Monday, November 12, 2018

√ Spss Yakni – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kepanjangan

Apa itu SPSS ? Pada kesempatan kali ini RumusRumus.com akan membahas materi SPSS lengkap mulai dari sejarah, pengertian, fungsi hidangan spss, kepanjangan spps, dan tutorial cara memakai spss lengkap. Berikut ini materi tentang SPSS Adalah – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kepanjangan SPSS.


Sejarah SPSS


SPSS (awalnya, Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) dirilis di versi pertama yaitu pada tahun 1968 sehabis dikembangkan oleh Norman H. Nie dan C. Hadlai Hull. Norman Nie sendiri yaitu seorang  ilmuan politik pasca sarjana di Stanford University, dikala itu sedang mengadakan Riset Profesor di Departemen Ilmu Politik di Stanford dengan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago.


 


SPSS merupakan salah satu acara aplikasi yang paling banyak digunakan untuk analisis statistik dalam ilmu sosial. Hal ini digunakan oleh peneliti pasar, perusahaan survei, peneliti kesehatan, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran dan lain-lain. SPSS orisinil manual (Nie, Bent & Hull, 1970) telah digambarkan sebagai salah satu “buku sosiologi yang paling berpengaruh”.


Selain analisis statistik, administrasi data (kasus seleksi, file yang membentuk kembali, menciptakan data turunan) dan data dokumentasi (sebuah meta data kamus disimpan di data file) yakni fitur dari perangkat lunak dasar.


Pengertian SPSS


SPSS adalah sebuah acara aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk analisis statistik cukup tinggi serta sistem administrasi data pada lingkungan grafis dengan memakai menu-menu deskriptif dan kotak-kotak obrolan yang sederhana sehingga gampang dipahami untuk cara pengoperasiannya. Beberapa kegiatan sanggup dilakukan dengan gampang yaitu dengan memakai pointing dan clicking mouse.


com akan membahas materi SPSS lengkap mulai dari sejarah √ SPSS Adalah – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kepanjangan
Logo SPSS

SPSS banyak digunakan dalam banyak sekali riset pemasaran, pengendalian dan perbaikan mutu (quality improvement), serta riset-riset sains. SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (bisa digunakan untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+ (versi DOS). Tetapi, dengan mulai populernya sistem operasi windows. SPSS mulai mengeluarkan versi windows (mulai dari versi 6.0 hingga versi terbaru sekarang).


Kepanjangan SPSS


Pada awalnya kepanjangan SPSS yakni Statistikal Package for the Social Sciens dimana pada waktu itu SPSS dibuat untuk keperluan pengolahan data statistik untuk ilmu-ilmu sosial, sehingga . Sekarang kemampuan SPSS diperluas untuk melayani banyak sekali jenis pengguna (user), ibarat untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu sains dan lainnya. Dengan demikian, kini kepanjangan dari SPSS yakni Statistical Product and Service Solutions.


SPSS sanggup membaca banyak sekali jenis data atau memasukkan data secara pribadi ke dalam SPSS Data Editor. Bagaimana pun struktur dari file data mentahnya, maka data dalam Data Editor SPSS harus dibuat dalam bentuk baris (cases) dan kolom (variables). Case berisi informasi untuk satu unit analisis, sedangkan variabel yakni informasi yang dikumpulkan dari masing-masing kasus.


Software SPSS dibuat dan dikembangkan oleh SPSS Inc. yang kemudian diakuisisi oleh IBM Corporation. Perangkat lunak komputer ini mempunyai kelebihan pada kemudahan penggunaannya dalam mengolah dan menganalisis data statistik.


Fitur yang ditawarkan antara lain IBM SPSS Data Collection untuk pengumpulan data, IBM SPSS Statistics untuk menganalisis data, IBM SPSS Modeler untuk memprediksi tren, dan IBM Analytical Decision Management untuk pengambilan keputusannya.


Program SPSS banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang bisnis, perkantoran, pendidikan, dan penelitian. SPSS merupakan software komersial dengan harga lisensi $5,120 USD. SPSS sanggup dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Mac OS, dan Linux.


Untuk menginstall versi terbaru acara ini, komputer Windows Anda harus mempunyai spesifikasi minimal memakai prosesor Intel atau AMD dengan kecepatan 1 GHz, memori (RAM) 1 GB, resolusi monitor 1024×768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 800 MB.


Hasil-hasil analisis muncul dalam SPSS Output Navigator. Kebanyakan mekanisme Base System menghasilkan pivot tables, dimana kita bisa memperbaiki tampilan dari keluaran yang diberikan oleh SPSS. Untuk memperbaiki output, maka kita sanggup mmperbaiki output sesuai dengan kebutuhan.


Berikut ini gambar tampilan spss :


com akan membahas materi SPSS lengkap mulai dari sejarah √ SPSS Adalah – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kepanjangan
Gambar Tampilan Aplikasi SPSS

Fungsi SPSS


Beberapa kemudahan yang lain yang dimiliki SPSS dalam pengoperasiannya yakni alasannya yakni SPSS menyediakan beberapa akomodasi ibarat berikut ini :



  • Data Editor


Merupakan jendela untuk pengolahan data. Data editor dirancang sedemikian rupa ibarat pada aplikasi-aplikasi spreadsheet untuk mendefinisikan, memasukkan, mengedit, dan menampilkan data.



