Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan tujuan untuk membantu para siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama atau MTs yang hendak mengikuti ulangan kenaikan kelas (UKK) Semester 2/II khusus mata pelajaran Bahasa Inggris.
Contoh soal yang disajikan pada halaman ini berasal dari contoh soal positif yang pernah diujikan pada tahun 2017 yang lalu. Dengan demikian, maka contoh soal yang disajikan ini memenuhi kriteria kesahihan atau validitas empirik. Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 yang disajikan ini juga disertai dengan kunci balasan beserta pembahasan secara tuntas. Namun demikian, balasan beserta kunci pembahasan hanya hingga dengan 25 nomor pertama saja dengan impian bahwa ia menjadi pancingan semoga para siswa juga membuka buku pelajarannya kembali.
Pendekatan contoh soal yang digunakan ialah kurikulum 2013 edisi revisi. Dengan demikian, maka ia memenuhi kriteria kebaruan atau novelty. Dengan banyak sekali kriteria yang disebutkan, maka diperlukan contoh soal yang disajikan ini sanggup menjadi sarana berguru yang sanggup diandalkan.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019:
Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Beserta Pembahasan Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013
Baca Juga
- Soal Siap UAS/PAS/UKK SMP-MTs Semester 2 Kelas 8 Bahasa Jawa K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II IPA SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Soal UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP/MTs PAI dan Budi Pekerti Kelas 8 K13 Tahun 2019
- Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMP-MTs PJOK/Penjasorkes Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Kelas 8 SMP-MTs Seni Budaya K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Prakarya K13 Tahun 2019
Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 SMP-MTs Kelas 8 Bahasa Inggris Tahun 2019 Kurikulum 2013 tersebut:
1. Look at the pictures
Handbag A ; Price Rp 430.000
Handbag B; Price Rp 400.000
The price of handbag A is .... than handbag B.
A. Expensive
B. Most expensive
C. More expensive
D. The most expensive
Pembahasan: Dalam soal ini ditanyakan apakah harga Tas A .... dari Tas B. Karena Tas A berharga Rp 430.000 dan lebih mahal daripada Tas B, maka secara sederhana dinyatakan bahwa Tas A lebih mahal daripada Tas B.
Aspek tata bahasa yang dibahas pada soal kali ini ialah degrees of comparison . Untuk kata yang mempunyai lebih dari tiga suku kata, maka pernyataan lebih memakai more dan paling memakai the most. Kaprikornus balasan yang benar ialah C atau more expensive.
2. Safa is ..... than Sarah.
A. Smaller
B. Bigger
C. Fatter
D. Taller
Jawaban: D. Taller
Dalam soal ini terdapat keterangan mengenai usia dan tinggi badan. Aspek tata bahasa yang dibahas kali ini ialah degrees of comparison. Berdasarkan gambar, kesimpulan yang didapat ialah bahwa Safa lebih tinggi daripada Sarah. Untuk satu suku kata, maka pernyataan lebih dari memakai er. Tinggi tubuh dinyatakan dengan kata sifat tall. Dengan demikian, maka untuk menyatakan lebih tinggi, tall menjadi taller.
3. Wildan is ... of them all.
A. Oldest
B. Youngest
C. The oldest
D. The youngest
Jawaban: C
Masih memakai contoh keterangan yang sama didapat bahwa usia Wildan ialah yang tertua. Aspek gramatikal atau tata bahasa yang digunakan ialah degrees of comparison. Untuk menyatakan paling, maka digunakan the + kata sifat + est. Dengan demikian, maka untuk menyatakan bahwa Wildan ialah yang tertua, maka digunakan the oldest
4. Moon Hotel has .... facilities than Sun Hotel.
A. Fewest
B. Fewer
C. Much
D. More
Jawaban: D
Dalam gambar terlihat bahwa Moon Hotel mempunyai kemudahan yang lebih banyak daripada Sun Hotel. Aspek tata bahasa yang digunakan masih memakai degrees of comparison. Dalam degrees of comparison, untuk menyatakan bahwa kata benda mempunyai jumlah yang lebih banyak, maka digunakan rumus More + Kata Benda (Noun). Dalam hal ini digunakan kata more untuk menyatakan bahwa Moon Hotel mempunyai kemudahan yang lebih banyak daripada Sun Hotel.
