Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia
Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia ini tersaji semoga para siswa calon akseptor UN, baik dengan pola komputer (UNBK) maupun pola pensil dan kertas (UNKP) jenjang SMP-MTs Mapel Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2019 sanggup menjadikannya sebagai referensi dalam belajar.
Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2019 Mapel Bahasa Indonesia yang tersaji pada halaman ini berasal dari teladan soal dari dua tahun yang lalu. Dengan demikian, teladan soal yang disajikan ini telah updated dalam perspektif kebaruan rujukan.
Karena ia berasal dari soal UN SMP-MTS Tahun 2016 dan Tahun 2017, maka berarti pula bahwa keabsahan atau kesahihan empirik sudah sangat baik. Mempelajari soal yang berasal dari soal yang telah secara konkret disajikan pada masa yang kemudian membantu para calon akseptor UN Tahun Pelajaran 2018-2019 ini untuk memudahkan para siswa untuk memetakan materi mencar ilmu disamping disertai pula dengan kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia. Jika diidentikkan dengan data, maka dengan mempelajari soal dari tahun-tahun yang lampau, para akseptor didik juga sanggup melaksanakan prakiraan soal-soal yang bakal diujikan kelak. Meskipun tidak sama persis, namun para calon akseptor UN Tahun 2019 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dan MTs sanggup memprakirakan kemiripan pola soal. Hal ini tentu saja sanggup membantu siswa dalam hal efektivitas dan efisiensi belajar.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia
Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia: Soal Tahun 2016
Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia: Soal Tahun 2017
Baca Juga
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Bahasa Indonesia tersebut:
Penyak:it gigi pada anak sanggup berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya ialah struktur gigi yang tak benar alasannya ialah kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi alasannya ialah gigi berlubang sanggup mengganggu kegiatan mencar ilmu sehingga prestasi mereka pun akan menurun.
Gagasan utama paragraf terse but ialah ...
A. Dampak penyakit gigi pada kesehatan.
B. Kerusakan gigi berlubang mengganggu ak:tivitas belajar.
C. Sakit gigi berlubang dianggap hal sepele.
D. Gigi susu berlubang rnenjadikan struktur gigi jelek.
Manggis mempunyai banyak. manfaat alasannya ialah kaya akan kandungan antioksidan pada kulit dan buahnya. (2)- Buah manggis bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang, mematikan menyerupai kanker, diabetes, jantung, arthiritis dan alzheimer. (3) Zat xanthones yang dihasilkan manggis sanggup mencegah banyak sekali penyakit. (4) Selain itu, xanthones iuga bermanfaat mencegah pertumbuhan kanker dan tumor.
Kalimat utama teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
B. J. Habibie salah seorang tokoh panutan dan menjadi pujian bagi banyak orang di Indonesia Sernenjak kanak:-kanak, Habibie mempunyai kegemaran menunggang kuda dan membaca. Ia sangat cerdas. Karena kecerdasannya itu, ia mendapat beasiswa ke Jerman. Di Jerman, ia memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan bertekad untuk bersungguh-sungguh mencar ilmu dan harus sukses. Ia mendapat gelar Doktor Ingeneur dengan nilai an memuaskan.
Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut ialah ...
A. Gemar berkuda sejak kanak-kanak.
B. Cerdas dan mendapat beasiswa ke Jerman.
C. Memanfaatkan waktu dan bertekad mencar ilmu sungguh-sungguh.
D. Mendapat gelar Dokter Ingeneur dengan nilai sangat sempurna.
Mohammad Natsir merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa.
Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Sockarno pada
17 Agustus 1950. Dia dikenang sebagai menteri yang tidak memunyai rumah serta menampik diberi hadiah kendaraan beroda empat mewah. Natsir juga diketahui banyak menguasai bahasa asing, menyerupai Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.
Keistimewaan tokoh pada teks biografi tersebut ialah ...
A. Merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa.
B. Menteri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi kendaraan beroda empat mewah.
C. Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Soekarno.
D. Banyak mengusai bahasa asing, menyerupai lnggris, Belanda, Perancis, Jerman, dan Arab.
Penambahan lahan sudah disadari menjadi hambatan dalam pengembangan banyak sekali sektor. Bertambahnya usul lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan permukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi kebutuhan hidup,
Simpulan isi paragraf terse but ialah ...
A. Sektor industri tidak berkembang alasannya ialah ketidaksiapan infra struktur.
B. Pembangunan tempat industri membantu pembangunan infra struktur. C. Dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D. Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.