  • Viewer


Viewer mempermudah pemakai untuk melihat hasil pemrosesan, memperlihatkan atau menghilangkan bagian-bagian tertentu dari output, serta memudahkan distribusi hasil pengolahan dari SPSS ke aplikasi-aplikasi yang lain.



  • Multidimensional Pivot Tables


Hasil pengolahan data akan ditunjukkan dengan multi dimensional pivot tables. Pemakai sanggup melaksanakan eksplorasi terhadap tabel dengan pengaturan baris, kolom, serta layer. Pemakai juga sanggup dengan gampang melaksanakan pengaturan kelompok data dengan melaksanakan splitting tabel sehingga hanya satu group tertentu saja yang ditampilkan pada satu waktu.



  • High-Resolution Graphics


Dengan kemampuan grafikal beresolusi tinggi, baik untuk menampilkan pie charts, kafe charts, histogram, scatterplots, 3-D graphics, dan yang lainnya, akan menciptakan SPSS tidak hanya gampang dioperasikan tetapi juga menciptakan pemakai merasa nyaman dalam pekerjaannya.



  • Database Access.


Pemakai acara ini sanggup memperoleh kembali informasi dari sebuah database dengan memakai Database Wizard yang disediakannya.



  • Data Transformations


Transformasi data akan membantu pemakai memperoleh data yang siap untuk dianalisis. Pemakai sanggup dengan gampang melaksanakan subset data, mengkombinasikan kategori, add, aggregat, merge, split, dan beberapa perintah transpose files, serta yang lainnya.



  • Electronic Distribution


Pengguna sanggup mengirimkan laporan secara elektronik memakai sebuah tombol pengiriman data (e-mail) atau melaksanakan export tabel dan grafik ke mode HTML sehingga mendukung distribusi melalui internet dan intranet.



  • Online Help


SPSS menyediakan akomodasi online help yang akan selalu siap membantu pemakai dalam melaksanakan pekerjaannya. Bantuan yang diberikan sanggup berupa petunjuk pengoperasian secara detail, kemudahan pencarian mekanisme yang diinginkan hingga pada contoh-contoh kasus dalam pengoperasian acara ini.



  • Akses Data Tanpa Tempat Penyimpanan Sementara


Analisis file-file data yang sangat besar disimpan tanpa membutuhkan daerah penyimpanan sementara. Hal ini berbeda dengan SPSS sebelum versi 11.5 dimana file data yang sangat besar dibuat temporary filenya.



  • Interface dengan Database Relasional


Fasilitas ini akan menambah efisiensi dan memudahkan pekerjaan untuk mengekstrak data dan menganalisnya dari database relasional.



  • Analisis Distribusi


Fasilitas ini diperoleh pada pemakaian SPSS for Server atau untuk aplikasi multi user. Kegunaan dari analisis ini yakni apabila peneliti akan menganalisis file-file data yang sangat besar sanggup pribadi me-remote dari server dan memprosesnya sekaligus tanpa harus memindahkan ke komputer user.



  • Multiple Sesi


SPSS memperlihatkan kemampuan untuk melaksanakan analisis lebih dari satu file data pada waktu yang bersamaan.



  • Mapping


Visualisasi data sanggup dibuat dengan banyak sekali macam tipe baik secara konvensional atau interaktif, contohnya dengan memakai tipe bar, pie atau jangkauan nilai, simbol gradual, dan chart.


Menu yang Terdapat Pada SPSS



  1. FILE


Untuk operasi file dokumen SPSS yang telah dibuat, baik untuk perbaikan pencetakan dan sebagainya. Ada 5 macam data yang digunakan dalam SPSS, yaitu :



  1.    Data             :  dokumen SPSS berupa data

  2.    Systax          :  dokumen berisi file syntax SPSS

  3.    Output          :  dokumen yang berisi hasil running out SPSS

  4.    Script            :  dokumen yang berisi running out SPSS

  5.    Database


♠    NEW digunakan untuk  membuat lembar kerja gres SPSS


♠    OPEN untuk membuka dokumen SPSS yang telah ada


Secara umum ada 3 macam ekstensi dalam lembar kerja SPSS, yaitu :



  •  *.spo : file data yang dihasilkan pada lembar data editor

  • *.sav : file text/obyek yang dihasilkan oleh lembar output

  • *.cht : file obyek gambar/chart yang dihasilkan oleh chart window


♠   Read Text Data untuk membuka dokumen dari file text (yang berekstensi txt),    yang bisa dimasukkan/dikonversi dalam lembar data SPSS.


♠    Save untuk menyimpan dokumen/hasil kerja yang telah dibuat.


