Tuesday, October 16, 2018

√ Soal Siap Un (Unbk-Unkp) Sma-Ma 2018 Matematika:Mipa

 ini disajikan dengan impian bahwa ia sanggup menjadi referensi bagi penerima didik kelas XII  √ Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Matematika:MIPA

Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA







Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA ini disajikan dengan impian bahwa ia sanggup menjadi referensi bagi penerima didik kelas XII yang akan menempuh ujian nasional tingkat Sekolah Menengan Atas dan Sederajat, khususnya dalam menghadapi Soal Ujian Matematika Peminatan MIPA.

Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA yang tersaji ini diadopsi dari soal UN SMA-MA dua tahun yang kemudian berturut-turut, yaitu tahun 2016 dan tahun 2017. Dengan demikian, maka soal yang tersaji ini mempunyai keabsahan atau validitas empirik yang baik. Dengan mempunyai validitas empirik yang baik, soal yang dipelajari berarti sanggup diperlukan untuk mempunyai prediktibilitas yang kuat. Prediktibilitas bermakna daya ramal. Meski tidak akan sama persis, berguru dari soal yang mempunyai validitas empirik yang baik sanggup membantu pembelajar untuk memetakan bahan pembelajaran dan juga mengasah atau mengingat kembali dan mempertajam berguru siswa.

Tidak ada kata lain bagi para calon penerima UN SMA/MA Tahun ini kecuali dengan berguru secara sungguh-sungguh. Dengan berguru secara sungguh-sungguh berarti hasil diperjuangkan dengan sungguh-sungguh pula.

Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA:



BACA JUGA


11. Hadi, Yuda, dan Toni menabung di bank. Jumlah uang tabungan Yuda dan dua kali uang tabungan Toni, Rp150.000,00 lebih banyak dari uang tabungan Hadi. Jumlah uang tabungan Hadi dan Toni yaitu Rpl.450.000,00. Jumlah uang tabungan mereka bertiga Rp2.000.000,00. Jumlah uang Yuda dan Toni yaitu ....
A. Rpl .650.000,00
B. Rpl.450.000,00
C. Rpl .200.000,00
D. Rp900.000,00
E. Rp750.000,00

12. Seorang penjahit menciptakan dua jenis pakaian. Pakain jenis A mernerlukan kain katun l m dan kain sutera 2 m, sedangkan pakaian jenis B memerlukan kain karun 2,5 m dan kain sutera 1,5 m. Bahan katun yang tersedia 70 m dan kain sutera 84 m. Pakaian jenis A dijual dengan keuntungan Rp50.000,00/buah, sedangkan pakaian jenis B dijual dengan keuntungan Rp60.000,00/buah. Agar penjahit memperoleh keuntungan maksimum, banyak pakaian jenis A dan jenis B yang terjual berturut-turut yaitu ....
A. 20 dan 16
B. 26 dan 20
C. 30 dan 6
0. 16 dan 30
E. 30 dan 16

16. Adit menabung setiap bulan di sebuah bank. Pada bulan pertama Adit menabung sebesar Rp80.000,00 dan pada bulan-bulan berikutnya uang yang ditabung selalu RpS.000,00 lebih besar dari uang yang ditabung pada bulan sebelumnya. Jumlah uang tabungan Adit selama satu tahun yaitu ....
A. Rpl.015.000,00
B. Rpl.150.000,00
C. Rpl.290.000,00
D. Rpl.320.000,00
E. Rp 1.340.000,00

17. Sebuah zat radioaktif meluruh menjadi setengahnya dalam waktu 2 jam. Jika pada pukul 06.00 massa zat tersebut 1.600 gram, massa zat yang tersisa pada pukul 14.00 yaitu ....
A. 100 gram
8. 50 gram
C. 25 gram
D. 12,5 gram
E. 6,25 gram

18. Setiap hari seorang pengrajin tas memproduksi duajenis tas. Modal untuk tas model I yaitu Rp20.000,00 dengan keuntungan 40%. Modal untuk tas model II yaitu Rp30.000,00 dengan keuntungan 30%. Jika modal yang tersedia setiap harinya yaitu Rpl .000.000,00 dan paling banyak hanya sanggup memproduksi 40 tas, keuntungan terbesar yang sanggup dicapai pengrajin
tas tersebut yaitu ....
A. 30%
B. 36%
c. 34%
D. 38%
E. 40%

25. Seorang petani mempunyai kawat sepanjang 80 meter, yang direncanakan unruk memagari sangkar berbentuk tiga buah persegi panjang berdempet yang identik menyerupai diperlihatkan pada gambar berikut (Sisi di sepanjang gudang tidak memerlukan kawat).
Luas maksimum sangkar yaitu ....
A. 360 m2
B. 400 1112
c. 420 1112
D. 450 m2
E. 480 m2

Persamaan lingkaran dengan sentra di titik (2, -3) dan menyinggung garis x = 5, yaitu ....
A. x2 + y2 + 4x - 6y + 9 = 0
B. x2 + y2 - 4x + 6y + 9 = 0
C. x2 + y2 - 4x + 6y + 4 = 0
0. x2 + y2-4x- 6y + 9 = 0
E. x2 + y2 + 4x - 6y + 4 = 0

34. Salah satu persamaan garis singgung lingkaran x2 + y - 6x - 4y + 3 = 0 yang sejajar garis 3x - y - 2 == 0 adaJah ....
A. 3x-y-1 = 0
B. 3x - y - 21 = 0
C. 3x-y-17=0
D. 3x+ y- 17 = 0
E. 3x+y + 3 = 0

