Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-Peminatan-MIPA
Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-MIPA/Peminatan Tahun 2019 ini disajikan dengan tujuan membantu akseptor didik yang sebentar lagi hendak menjalani ulangan/penilaian selesai semester/ ulangan kenaikan kelas pada semester genap ini. Dengan hadirnya contoh soal ini diperlukan memberi imbas positif berupa daya ungkit hasil mencar ilmu pada siswa khususnya kelas 10.
Karena PAS/UAS/UKK semester II/2 merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi naik dan tidaknya akseptor didik ke jenjang selanjutnya, maka sudah semestinya ia dipersiapkan secara sungguh-sungguh dan serius. Belajar merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi mengingat ia merupakan kewajiban setiap akseptor didik. Seperti pepatah berbahasa Inggris yang berbunyi: No pain No Game yang berarti bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Dengan mencar ilmu secara baik dan tersistem maka hasil akan mengikuti dengan sendirinya.
Seperti mapel yang terkelompok dalam peminatan MIPA lainnya semacam Biologi, Fisika, dan Matematika Peminatan, mapel Kimia juga masih sering dianggap sebagai momok yang relatif mengerikan bagi akseptor didik. Tetapi mindset tersebut harus segera dirubah dengan keyakinan bahwa semua mapel yakni menyenangkan dan bisa dipelajari.
Jumlah soal UAS/UKK/PAS semester 2 mapel Kimia-MIPA (Peminatan) K13 ini berjumlah total 45 dengan rincian; 40 soal merupakan pilihan ganda dan 5 soal yakni essai. Sebelum mengunduh, hal yang harus diperhatikan yakni bahwa soal tidak sanggup disunting atau diedit. Dengan demikian, cara penggunaan dokumen atau berkas yang paling baik yakni dengan cara dicetak atau diprint.
Berikut yakni tautan Download Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Kimia -Peminatan-MIPA Kurikulum 2013 Tahun 2019 tersebut:
Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-MIPA-Peminatan
Baca Juga
- Soal Siap UKK Kelas X/ 10 Sekolah Menengan Atas Bahasa Inggris K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas X/ 10 SMA/MA Biologi MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas X/ 10 SMA/MA-SMK/MAK PPKn K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Sejarah Indonesia K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK PJOK K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK PAI Budi Pekerti K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Mapel Seni Budaya K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Bahasa dan Sastra Inggris K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Fisika K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Ekonomi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Geografi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK Bahasa Jawa-Wajib-K13 Tahun 2019 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Matematika-Wajib K13 Tahun 2019 Tahun 2019
Berikut yakni kutipan sebagian dari contoh soal tersebut:
I. Pilihlah balasan yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada abjad a, b, c, d atau e pada lembar balasan yang tersedia!
