Monday, November 12, 2018

√ Cara Yang Baik & Benar Memelihara Mengurus Marmut

Marmut (Marmot) ialah jenis binatang pengerat yang sanggup kita pelihara dirumah kita, bukan berarti binatang pengerat ini menyerupai tikus. marmut tidak menyerupai tikus, hanya saja dari postur memang menyerupai tikus. Binatang ini hanya memakan tumbuh-tumbuhan, tidak menyerupai tikus yang doyan makan apa saja termasuk UANG. Marmut sangat unik berdasarkan saya, lucu dan menggemaskan. marmut bukanlah hamster apalagi kelinci, ukuran marmut lebih besar dari hamster tapi lebih kecil dari kelinci.


Berikut ini pengalaman aku saat memelihara marmut :

Apa saja kuliner yang dimakan oleh marmut?
Makanan yg dimakan apa saja asalkan itu tumbuhan baik sayuran, buah, rumput. Marmut lebih suka memakan rumput alami dibandingkan sayuran menyerupai kangkung, bayam, sawi. Makara memelihara marmut tida menciptakan kantong jebol asalkan kita mau mencari rumput.

Apakah marmut sanggup diberi minum?
sudah setahun aku memelihara marmut, tapi tidak pernah aku melihat marmut aku minum dari wadah yang disediakan oleh saya. jadi mamut tidak terbisa meminum air, marmut mengisi kebutuhan air dalam badan dari sumber makanannya, oleh alasannya ialah itu berilah kuliner marmut yg banya mengandung air misalnya ketimun.

Kandang marmut harus terbuka !
jangan sekali kali memelihara marmut didalam sangkar yang terbuat dari kaca, marmut bukanlah menyerupai hamster yg sanggup hidup di sangkar beling (aquarium) walaupun intinya tidak disarankan. Kandang marmut harus mempunyai sirkulasi udara yg banyak semoga marmut tidak stress, buatlah sangkar dari bambu ataupun dari jaring-jaring kawat besi.

Bagaimana cara membersihkan marmut?
Marmut yg sehat ialah marmut yg bersih, aku sering memandikan marmut setidaknya satu bulan sekali atau saat marmut kotor. Jangan hingga marmut yg sudah kotor tidak dimandikan, alasannya ialah akan menjadi sarang basil dan penyakit, balasannya marmut akan mati. Saya memandikan marmut dengan shampo rambut, jangan menggunakan sabun mandi apalagi sabun basuh ya guys.

Kandang harus higienis !
bukan marmut saja yg harus bersih, melainkan sangkar pun harus sering kita bersihkan, aku membersihkan sangkar bersamaan dengan memandikan marmut biasanya. Jangan hingga sangkar kotor, percuma jikalau marmut sudah dimandikan tapi kandangnya kotor, niscaya 3 hari lalu marmut akan kotor kembali.

Buatlah sangkar lebih besar !
Marmut ialah binatang yang cepat mempunyai keturunan, usia mengandung hingga melahirkan sekitar 2 bualanan dengan mempunyai 1-4 anakan, dan tidak usang sesudah itu marmut akan mengandung lagi. jadi, siapkan sangkar setidaknya 1mx0,5mx0,3m atau menyerupai sangkar marmut aku dibawah ini.



Sumber http://www.hendrisetiawan.com