38. Banyak bilangan kelipatan 5 yang terdiri dari 3 angka berbeda yang sanggup disusun dari angka
0, I, 2, 3, 4, 5, 6, yaitu ....
A. 55
B. 60
C. 70
D. 105
E. 120

39. Dalam suatu ulangan siswa harus mengerjakan 8 soal dari IO soal yang tersedia dengan syarat nomor 7, 8, 9 dan 10 wajib dikerjakan. Banyak cara siswa mengerjakan soal sisa yaitu ....
A. 6
B. 15
C. 24
D. 30
E. 45

40. Untuk menciptakan secara lengkap satu set rak sepatu menyerupai pada gambar, seorang tukang kayu membutuhkan 4 po tong panel kayu panjang dan 6 panel kayu pendek. Tukang kayu mempunyai persediaan panel kayu panjang dengan 5 pilihan warna dan panel kayu pendek dengan 7 pilihan warna. Jika panel kayu panjang hams dipasangkan dengan wama yang sama demikian juga halnya dengan panel kayu pendek tetapi panel kayu panjang tidak harus sewarna dengan panel kayu pendek, banyak variasi warna rak sepatu yang sanggup dibentuk yaitu ....
A. 20
B. 24
C. 28
D. 30
E. 35

1. Periksalah Naskah Soal yang Anda terima sebelum mengerjakan soal yang meliputi:
a. Kelengkapan jumlah halaman beserta urutannya,
b. Kelengkapan nomor soal beserta urutannya.
c. Kesesuaian Nama Mata Uji dan Program Studi yang tertera pada kanan atas
Naskah Soal dengan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).
d. LJUN yang masih menyatu dengan naskah seal
2. Laporkan kepada pengawas ruang ujian apabila terdapat lembar soal, nomor soal
yang tidak lengkap atau tidak urut, serta LJUN yang rusak, robek atau terlipat untuk
memperoleh gantinya. I
3. Tulislah Nama dan Nomor .Peserta Ujian Anda pada kolom yang disediakan di
halaman pertama soal ujian.
4. Gunakan pensil 28 untuk mengisi LJUN dengan ketentuan sebagai berikut: i
a. Tuliskan Nama Anda pada kotak yang disediakan, kemudian hitamkan bulatan di bawahnya sesuai dengan aksara di atasnya.
b. Tuliskan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir pada kolom yang disediakan, kemudian . hitamkan bulatan di bawahnya sesuai huruf/angka di atasnya
c. Tuliskan Nama Sekolah, Tanggal Ujian, dan bubuhkan Tanda Tangan Anda pada :
kotak yang disediakan.
d. Salinlah kalimat berikut pada ternpat yang disediakan dalam LJUN: "Saya
rnengerjakan ujian dengan jujur"
5. Jika terjadi kesalahan dalam mengisi bulatan, hapus sebersih rnungkin dengan karet
penghapus kemudian hitamkan bulatan yang berdasarkan Anda benar. 'I'
.6. Pisahkan LJUN dari Naskah Soal secara hati-hati dengan cara menyobek pada tempat
I yang telah ditentukan. !
7. Waktu yang tersedia untuk mengerjakan Naskah Soal yaitu 120 menit. I
8. Naskah terdiri dari 40 butir soal yang masing-rnasing dengan 5 (lima) pilihan
jawaban.
9. Dilarang memakai kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung
lainnya.
l 0. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ruang ujian.
11. Lembar soal_boleh dicorat-coret, sedangkan LJUN dilarang dicorat-coret.

Berikut yaitu kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA


Level Kognitif Lingkup Materi
Aljabar Kalkulus Geometri dan Trigonometri Statistika
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep pada topik:- bentuk pangkat, akar, dan logaritma- fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi- persamaan dan fungsi kuadrat- sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear- jadwal linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep pada topik:- limit fungsi aljabar- turunan fungsi aljabar- integral tentu dan taktentu fungsi aljabar Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep pada topik:- perbandingan trigonometri- fungsi trigonometri dangrafiknya- hukum sinus dan kosinus- kedudukan dan jarak darititik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometri Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep dasar pada topik:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan- peluang suatu kejadian
Aplikasi Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep aljabar dalam persoalan kontekstual pada topik:- bentuk pangkat, akar, dan logaritma- fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus dalam persoalan kontekstual pada topik:- limit fungsi aljabar- turunan fungsi aljabar- integral tentu dan taktentu fungsi aljabar Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri dalam persoalan kontekstual pada topik:- perbandingan trigonometri- fungsi trigonometri dangrafiknya- hukum sinus dan kosinus Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang dalam persoalan kontekstual pada topik:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
- persamaan dan fungsi kuadrat- sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear- jadwal linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri - kedudukan dan jarak dari titik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometri - ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan- peluang suatu kejadian
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menginterprestasi Memprediksi Mensintesis Peserta didik memilikikemampuan bernalar pada topik:- bentuk pangkat, akar, dan logaritma- fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi- persamaan dan fungsi kuadrat- sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear- jadwal linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri Peserta didik memilikikemampuan bernalar pada topik:- limit fungsi aljabar- turunan fungsi aljabar- integral tentu dan taktentu fungsi aljabar Peserta didik memilikikemampuan bernalar pada topik:- perbandingan trigonometri- fungsi trigonometri dangrafiknya- hukum sinus dan kosinus- kedudukan dan jarak darititik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometri Peserta didik memilikikemampuan bernalar pada topik:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi)- Peluang suatu kejadian

Demikian goresan pena wacana

Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://www.informasiguru.com