Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II PPKn SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013
Salam isu dan pendidikan untuk kita semuanya. Pada kesempatan kali ini kami menyajikan goresan pena yang berjudul Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019. Contoh soal ini kami tujukan bagi akseptor didik yang sedang mencari materi mencar ilmu sebagai persiapan menuju UKK/ UAS/ PAS semester 2 khusus mapel PPKn pada tahun aliran 2018/ 2019 ini.
Seperti yang telah diketahui, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang mempunyai keimanan dan moral mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga sanggup berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh meliputi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.
Secara umum tujuan mata pelajaran PPKn pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu menyebarkan potensi akseptor didik dalam seluruh dimensi kewarganegaraan, yakni : (1) sikap kewarganegaraan termasuk keteguhan, komitmen, dan tanggung jawab kewarganegaraan (civil confidence, civil committment, and civil responsibility); (2) pengetahuan kewarganegaraan (civil knowledge); (3) keterampilan kewarganegaraan termasuk kecakapan dan partisipasi kewarganegaraan (civil competence and civil responsibility).
Baiklah, menyerupai yang telah kami sampaikan pada awal goresan pena ini terkait contoh soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019, berikut kami sajikan contoh soal UKK yang sudah diujikan pada tahun lalu. Dengan adanya contoh soal UKK mapel PPKN ini dibutuhkan akseptor didik akan lebih ulet dalam mencar ilmu dan bisa mengetahui citra wacana jenis soal UKK mapel PPKn.
Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II PPKn SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun 2019:
Baca Juga
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PJOK SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPA SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PAI SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13
Berikut yaitu kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019 tersebut:
6. Struktur masyarakat Indonesia berdasarkan Syarif Moeis (2008) ditandai dengan dua ciri yaitu secara vertikal dan secara horizontal. Termasuk dalam keberagaman anatrgolongan di Indonesia secara veertikal antara lain adanya ....
a.golongan tingkat pendidikan kelas tinggi, kelas menengah dan kelas rendah
b.perbedaaan lapisan atas dan lap[isan bawah yang cukup tajam
c.bermacam-macam parpol yanga da di Indonesia
d.perbedaan-perbedaan suku bangsa, agama, adat istiadat, dan kedaerahan
9. Kebragaman bangsa Indonesia tampak pada seni sebagai hasil kebudayaan kawasan di Indonesia. Upaya yang sanggup kita lakukan semoga keberagaman di Indonesia tidak mengakibatkan perpecahan bangsa, antara lain dilakukan dengan ....
a.tidak menonjolkan perbedaan tetapi mencari persamaan dalam pergaulan
b.mengedepankan persamaan hobby antara warha negara Indonesia
c.mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan/ kelompok
d.saling menghormati kalau mempunyai persamaan suku dan agama
11. Indonesia terdiri dari beraneka ragam agama. Agar terbina kerukunan antar umat beragama maka harus dikembangkan sikap saling menghargai dengan cara ....
a.tidak peduli dengan urusan agama orang lain
b.mengikuti ibdah agama orang lain
c.beribadah bersama dengan pemeluk agama lain
d.tidak mengganggu kalau orang lain sedang beribadah
15. Landasan ideologi kehidupan sosila politik Indonesia terdapat pada Pancasila terutama sila ....
a.Ketuhanan Yang Maha Esa
b.Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
c.Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat budi dalam permusyawaratan perwakilan
d.Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
23. Ikut berpartisipasi dalam acara siskamling yaitu pola wujud dan pembelaan negara di lingkungan ....
a.keluarga
b.sekolah
c.negara
d.masyarakat
34. Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan aturan kolonial dan diganti dengan aturan nasional yaitu lahirnya NKRI merupakan makna Proklamasi Kemerdekaan dari aspek ....
a.historis
b.sosiologis
c.politis
d.hukum
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan semoga mendapat isi file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13
Semoga sebaran isu ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!Berikut kami tuliskan wacana Ruang Lingkup Mata Pelajaran PPKn
Dengan perubahan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menjadi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), maka ruang lingkup PPKn
meliputi hal-hal sebagai berikut.
a. Pancasila, sebagai Dasar Negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup
bangsa.
b. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebagai hukum
dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
c. Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai janji selesai bentuk Negara
Republik Indonesia.
d. Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan yang melandasi dan
mewarnai keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Ruang lingkup materi PPKn pada SMP/MTs kelas VII, yaitu sebagai berikut.
a. Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
b. Norma-Norma dalam kehidupan bermasyarakat.
c. Sejarah perumusan dan pengakuan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
d. Keberagaman Suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika.
e. Kerjasama dalam banyak sekali bidang kehidupan.
f. Karakteristik tempat tinggal dalam kerangka NKRI.
KI dan KD Mata Pelajaran PPKn
1. Kompetensi Inti
Mata pelajaran PPKn untuk SMP/MTs kelas VII mempunyai empat kompetensi inti dan
24 kompetensi dasar. Hal ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu adanya
konsep kompetensi inti.
Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing, yaitu :
a. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
c. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
d. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
KI 1, KI 2, dan KI 4 harus dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses
pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam KI 3. Adapun KI 1 dan KI
2 tidak diajarkan pribadi (direct teaching), tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan
pembelajaran.
Kompetensi Inti PPKn Kelas VII :
Kompetensi Inti 1 :
Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti 2 :
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Inti 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
2. Kompetensi Dasar (KD)
Tabel 1.1 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PPKn Kelas VII
Kompetensi Inti (KI) | Kompetensi Dasar (KD) |
---|---|
KI 1 (Sikap Spiritual)1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya. | 1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila. 1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa. 1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengakuan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman. 1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan. 1.5 Mensyukuri makna kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat. 1.6 Menghargai karakteristik kawasan tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. |
KI 2 (Sikap Sosial)2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. 2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan. 2.3 Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengakuan Undang- Undang Dasar Republik Indonesia Tahun1945. |
2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 2.5 Mendukung bentuk-bentuk kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat. 2.6 Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik kawasan tempat tinggalnya. | |
KI 3 (Pengetahuan)3. Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara. 3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan. 3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengakuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat. 3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerahdalam kerangka Negara Kesatuan RepublikIndonesia. |
Deskripsi Langkah Pembelajaran PPKn
LangkahPembelajaran | Deskripsi Kegiatan | Bentuk Hasil Belajar |
---|---|---|
Mengamati (observing) | Mengamati dengan indra (membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat. | Perhatian pada waktu mengamati suatu objek/ membaca suatu tulisan/ mendengar suatu penjelasan, catatan yang dibentuk wacana yang diamati, kesabaran, waktu (on task) yang dipakai untuk mengamati. |
Menanya (questioning) | Membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusitentang isu yang belum dipahami, isu embel-embel yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi. | Jenis, kualitas, dan jumlah pertanyaan yang diajukan akseptor didik (pertanyaan faktual, konseptual, prosedural, dan hipotetik). |
Mengumpulkan informasi/ mencoba (experimenting) | Mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, menggandakan bentuk/gerak, melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain selain bukuteks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/menambahi/ mengembangkan. | Jumlah dan kualitas sumber yang dikaji/ digunakan, kelengkapan informasi, validitas isu yang dikumpulkan, dan instrumen/alat yang dipakai untuk mengumpulkan data. |
Menalar/ Mengasosiasi (associating) | Mengolah isu yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk menciptakan kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/ isu yang terkait dalam rangka menemukan. | Mengembangkan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan informasidari dua fakta/konsep, interpretasi argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan lebih dari dua. |
Mengomunikasikan | Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. | Mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengansingkat dan jelas, dan menyebarkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar. |