5. Sun Hotel has ... rooms than Moon Hotel.
A. Few
B. Less
C. Fewer
D. Fewest
Jawaban: C
Berdasarkan keterangan pada gambar, Sun Hotel mempunyai jumlah kamar yang lebih sedikit daripada Moon Hotel. Aspek tata bahasa yang digunakan masih tetap memakai degrees of comparison. Untuk menyatakan bahwa kata benda (dalam hal ini ialah jumlah kamar) lebih sedikit, maka digunakan kata fewer atau less.
6. The football field is in bad condition. It gets .... after the rain.
A. Bad
B. Good
C. Better
D. Worse
Jawaban: E
Soal ini masih memakai aspek tata bahasa berupa degrees of comparison. Untuk menyatakan bahwa sesuatu itu lebih baik, maka digunakan kata better. Sebaliknya untuk mengungkapkan bahwa sesuatu itu lebih buruk, maka digunakan kata worse.
7. There are 5 pockets on my bag, and 8 pockets on Andi’s bag. My bag has ... pockets, and Andi’s bag has more pockets.
A. Less
B. More
C. Fewer
D. Fewest
Jawaban: C
Soal ini masih tetap memakai aspek tata bahasa berupa degrees of comparison. Terdapat dua hal yang memerlukan kajian khusus, yaitu less dan fewer. Manakah yang harus digunakan? Berdasarkan laman oxforddictionaries.com, perbedaan fewer dan less ialah pada letak kata bendanya. Jika kata benda yang dibandingkan ialah tidak terhitung (uncountable noun), maka digunakan kata pembanding less. Jika kata benda yang dibandingkan ialah kata benda yang terhitung (countable noun), maka digunakan kata fewer.
8. The stone and the cotton have the same size. But, the stone is .... than the cotton.
A. Heavier
B. Smaller
C. Lighter
D. Bigger
Jawaban: A
Soal ini masih tetap juga memakai degrees of comparison. Secara logis, kerikil akan selalu lebih berat daripada kapas meskipun ukuran mereka sama. Dengan demikian, kata pembanding yang paling sempurna ialah heavier.
9. The cotton is .... than the stone.
A. Heavier
B. Smaller
C. Lighter
D. Bigger
Jawaban: C
Masih memakai contoh gambar yang sama, maka untuk menyatakan bahwa kapas itu lebih ringan daripada batu, maka digunakan kata pembanding lighter.
10. What is the text written for?
A. Letting people about the classroom
B. Informing the condition of his school
C. Inviting readers to study in his school
D. Expressing his opinion about his school
Jawaban: B
Dalam teks disebutkan bahwa sang penulis teks lebih banyak mengungkapkan kondisi sekolahnya apa adanya tanpa disertai pendapat mengenai kondisi sekolahnya.
11. From the text we can conclude that the writer’s teachers are ...
A. Good
B. Great
C. Clever
D. Humble
Jawaban: C
Dalam teks disebutkan bahwa guru-guru penulis ialah pandai (smart). Padanan kata smart ialah clever
12. Mr Yudika is wearing dark suit. He is tall and slim. He has pointed nose. He is bald.
Jawaban yang sempurna ialah A
13. I’m often worried about his health. We can infer that the writer
A. Will keep his brother stay healthy
B. Loves his brother very much
C. Doesn’t like his habbit
D. Is not like his brother
Jawaban: C
Dari teks sanggup disimpulkan bahwa penulis tidak menyukai kebiasaan adiknya yang sangat menyukai minuman ringan berkarbonasi (soft drinks) (seperti sprite, coca cola, dsb) namun tidak menyukai air mineral murni menyerupai air putih. Dengan demikian, si penulis mengkhawatirkan kondisi kesehatan adiknya.
14. From the text we know that the writer’s brother ...
A. Doesn’t like playing football
B. Always puts his things neatly
C. Rarely drinks soft drinks
D. Dislikes fresh water
Jawaban: D
Dari teks sanggup disimpulkan bahwa hal yang kurang baik dari adik sang penulis sangat menyukai minuman ringan berkarbonasi (soft drinks) namun tidak menyukai air minum putih. Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa jawabannya ialah D.
15. Dayu wants to buy plastic shoes to go out when it is raining. She needs shoes with a strap, and open in the front like sandals. They also have low heels. Which shoes does possible Dayu want ro buy?
Jawaban: B
Dayu menginginkan sepatu plastik yang terbuka di potongan depan menyerupai sandal dan terbuka di potongan depan. Gambar yang paling mewakili ialah gambar B
16. It is an animal. It has little tail. Its nose is called a snout. It lives on a farm. It can say “oink-oink”. Which pictures show that animal.
Jawaban: B
Dalam soal disebutkan ciri-ciri binatang yang berjulukan babi. Dan gambar babi ditunjukkan pada abjad B.
17. Which of the following picture is the writer’s mug?
Jawaban: B.
Dalam soal dijelaskan bahwa dalam mug tersebut ada nama penulis. Satu-satunya mug yang ada namanya ditunjukkan pada abjad B
18. I .... you when you were crossing the street
A. See
B. Saw
C. Look
D. Looked
Jawaban: B
Soal ini menuntut pemahaman tata bahasa berupa past continuous tense. Jenis tense ini salah satunya berciri kata kerja lampau (past tense) untuk kata kerja yang durasi atau waktu berlangsungnya lebih lambat. Untuk kata kerja yang merujuk pada acara atau kegiatan dengan durasi waktu yang lebih lama, maka digunakan rumus to be lampau (was atau were + verb + ing).
19. They are toy cars. I collected them when I was in the elementary school. I do not .... toy cars anymore. I’m going to give them to Ucok, my younger cousin.
A. Play
B. Plays
C. Played
D. Playing
Jawaban: A
Soal ini menuntut pemahaman akseptor didik akan bentuk waktu berupa simple present tense. Simple present tense mengimplikasikan acara pada dikala kini yang berupa kebiasaan atau untuk menyatakan kebenaran umum. Rumusnya ialah S + V1. Khusus untuk pihak ketiga tunggal (it he, she), maka V1 ditambah “e” atau “es”
20. What is the suitable verb to complete the text?
A. Get
B. Got
C. Gotten
D. Was getting
Jawaban: B
Soal ini menuntut pemahaman akseptor didik atas bentuk waktu berupa simple past tense. Ia merujuk pada acara atau insiden pada masa lampau. Rumus yang digunakan ialah S + V2
21. I .... many new things in primary school
A. Learn
B. Learned
C. Learning
D. Am learning
Jawaban: Bisa A dan Bisa Pula D
Jika dianggap bahwa subjek dalam soal tengah berguru di sekolah dasar, maka present coninuous tense sanggup digunakan. Namun bila merujuk pada sebuah fakta umum atau kebiasaan dimana dalam soal hal itu juga sanggup dianggap benar, maka simple present tense sanggup pula digunakan.
Saran: Soal akan lebih presisi bila diubah dengan
I .... many new things when I was in primary school. Jawaban untuk soal semacam ini ialah B. Hal ini memerlukan simple past tense untuk menjawabnya.
22. I met your aunt when she ... your brother.
A. Was feeding
B. Is feeding
C. Feed
D. Fed
Jawaban: A
Soal ini menuntut pemahaman bentuk waktu atau tenses berupa past continuous tense.
23. Why did Dina run fast to the bathroom?
A. She had to do something
B. She had to have breakfast
C. She thought it was Saturday
D. She thought she would be late at school
Jawaban: D
Dina tergesa-gesa ke kamar mandi alasannya ialah ia menyangka akan terlambat ke sekolah.
24. What did Dina do before going to school?
A. Took her bag
B. Had breakfast
C. Got dressed well
D. Run fast to bathroom
Jawaban: A
Dalam teks disebutkan bahwa Dina mengambil tasnya. Dina tidak makan pagi. Dalam teks disebutkan pula got dressed tapi tidak diterangkan apakah got dressed well or not. Jawaban D juga menjebak. Jawaban D salah alasannya ialah penggunaan kata RUN yang mestinya RAN (bentuk 2 atau V2).
25. How did Dina go to school?
A. By bicycle
B. On foot
C. By bike
D. By bus
Jawaban: B
Dalam teks disebutkan bahwa Dina berjalan kaki ke sekolah
Demikian goresan pena perihal