Sebuah kasus medis yang cukup unik terjadi di India. Tim dokter di Kota Nagpur, Negara Bagian Mahasashtra, sukses mengangkat janin yang sudah menjadi kerangka. Janin yang tinggal kerangka itu berusia sekitar 36 tahun. Para dokter di N K. P. Salva Institute of Medical Sciences menyatakan kasus tersebut sebagai kehamilan ektopik pertama di dunia.
Pemyataan yang sesuai dengan isi teks terse but ialah ...
A. Tengkorak bayi dalam perut menjadi topik pembicaraan di India. B. Dokter di India meneliti kerangka janin yang menjadi tengkorak.
C. Penemuan kasus kehamilan di India ditangani oleh seorang dokter.
D. Tim dokter di India mengangkat kerangka janin yang berusia 36 tahun.
1) Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utarna. (2) Dalam lingkungan keluarga inilah seorang anak pcrtama kali mendapat didikan dan bimbingan. (3) Selain itu, scbagian besar kehidupan anak bcrlangsung di dalarn lingkungan keluarga. (4) Tugas utarna kcluarga bagi pendidikan anak ialah sebagai peletak dasar bagi pendidikan watak dan pandangan hidup keagamaan. (5) Tugas utarna ini tidak teriepas dari tugas dan tanggung jawab yang besar dari setiap orang bau tanah dalam memperlihatkan pendidikan yang terbaik meialui lingkungan keluarga. (6) Dilihat dari besamya tanggung jawab orang tua, sanggup saja orang bau tanah meminta pertoiongan orang lain untuk mendidik anaknya.
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditunjukkan pada nomor ....
A. (1)
I3. (2)
C. (5)
D. (6)
(1) Emak menyeringai senang, memperlihatkan sederetan gigi yang wama putihnya tak sempurna. (2) Ia senang melihat anak laki-lakinya makan dengan lahap. (3) Ia seketika lupa bagaimana bawah umur penduduk dusun ini melempar Benjo dengan tomat wangi dan kerikil kerikil. (4) Sementara orang-orang cukup umur melihat insiden itu tanpa bereaksi apa pun selain tertawa. (5) Ia tarnpak tersenyum mengingat insiden itu. (6) Apa yang lucu dari melihat seorang bocah pria yang pasrah begitu saja ditawar bocah-bocah sebayanya, dilempar kerikil sampai mengakibatkan Iuka memar dan berdarah dari sekujur tubuhnya?
Bukti watak tokoh Emak mempunyai sifat sabar dalam kisah tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) clan (3) B. (2)dan(4) C. (3) clan (5) D. (4) clan (6)
Sudah dua tahun, Mbok Jah tidak berkunjung ke rumah mantan majikannya di kota. Meskipun sudah berhenti, Mbok Jah tetap memelihara korelasi baik dengan keluarga Mulyono. Dua puluh tahun telah dilewatinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di keluarga Mulyono.
Buat orang yang sudah bau tanah menyerupai Mbok Jah, apalah yang dikehendaki selain berteduh dan berkumpuJ dengan keluarganya. Namun, apalah dayanya. Anak semata wayangnya sudah tidak ingat ia lagi. Anaknya lebih senang tinggal di Surabaya dengan istri dan anaknva.
Tindakan terpuji tokoh yang terdapat dalam teks adaJah ....
A. Mbok Jah bekerja di keluarga Mulyono di desa
B. Mbok Jah telah berkumpul dengan anak dan cucunya
C. Mbok Jah ditinggalkan anaknya yang senang tinggal di Surabaya•
D. Mbok Jah tetap memelihara korelasi baik dengan mantan majikannya
Di ruang tamu terdapat satu stel kursi dan kursi panjang. Malam itu telepon di ruang dokter Surya berdering. Dokter Surya tampak lelah dan mengangkat telepon.
"Ya, saya sendiri, dari kantor kecamatan. Oh, ada kecelakaan ya, ya saya segera ke sana."
Istri Dokter Surya mendekatinya, "Apa mau pergi juga." "Tidak usah, Pak. Di luar hujan lebat. Jaga kesehatarunu. Biar orang itu pergi ke rumah sakit," bunyi ketus. Tidak, Bu. Bapak harus pergi," kata doktcr Surya dengan mantap.
Watak Doktcr Surya ialah ....