1. Suatu larutan sanggup menghantarkan arus listrik apabila mengandung ....
A. elektron yang bergerak bebas
B. air yang sanggup menghantarkan listrik
C. air yang terionisasi
D. logam yang merupakan penghantar listrik
E. ion-ion yang bergerak bebas
3. Pasangan senyawa berikut ini yang merupakan larutan elektolit berpengaruh dan lemah yakni ....
A. H2SO 4 dan NaOH
B. HCI dan NaCl
C. NH3 dan KOH
D. NH3 dan KOH
E. H2S04 dan CH3COOH
6. Di antara data-data berikut, manakah yang merupakan pengertian yang benar dari reaksi oksidasi?
Oksigen Elektron Bilangan oksidasi
A. bertambah bertambah bertambah
B. bertambah berkurang bertambah
c. bertarnbah berkurang berkurana
D. berkurang bertambah bertambah
E. berkuranq bertambah berkuranq
15. Kerja lumpur aktif memakai proteksi ....
A. kuman anaerob
B. kuman aerob
C. enzim
D. Algae
E. Sinar matahari
16. Nama yang sempurna untuk senyawa CaCl2 yakni ....
A. Kalium klorida
B. Kalsium iodida
C. Kalsium klori.
D. Kalium bromida
E. Kalsium bromida
17. Menurut IUPAC, senyawa dengan rumus kimia N203 mempunyai nama ....
A. Dinitrogen oksida
B. Nitrogen (II) oksida
C. Nitrogen trioksida
D. Nitrogen oksida (III)
E. Dinitrogen trioksida
24. Ilmuwan yang menyatakan aturan kekekalan massa yakni ...
A. Lavoisier
B. Avogadro
C. Gay Lussac
D. Dalton
E. Proust
30. Apabila diukur pada suhu dan tekanan sama, gas-gas yang volumenya sama mengandungjumlah molekul yang sama pula. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
A. Lavoisier D. John Dalton
B .. Proust E. Avogadro
C. Gay Lussac
Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan insan Indonesia semoga mempunyai kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, serta bisa berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran dengan pendekatan ilmiah (saintifik) dan evaluasi otentik yang memakai prinsip evaluasi potongan dari pembelajaran. Setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan hingga menciptakan akseptor didik terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara aktual dan abstrak, serta bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran perlu diperkuat dengan menerapkan model pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning ), pembelajaran berbasis pemecahan kasus (problem based learning) dan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Ilmu Kimia merupakan salah satu disiplin dari sains (natural science).
Ilmu Kimia berkembang dengan kekhususan mempelajari struktur dan komposisi materi, perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan materi tersebut. Sebagai ilmu, Kimia juga mempunyai sifat sistematik, empirik, obyektif, serta sanggup diteliti kebenarannya. Pada hakikatnya, Kimia terdiri atas produk (aspek deklaratif) yang berupa konsep, prinsip, teori, dan hukum. Ilmu Kimia diperoleh melalui proses (aspek prosedural) yang merupakan langkah-langkah kerja para hebat kimia dan hebat sains lain, yang disebut metode ilmiah. Keberhasilan suatu proses mencar ilmu mengajar ditentukan oleh interaksi antara guru dengan akseptor didik dalam mencapai Kompetensi Dasar Kimia.
Pembelajaran Kimia pada kurikulum terbaru menekankan pada keseimbangan antara keterampilan, penalaran, dan pengembangan sikap. Hal tersebut tercermin dalam rancangan kurikulum sebagai panduan mencar ilmu yang memuat kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, dan kegiatan pembelajaran.
Rangkaian ini merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling mendukung satu sama lain. Kompetensi inti merupakan visi pendidikan yang akan dicapai sesudah mengikuti kegiatan pembelajaran Kimia. Visi pendidikan tersebut meliputi karakter-karakter yang harus tertanam pada siswa yang kemudian dikembangkan dalam acara nyata pada kehidupan sehari-hari. Visi ini menjadi sumber pola dalam mempelajari setiap pokok-pokok materi dalam setiap bab.
Kompetensi dasar yakni tujuan pembelajaran yang meliputi kegiatan-kegiatan normatif atau sikap- perilaku yang harus dikembangkan selama mempelajari materi pelajaran Kimia di sekolah. Materi-materi pokok yakni materi pembelajaran yang dipelajari di kelas maupun di laboratorium yang mengacu pada buku asuh Kimia yang digunakan. Materi pokok merupakan sumber karakter yang harus digali selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Karakter-karakter inilah yang diperlukan menjadi ilham bagi akseptor didik untuk membentuk dirinya mempunyai perilaku ilmiah, lebih manusiawi, dan semakin religius.
Kegiatan pembelajaran merupakan implementasi sehari-hari yang harus dikembangkan untuk mempelajari Kimia di sekolah. Kegiatan pembelajaran ini meliputi acara mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi-materi pokok yang telah dipelajari.
Rangkaian acara pembelajaran ini dikembangkan untuk menggali karakter-karakter yang sanggup dimunculkan dari materi-materi pembelajaran yang dipelajari. Dengan demikian, sesudah mempelajari Kimia, siswa akan mempunyai pemahaman dan sikap-sikap hidupnya yang semakin matang, tahu akan tujuan hidupnya, bijak menghadapi segala persoalan, sanggup menemukan solusi yang benar terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi, disiplin, tanggung jawab, jujur, dan kreatif.
Berdasarkan uraian di atas, semakin jelaslah bahwa pembelajaran dengan kurikulum terbaru harus dilaksanakan dengan pendekatan yang berbeda dari pendekatan pembelajaran melalui kurikulum sebelumnya, walaupun sebagian besar materi pokok yang dipelajari sama. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam kurikulum terbaru, siswa diperlukan sanggup aktif menggali sumber mencar ilmu dari lingkungan sosial dan lingkungan alam di sekitarnya.
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena berjudul: