Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013
Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan impian bahwa ia sanggup menjadi sarana dan media mencar ilmu bagi para siswa SMP/MTs kelas 7 yang akan menghadapi ulangan/penilaian selesai semester (UAS/PAS) atau ulangan kenaikan kelas (UKK) semester 2/II.
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu mata pelajaran dalam kurikulum 2013 sangat berorientasi pada kompetensi yang utuh. Pelajaran IPS merupakan integrasi dari empat mata pelajaran yaitu geografi, ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat mata pelajaran tersebut dipadukan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang serta pengaruhnya terhadap kehidupan insan dalam aspek ekonomi, sosial budaya dan pendidikan.
Kurikulum 2013 dirancang untuk menyebarkan kompetensi penerima didik secara utuh, tidak hanya aspek pengetahuannya tetapi juga sikap dan keterampilannya. Diharapkan tidak hanya mempunyai wawasan ilmu pengetahuan yang luas melalui banyak sekali proses saintifik dalam pembelajarannya tetapi juga mempunyai sikap spriritual dan sosial yang baik.
Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 mapel IPS SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019 ini merupakan soal UKK/ PAT yang diujikan pada tahun 2017 lalu, artinya kami mengusung unsur kebaruan alasannya masih relatif barunya soal UKK yang kami share ini. Tentu unsur validitas empirik pun telah terpenuhi dikarenakan fakta bahwa ia yaitu soal yang secara riil telah pernah diujikan pada PAT/ UKK/ UAS semester II/ 2 pada tahun pedoman 2016/ 2017 lalu.
Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II IPS SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun 2019:
Baca Juga
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PJOK SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPA SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PAI SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13
Berikut yaitu kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019 tersebut:
1.Selain sebagai makhluk sosial, manusi juga dikenal sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) yang artinya selalu berusaha memenuhi ....
a.kesejahteraan dengan cara rasional
b.kemakmuran dengan cara yang rasional
c.keinginan dengan cara yang rasional
d.kebutuhan dengan cara yang rasional
4.Berdasarkan kelangkaan atau jumlahnya: makanan, pakaian, sepatu dan alat tulis merupakan pola barang ....
a.ekonomis
b.konsumsi
c.bebas
d.illith
9.Gedung dan mesin yang dipakai dalam proses produksi, termasuk faktor produksi ....
a.alam
b.modal
c.tenaga kerja
d.kewirausahaan
14.Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan banyak sekali tingkat harga dinamakan ....
a.permintaan
b.penawaran
c.harga pasar
d.harga keseimbangan
22.Batas waktu jaman prasejarah yaitu ....
a.sebelum ditemukannya tulisan
b.ditemukannya fosil dan kyokenmoddinger
c.lahirnya jaman hingga ditemukan alat kehidupan
d.ditemukannya fosil hingga dengan kehidupan sedenter
29.Di bawah ini yang merupakan keturunan bangsa Proto Melayu yaitu ....
a.Minang, Jawa dan Bugis
b.Mentawai, Dayak dan Bugis
c.Mentawai, Dayak dan Toraja
d.Minang, Mentawai dan Dayak
39.Kesultanan Mataram mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ...
a.sutawijaya
b.amangkurat
c.mas jolang
d.sultan agung
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan biar mendapatkan isi file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 K13
Semoga sebaran info ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!Materi pelajaran IPS harus dipilih dan dipilah yang mendukung terhadap
pencapaian KI-1 dan KI-2. Materi yang dikembangkan dalam pencapaian
KI-1, sanggup dilakukan dengan cara menghargai pedoman agama dalam berpikir
dan berperilaku insan sebagai mahluk sosial sekaligus sebagai mahluk
yang beragama. Guru harus turut memperlihatkan pemahaman dan penghayatan
terhadap pedoman agama yang sangat diharapkan dalam menuntut ilmu. Ilmu dan
agama harus senantiasa seimbang dalam pemahamannya. Sehingga manusia
yang mempunyai ilmu diharapkan mempunyai agama yang baik pula.
Materi pembelajaranan IPS yang mendukung pencapaian KI-2, sanggup dipilih
materi yang mempunyai muatannya untuk membentuk sikap hormat pada
orang lain sebagai salah satu karakter bangsa yang baik, hormat pada orang
tua, hormat pada guru, toleransi antar umat beragama, suku, budaya daerah,
peduli terhadap sesama, saling memaafkan, tolong menolong, dan sebagainya.
Sebagaimana disajikan dalam Buku Siswa pembelajaran IPS ditujukan untuk
memperlihatkan wawasan yang utuh bagi penerima didik wacana banyak sekali gejala
sosial, melalui pemahaman konektivitas ruang dan waktu beserta acara dan
interaksi sosial di dalamnya.
Berkaitan dengan keragaman ini, sumber daya yang kita miliki mencakup
sumber daya lokasi, sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber
daya budaya. Dengan keragaman serta keunggulan yang ada, maka dapat
dikenali keunggulan dan kelemahan masing-masing kawasan (region) secara
komparatif. Keunggulan dan kelemahan tersebut tentunya akan menyebabkan
terjadinya dinamika pengiriman barang alasannya adanya pasokan di satu sisi
dan kebutuhan pada sisi yang lain. Interdependensi antarregion/daerah secara
nasional di wilayan Indonesia perlu dikaji sehingga sanggup menunjukkan
pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) biar sanggup saling
menunjang bagi terpenuhinya kebutuhan/kekurangan masing-masing
wilayah. Sekaligus dengan keempat potensi sumber daya yang kita miliki
ini diharapkan sanggup menghasilkan kesatuan yang kokoh dalam mendukung
berhasilnya pembangunan nasional.
Pembelajaran IPS Kelas VII dikembangkan selama satu tahun yang
meliputi 38 ahad dengan beban mencar ilmu per ahad selama 4 x 40 menit.
Untuk memfasilitasi penerima didik menguasai KD, dipakai Buku Siswa
yang berbasis pada 8 KD dan dikemas dalam empat materi pokok sebagai
berikut.
a. Materi Pokok 1 : Manusia, Tempat, dan Lingkungan
b. Materi Pokok 2 : Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
c. Materi Pokok 3 : Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
d. Materi Pokok 4 : Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Praakasara,
Hindu-Buddha, dan Islam
IPS pada hakikatnya yaitu telaah wacana insan dalam kekerabatan sosial
dan masyarakat. Manusia sebagai makhluk sosial akan mengadakan hubungan
sosial dengan sesamanya, mulai dari keluarga hingga masyarakat, baik pada
lingkup lokal, nasional, regional, bahkan global. Hal ini sebagaimana diungkap
oleh Nursid Sumaatmadja (2007: 1. 3) bahwa setiap orang semenjak lahir, tidak
terpisahkan dari insan lain. Selanjutnya, dalam pertumbuhan jasmani
dan perkembangan rohani sesuai dengan penambahan umur, pengenalan
dan pengalaman seseorang terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan
sekitarnya yang makin berkembang dan meluas.
Materi pembelajaran IPS diambil dari kehidupan nyata yang terdapat di
lingkungan masyarakat. Bahan atau materi diambil dari pengalaman pribadi,
teman-teman sebaya, serta lingkungan alam, dan masyarakat sekitarnya.
Dengan cara ini diharapkan, materi akan lebih gampang dipahami karena
mempunyai makna lebih besar bagi para penerima didik daripada bahan
pembelajaran yang abnormal dan rumit yang berasal dari Ilmu-ilmu Sosial.
Ruang lingkup materi IPS meliputi sikap sosial, ekonomi dan budaya
insan di masyarakat. Masyarakat merupakan sumber utama IPS. Aspek
kehidupan sosial terkait dengan ruang tempat tinggalnya apapun yang
dipelajari, apakah itu kekerabatan sosial, ekonomi, budaya, kejiwaan, sejarah,
geografis ataukah politik, sumbernya yaitu masyarakat. Sebagaimana
dijelaskan oleh Winataputra (2007: 1. 48) bahwa visi pendidikan IPS sebagai
acara pendidikan yang menitikberatkan pada pengembangan individu
penerima dijpdik sebagai “aktor sosial” yang bisa mengambil keputusan
yang bernalar dan sebagai “warga negara” yang cerdas, mempunyai komitmen,
bertanggung jawab dan partisipatif. Melalui pendidikan IPS, penerima didik
dibina dan dikembangkan kemampuan mental serta intelektualnya menjadi
warga Negara yang mempunyai keterampilan dan kepedulian sosial serta
bertanggung jawab terhadap pembangunan nasional dengan memanfaatkan
potensi sumber daya yang ada secara optimal dan lestari.