A. tegas
B. keras kepaJa
C. lembut
D. bertangan dingin
Hati Sandra merasa sangat sebal kepada Winda alasannya ialah ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya wacana mengapa tidak memaafkannya saja dan mengapa harus terus sebal kepada sobat sendiri?
Ketika Sandra mendengar Winda tidak masuk sekolah alasannya ialah sakit, hatinya memutuskan untuk segera menengok Winda dan menyudahi kekesalannya kepada Winda serta memaafkannya.
Amanat kutipan kisah terse but yang tepat ialah ...
A. Bekerjalah dengan cendekia dan bijaksana! B. Jangan iri pada orang lain yang sukses!
C. Berbuatlah kebaikan kepada siapa pun dan di mana pun!
D. Maafkanlah kesalahan orang lain semoga hati tidak merasa kesal!
Maaf Bu!"pintaku santun kepada Bu Laras "Saya mengantuk, Bu". "Tidak apa-apa, Sab. Silakan basuh muka kalau kamu mengantuk, Sab!"
Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatku aib serta kesal pada diriku
sendiri. Leherku terasa sakit alasannya ialah menahan tangis kekesalanku.
"Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu ketika kalian sanggup saja men antuk." Nasihat Bu Laras den an lembut dan tenan
Konflik kutipan novel tersebut ialah ....
A. Permintaan maaf Sab kepada Bu Laras.
B. Bu Laras mernpersilakan Sab mencuci muka, C. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
D. Bu Laras menghibur Sab yang kesal.
Di sebuah hutan, hiduplah seekor burung Nuri yang sangat cantik. Ia mempunyai bulu yang indah dan bunyi yang merdu. Namun, entah mengapa burung itu selalu menyendiri. Berbeda dengan burung Nuri, burung Pipit, walaupun tidak terlalu manis ia sangat ramah sehingga memunyai banyak teman. Burung Pipit merasa kasihan melihat burung Nuri selalu menyendiri mencoba untuk rnenghiburnya.
KOmentar yang sesuai dengan isi teks terse but ialah ...
A. Perbuatan burung pipit sangat bijaksana. B. Burung pipit banyak mendapat teman. C. Keindahan burung nuri membawa petaka.
D. Burung nuri merupakan burung yang tidak bersahabat.
Sutardji Calzoum Bachri pemah diundang oleh Menteri Keuangan Malaysia, Dato Anwar Ibrahim, untuk membacakan puisinya di Departemen Keuangan Malaysia, serta mengikuti bcrbagai pertemuan sastrawan ASEAN, dan Pertemuan Sastrawan Nusantara di Singapura-Malavsia-dan Brunei Darussalam.
Perbaikan tanda baca pad a kelompok kata dicetak miring pada teks terse but ialah ....
A. Singapura; Malaysia; dan Brunei Darussalam B. Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam C. Singapura; Malaysia dan Brunei Darussalam D. Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam
Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunonaktifkan hp ku. Dan ku]empar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pemah menduga bahwa ia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah dan saya hanya sanggup terduduk lemas sambil
j menggigit guling yang ada di en amanku.
Latar kutipan cerpcn tersebut ialah ....
A. tempat duduk B. tengah rumah C. kamar tidur D. kursi beranda
Di penambangan pasir sudah tak ada lagi pedati, kecuali milik Sabar satu-satunya, Walaupun merasa tersisih oleh hadimya truk-truk, tetapi Sabar tetap bertahan. Dengan kemahirannya mcngendalikan pedati, semua persoalan sanggup diatasi, termasuk yang dilakukan Sabar ketika ini, menaiki tanjakan yang berpasir. Bila tidak berhati-hati, pedatinya sanggup tergelincir dan menggelinding mundur. Selama ia masih mengendalikan pcdati berarti keluarganya tidak akan kelaparan. Sabar paham benar hal itu.
Nilai moral yang terdapat pada tcks tersebut ialah ....
A. bcrsabar
B. berhati-hati
C. cinta alat tradisi
D. bertanggungjawab
Berbagai pikiran buruk menghantui kcpala yang penat dan badan yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo sanggup saja tidak mcnuruni lereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke puncak atau bcrjalan berputar-putar mengclilingi Jereng, tersesat dalam fatamorgana sarnpai habis tenazanva.
Simpulan akhir dari konflik tersebut ialah ...
A. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
B. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lernbah.
C. Pencarian terhadap tokoh tidak boleh alasannya ialah lelah.
D. Pencarian terhadap tokoh tidak boleh alasannya ialah tokoh tewas.
Studi wacana ponsel pemicu kanker dilakukan di Negara itu dengan melibatkan partisipan sebanyak 12.800 orang. Studi ini berfokus pada imbas radiasi frekuensi yang disebut-sebut meniadi penvebab tumor.