♠    Save As untuk menyimpan ulang dokumen dengan nama/tempat/type dokumen yang berbeda


♠    Page Setup untuk mengatur halaman kerja SPSS


♠    Print untuk mencetak hasil output/data/syntaq lembar SPSS


Ada 2 option/pilihan cara mencetak, yaitu :



  • All visible output  : mencetak lembar kerja secara keseluruhan

  • Selection           :mencetak sesuai impian yang kita sorot/blok


♠    Print Preview  untuk melihat pola hasil cetakan yang nantinya diperoleh


♠    Recently used data berisi list file data yang pernah dibuka sebelumnya.


♠    Recently used file berisi list file secara keseluruhan yang pernah dikerjakan



  1. EDIT


      ­Untuk melaksanakan pengeditan pada operasi SPSS baik data, serta pengaturan/option untuk konfigurasi SPSS secara keseluruhan.



  • Undo                   : pembatalan perintah yang dilakukan sebelumnya

  • Redo                    : perintah penghapusan perintah redo yang     dilakukan sebelumnya

  • Cut                      : penghapusan sebual sel/text/obyek, bisa dicopy untuk keperluan tertentu dengan perintah dari hidangan paste


♠    Paste                :mempilkan sebua sel/text/obyek hasil dari perintah copy atau cut


♠    Paste after             : mengulangi perintah paste sebelumya


♠    Paste spesial         : perintah paste spesial, yaitu bisa konvesri ke gambar, word, dll


♠    Clear                     : menghapusan sebuah sel/text/obyek


♠    Find                      : mencari suatu text


♠    Options                 : mengatur konfigurasi tampilan lembar SPSS secara umum



  1. VIEW


      Untuk pengaturan tambilan di layar kerja SPSS, serta mengetahu proses-prose yang sedang terjadi pada operasi SPSS.


♠    Status Bar                   :   mengetahui proses yang sedang berlangsung


♠    Toolbar                        :   mengatur tampilan toolbar


♠    Fonts                           :   untuk mengatur jenis, ukuran font pada data editor SPSS


–  Outline size              :   ukuran font lembar output SPSS


–  Outline font             :   jenis font lembar output SPSS


♠    Gridlines                     :   mengatur garis sel pada editor SPSS


♠    Value labels                 :   mengatur tampilan pada editor untuk mengetahui value label



  1. DATA


Menu data digunakan untuk melaksanakan pemrosesan data.


♠    Define Dates               :   mendefinisikan sebuah waktu untuk variable yang mencakup jam, tanggal, tahun, dan sebagainya


♠    Insert Variable            :   menyisipkan kolom variable


♠    Insert case                   :   menyisipkan baris


♠    Go to case                   :   memindahkan cursor pada baris tertentu


♠    Sort case                      :   mengurutkan nilai dari suatu kolom variable


♠    Transpose                    :   operasi transpose pada sebuah kolom variable menjadi baris


♠    Merge files                  :   menggabungkan beberapa file dokumen SPSS, yang dilakukan dengan penggabungan kolom-kolom variablenya


♠    Split file                      :   memecahkan file menurut kolom variablenya


♠    Select case                   :mengatur sebuah variable menurut sebuah persyaratan tertentu



  1. TRANSFORM


      Menu transform dipergunakan untuk melaksanakan perubahan-perubahan atau penambahan data.


♠    Compute                     :   operasi aritmatika dan logika untuk


♠    Count                          :   untuk mengetahui jumlah sebuah ukuran data tertentu pada suatu baris tertentu


♠    Recode                        :   untuk mengganti nilai pada kolom variable tertentu, sifatnya menggantikan (into same variable) atau merubah (into different variable) pada variable baru


♠    Categorize variable           : merubah angka rasional menjadi diskrit


♠    Rank case                          :   mengurutkan nilai data sebuah variable



  1.  ANALYSE


            Menu analyse digunakan untuk melaksanakan analisis data yang telah kita masukkan ke dalam komputer. Menu ini merupakan hidangan yang terpenting alasannya yakni semua pemrosesan dan analisis data dilakukan dengan memakai hidangan correlate, compare mens, regresion.



  1. GRAPH


Menu graph digunakan untuk menciptakan grafik, diantaranya ialah bar, line, pie, dan lain-lain.



  1. UTILITIES


Menu utilities dipergunakan untuk mengetahui informasi variabel, informasi file, dan lain-lain.



  1. AD-ONS


Menu ad-ons digunakan untuk memperlihatkan perintah kepada SPSS jikalau ingin memakai aplikasi tambahan, contohnya memakai alikasi Amos, SPSS data entry, text analysis, dsb



  1. WINDOWS


Menu windows digunakan untuk melaksanakan perpindahan (switch) dari satu file ke file lainnya



  1. HELP


Menu help digunakan untuk membantu pengguna dalam memahami perintah-perintah SPSS jikalau menemui kesulitan


 TOOL BAR : Kumpulan perintah – perintah yang sering digunakan dalam bentuk gambar.


 POINTER : Kursor yang memperlihatkan posisi cell yang sedang aktif / dipilih.


Itulah pembahasan lengkap wacana pengertian, sejarah, fungsi, dan kepanjangan SPSS (Statistical Product and Service Solutions)  biar bermanfaat…




Sumber https://rumusrumus.com