Ruang lingkup/scope materi IPS meliputi materi substansi/konten/isi,
materi proses, dan materi sikap. Materi substansi meliputi fakta, konsep,
generalisasi, dan teori. Materi proses, meliputi: menerima, mencari,
mengumpulkan, merumuskan, dan melaporkan informasi. Informasi ini
meliputi insan dan lingkungannya. Pengorganisasian materi sikap atau
afeksi, di mana ada sistematisasi bahan, informasi, dan atau kemampuan
yang telah dimiliki wacana insan dan lingkungannya, sehingga menjadi
lebih bermakna. Pengorganisasian materi sikap diharapkan sanggup membuat
penerima didik lebih peka dan tanggap terhadap banyak sekali problem social secara
rasional dan bertanggung jawab. Selain itu, pengorganisasian materi sikap
sanggup mempertinggi rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan
masyarakat yang lebih luas.
Proses pembelajaran IPS di SMP, tidak menekankan pada aspek teoritis
keilmuannya, melainkan lebih menekankan pada segi mudah mempelajari,
menelaah, serta mengkaji tanda-tanda dan problem sosial. Adapun sumber materi
IPS meliputi :
a. Segala sesuatu atau apa saja yang ada dan terjadi di sekitar penerima didik
semenjak dari keluarga, sekolah, desa, kecamatan hingga lingkungan yang luas,
yaitu negara dan dunia dengan banyak sekali permasalahannya.
b. Kegiatan manusia, contohnya mata pencaharian, pendidikan, agama,
produksi, komunikasi, dan transportasi.
c. Lingkungan geografis dan budaya meliputi segala aspek geografis dan
antropologis dari lingkungan penerima didik yang terdekat hingga yang
terjauh.
d. Kehidupan masa lampau, perkembangan kehidupan manusia, sejarah yang
dimulai dari sejarah lingkungan terdekat hingga yang terjauh, tentang
tokoh- tokoh dan kejadian-kejadian yang besar.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPS Kelas VII
Aspek | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaaran |
---|---|---|---|
SikapSpiritual | KI 1 Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya | ||
Sikap Sosial | KI 2 Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | ||
AspekPengetahuan dan Keterampilan | KI 3. Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasaingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampakmata.KI 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi,dan membuat)dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.. | 3.1. Memahami konsepruang (lokasi,distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruangdi Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan insan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.4.1. Menjelaskan konsepruang (lokasi,distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, tanaman dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan insan Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya,dan pendidikan.3.2. Mengidentifikasiinteraksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya. | • Kondisi geografisIndonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, tanaman dan fauna)• Potensi sumber daya alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)• Sumber daya manusia- jumlah, sebaran, dan komposisi;- pertumbuhan;- kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan;- interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)• Interaksi sosial: pengertian, syarat, dan bentuk (akomodasi, kerja sama, asimilasi)• Pengaruh interaksisosial terhadap pembentukan forum sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan politik |
4.2 Menyajikan hasilidentifikasi wacana interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dannorma serta kelembagaan sosial budaya.3.3. Memahami konsep interaksi antara insan dengan ruang sehingga menghasilkan banyak sekali kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.4.3 Menjelaskan hasil analisis wacana konsep interaksi antara insan dengan ruang sehingga menghasilkan banyak sekali kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia. | • Lembaga sosial;pengertian,jenis dan fungsi (ekonomi, pendidikan, budaya, dan politik)• Konsep kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip dan tindakan ekonomi)• Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya dengan perkembangan iptek• Permintaan, penawaran, harga, dan pasar• Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia• Hubungan antara kelangkaan, permintaan- penawaran, dan harga untuk mewujudkan kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia | ||
3.4. Memahamikronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya,geografis, dan pendidikan semenjak masa praaksara hingga masa Hindu- Buddha dan Islam.4.4 Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungandalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan semenjak masa praaksara hingga masa Hindu- Buddha dan Islam. | • Perubahan dankesinambungan masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis• Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Hindu Buddha secara kronologis• Perubahan dan kesinambungan Masyarakat Indonesia pada masa Islamsecara kronologis |