Penulisan kata Negara pada teks tersebut salah alasannya ialah ....
A. memperlihatkan letak geografis
B. tidak diikuti nama ncgaranya
C. memperlihatkan nama diri geografis
D. memperlihatkan letak wilayah
24. Bacalah teks berikut!
Aku diajak orang tuaku pergi ke pantai. Di pantai saya berenang bersama-sama. Setelah uas berenang, saya makan sambil bersenda urau. Be itu uas saya lanosun ulan ....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut ialah ....
A. Aku sangat senang dan menikmati liburan. B. Aku kurang puas dan ingin berlibur lagi.
C. Aku senang dan besar hati pada diriku.
D. Aku kurang menikmati hari liburanku.
Penulisan abjad kapital yang benar untuk kalimat terscbut ialah ....
A. Hal ini terjadi alasannya ialah di Sumatera selatan pada zaman dahulu tcrdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan raja Syailcndra yang beragama Buddha.
B. Hal ini terjacti alasannya ialah di Sumatera Selatan pada zaman dahulu terdapat scbuah kcrajaan besar yang dibangun oleh keturunan Raja Syailendra yang beragama Buddha.
C. Hal ini terjadi alasannya ialah di sumatera Selatan pada zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan Raja syailendra yang beragama Buddha.
D. Hal ini tcrjadi karcna di sumatera Selatan pada zaman dahulu terdapat scbuah kerajaan besar yang dibangun olch kcturunan Raja Syailcndra yang beragama Buddha.
Pewawancara : "Bagaimana lingkungan sekolah yang lbu bina sanggup kelihatan rapi
dan higienis ?"
Kepala sekolah "Saya memperlihatkan pengarahan kepada siswa semoga mempunyai kesadaran hidup sehat yang dimulai dari diri scndiri."
Pemyataan yang sesuai dengan teks tersebut ialah ....
A. Pewawancara menanyakan kiat-kiat yang dilakukan kepala sekolah untuk mcnjaga lingkungan sekolah semoga tetap rapi dan bersih, yaitu dengan menanamkan kesadaran kepada siswa.
B. Kesadaran hidup sehat selalu saya tanamkan kepada siswa, sehingga lingkungan sckolah tetap rapi dan bersih, itulah balasan kepala sekolah kctika diwawancarai.
C. Kita harus selalu menanamkan kesadaran hidup sehat dengan dimulai dari diri kita sendiri. Demikianjawaban kepala sekolah ketika diwawancarai.
D. Kiat kepala sekolah untuk menjaga lingkungan sekolah tetap rapi dan bersih
dengan cara memperlihatkan pengarahan kepada siswa semoga mempunyai kesadaran hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat terse but ialah ....
A.
B. mencantumkan mencantumkan tanda hubung (-) sehabis kata Margarethadan a/at
tanda titik dua (:) sehabis kata Grajikadan membeli
C.
D. mencantumkan mencantumkan tanda koma (,) sehabis kata Margaretha dan Grafika
tanda titik koma (;) sehabis kata utama dan sekretarisnya
(1) Sesarnpainya di lokasi, penghuni Panti Asuhan gembira menyambut kami. (2) Tepat pukul 07.00 kami bcrangkat dcngan bus. ,
(3) Minggu, 30 September 2012, kami berkunjung ke Pan ti Asuhan. (4) Setelah 60 menit kami dalam perjalanan kemudian tibalah di lokasi.
65) Sernua siswa yang ikut, berkumpul di sekolah pukul 06.00.
Setclah ukul 06.30, cscrta dibcri en instruksi oleh ketua anitia.
Susunan kalimat laporan tersebut yang tcpat ialah ....
A. (3), (1), (4), (5), (6), (2) B. (3), (5), (6), (2), (4), (1) C. (5), (6), (3), (2), (4), (I) D. (5), (2), (4), (6), (1), (3)
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat teks terse but ialah ....
A. Gelar yang berhasil diraihnya menyerupai : Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
B. Gelar yang berhasil diraihnya menyerupai Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW), dan Master Fide Wanita (MFW).
C. Gelar yang berhasil diraihnya, menyerupai : Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
D. Gelar yang berhasil diraihnya, menyerupai Master Percasi (MP), Master Nasional
Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW
T eks yang sesuai dengan fakta terse but ialah ...
