wesel
b. Kartu kredit
c. Kartu ATM
d. Kartu debit
e. E-Money
12. Aktivitas bank yang berafiliasi dengan fungsi bank untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah
a. Bank menunjukkan kredit dan investasi
b. Bank melaksanakan transaksi pembayaran transaksi internasional
c. Bank menunjukkan laba bunga pada nasabah
d. Bank mengurangi inflasi alasannya yaitu menghimpun dana dari masyarakat
e. Bank meningkatkan tabungan masyarakat
13. Yang bukan merupakan wewenang dan otoritas jasa keuangan (OJK) yaitu ...
a. Menetapkan kebijakan operasional pengawasan terhadap aktivitas jasa keuangan
b. Mengawasi pelaksanaah kiprah pengawasan yang dilaksanakan oleh kepala eksekutif
c. Melakukan tetapi tidak menetapkan penunjukan pengelola status
d. Memberikan perintah tertulis pada forum jasa keuanqan
e. Melakukan pengawasan, pemeriksaan, investigasi, pertolongan konsumen dan tindakan lain pada forum keuangan
17. Pak Toni menyimpan akta tanah dan emas di safe deposit box (BSD), milik bank swasta. Pak Toni menyimpan barang di BSD alasannya yaitu ...
a. Nilai jual barang berharga sanggup meningkat
b. Keamanan barang berharga yang disimpan di bank terjamin
c. Mendapatkan fasilitas dalam bertransaksi di bank
d. Kepemilikan barang berharga tersebut sanggup dipindahtanqankan
e. Memperoleh bunga dari hasil jaminan barang berharga tersebut
22. Tujuan pemerintah mendirikan BUMN untuk ....
a. Memperoleh laba sebesar-besarnya atas operasional BUMN
b. Meningkatkan modal melalui penjualan saham kepada publik
c. Menyediakan barang dan jasa bagi pemenuhan kebutuhan publik
d. Memonopoli sumber daya ekonomi semoga tidak dikelola pihak swasta
e. Menquasai dan mengatur perekonomian melalui pengelolaan tubuh usaha
24. Tidak semua tubuh perjuangan di Indonesia berbentuk BUMN. Artinya pemerintah masih memberi peluang bagi Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) untuk berkembanq dan menjadi salah satu penggagas perekonomian nasional. Tindakan tersebut dilakukan pemerintah alasannya yaitu ...
a. Semakin banyak BUMS berkembang semakin banyak insentif diterima pemerintah
b. Menumbuhkan daya kreasi dan partisipasi masyarakat untuk mencapai kemakmuran
c. Pemerintah takut akan melaksanakan monopoli yang menyebabkan kenaikan harga
d. Desakan dari pihak swasta untuk memudahkan perizinan pendirian tubuh usaha
e. Keberadaan BUMS tidak akan mengganggu eksistensi perjuangan BUMN
30. Nina seorang siswa kelas X Sekolah Menengan Atas Bangsa yang sekaligus sebagai anggota koperasi sekolah. Pada pertengahan tahun, ia pindah sekolah mengikuti orang tuanya yang pindah kiprah ke tempat lain. Berkaitan dengan kasus tersebut, keanggotaan Nina di koperasi sekolah yaitu ...
a. Dapat digantikan siswa gres
b. Dapat dipindahtangankan kepada temannya
c. Berakhir dan tidak sanggup dipindahtangankan
d. Terus dilanjutkan temannya sampai tamat sekolah
e. Dapat digantikan siswa sekelas dengan persetujuan pengurus
31. Pak Nanang diminta perusahaan untuk memberi training kerja kepada karyawannya semoga sanggup bekerja secara efektif dan efiisien. Tugas yang di!akukan Pak Nanang sebaqai manajer SDM , ini termasuk dalam unsur manajemen, yaitu ...
a. Money
b. Material
c. Machine
d. Method
e. Man
II. Kerjakan soal-soal berikut!
36. Jelaskan baqaimana kebijakan Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas moneter!
37. Identifikasi tiga perbedaan kartu debit dan kartu kredit!
38. Tujuan BUMN yaitu menghasilkan barang dan jasa untuk melayani kepentingan umum, tetapi juga harus memperoleh keuntungan. Bagaimana cara BUMN menjalankan usahanya dalam rangka mencapai kedua tujuan tersebut!
40. Mengapa fungsi administrasi perlu diterapkan dalam aktivitas di sekolah menyerupai OSIS?
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat isi file yang lengkap dan utuh.
Demikian goresan pena tentang