Tuesday, December 11, 2018

√ Cara Mengatasi Duplikat Entri (Duplicate Entry) Di Vb6 Dikala Disimpan Dengan Database Mysql Phpmyadmin

Assalamualaikum,
 Kali ini aku akan mengembangkan apa yang aku pelajari di microsoft visual basic 6.0 mengenai validasi SIMPAN, EDIT, BATAL, UPDATE, HAPUS & ADD. Namun, kali ini aku akan membahas megenai validasi SIMPAN, pengalaman aku saat berguru VB6 saat masa perkuliahan ialah saat aku menyimpan data dengan primary key yang sama muncullah ERROR denga pesan "Runtime error..... Duplicate entry for"xxx" for key"primary"". atau lebih jelasnya di bawah ini :


OKE kita bahas problem ini,

1. dibawah ini ialah form transaksi pembuatan SIM A (di ambil dari kiprah selesai saya).


Ketika aku menentukan "Nomor Induk Siswa" contohnya "TBK001" dan aku klik simpan maka berhasil, namun saat aku "Tambah" dan aku pilih kembali "TBK001" dan aku simpan untuk kedua kalinya tapi terjadi ERROR. Mengapa terjadi error? sebab didalam datebase dengan primary key yang sama, sistem tidak sanggup menerimanya (Duplicate data).

2. ini solusinya, berikut ialah budi darikode listing pada combobox "Nomor induk Siswa".

Private Sub tnosiswa_Click()
Call koneksi
rspembuatansima.Open "select*from tpembuatansima where nis='" & tnosiswa.Text & "'", KON
If rspembuatansima.EOF Then 'jika tidak ditemukan, maka isi data

tkodebiaya.Enabled = True
tkodebiaya.Clear
cbbatal.Enabled = True
tnamasiswa.Enabled = False
tbiayasim.Enabled = False
tobay.Enabled = False
ttempat.Enabled = False

Else 'jika ditemukan, maka ada pesan data sudah ada
a = rspembuatansima!nis
MsgBox "Data Dengan NIS " & a & " Sudah Terisi", vbCritical, "SIMPAN"
End If
End Sub

3. Maka pesannya menyerupai dibawah ini,


Semoga sanggup membantu :D
Sumber http://www.hendrisetiawan.com