A. Pada hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran hutan di Kampung Jaya. Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar. Peristiwa ini terjadi alasannya ialah meledaknya tabung galon gas di salah satu rumah penduduk.
8. Pada hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran hutan di Kampung
Jaya. Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar dan tidak ada korban jiwa. Para penduduk pun berusaha memadamkannya.
C. Pada hari Minggu, 7 September 2014 telah terjadi kebakaran di Kampung Jaya.
Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar. Para penduduk pun secara gotong royong berusaha untuk memadamkan api.
D. Pada hari Minggu, 7 September 2014, telah terjadi kebakaran di Kampung Jaya.
Kebakaran ini mengakibatkan 5 rumah penduduk terbakar dan tidak ada korban jiwa. Peristiwa ini terjadi alasannya ialah meledaknya gas elpiji 3 kg di salah satu rumah penduduk.
35. Bacalah kalimat berikut!
Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 Nopember.
Kata yang ejaannya tidak tepat pada kalimat terse but ialah ....
A. Nopember
B. diperingati
Pahlawan
D. Hari
Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia
Perhatikan data buku bcrikut!
Judul Jangan Mau Makara Pembolos
Penulis Edi W arsidi I
Penerbit CY Alibaba, Manokwari
Tahun 2010
Keunggulan : Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari
Paragraf yang tepat menurut data buku terse but ialah ...
A. Buku Jangan Mau Makara Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CY Alibaba, Manokwari, tahun 2010 mi, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari- hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang scsuai.
B. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CY Alibaba, Manokwari, tahun 2010
ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.
C. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengcmas pcnyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan menciptakan pembaca jcnuh.
D. Buku Jangan Mau Makara Pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
Alibaba, Manokwari, tahun 2010 mi, kurang berhasil mcngemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari- hari sanggup mengurangi daya tarik. Sampul bukunya pun kurang sesuai.
38. Perhatikan ka)imat berikut!
Empat sifat Tuhan yang sering disebut ialah nama maha Kuasa, maha besar, rnaha en asih, dan maha en a an .
Perbaikan penggunaan ejaan yang bcnar ialah ....
A. Maha Kuasa, Maha Bcsar, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang B. Maha Kuasa, Mahabesar, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang C. Mahakuasa, Mahabesar, Maha Pengasih, dan Maha Pcnyayang
D. Maha Kuasa, Mahabesar, Mahapengasih, dan Mahapenyayang
39. Pcrhatikan kalimat berikut!
I Pescrta Diklat diundang masuk ke ruang ya g disiapkan.
Perbaikan kata diundang pada kalimat terscbut yang tcpat ialah ....
A. dimohon
B. diajak
C. diperintah
D. diusahakan
Berikut ialah kutipan dari kisi-kisi Siap UN (UBK-UNKP) 2018 SMP-MTs Bahasa Indonesia
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
---|---|---|---|---|
Bilangan | Aljabar | Geometri dan Pengukuran | Statistika dan Peluang | |
Pengetahuan danPemahaman Mendeskripsikan Membuat tabulasi Menghitung Memprediksi Menentukan Mengklasifikasi | Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- bilangan bentuk akar- pola barisan bilangan- barisan dan deret | Peserta didik sanggup memahamipengetahuan tentang:- bentuk aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- kekerabatan atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel | Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- garis dan sudut- segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- berdiri ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- berdiri ruang sisi lengkung | Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang |
Aplikasi Mengkonstruksi Menyelesaikan masalah | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- aritmetika sosial- pola barisan bilangan- barisan dan deret | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- bentuk aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- kekerabatan atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- segitiga dan segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- berdiri ruang- kesebangunan dankekongruenan segitiga- berdiri ruang sisi lengkung | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang |
Penalaran Menafsirkan Menyimpulkan Menginterpretasi | Peserta didik dapatmenggunakan logika yang berkaitan dengan:- bilangan bulat- bilangan pecahan- perbandingan- pola barisan bilangan- barisan dan deret- aritmetika sosial | Peserta didik dapatmenggunakan logika yang berkaitan dengan:- bentuk aljabar- persamaan linear satuvariabel- himpunan- kekerabatan atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linear duavariabel | Peserta didik dapatmenggunakan logika yang berkaitan dengan:- segitiga dan segiempat- lingkaran- berdiri ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- berdiri ruang sisi lengkung | Peserta didik dapatmenggunakan logika yang berkaitan dengan:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- pemusatan data- peluang |
Demikian goresan pena wacana