Sunday, December 9, 2018

√ Pola Makalah Kelompok E-Commerce Bsi

Ini yaitu pola makalah kelompok E Commerce ketika saya berkuliah Di BSI Karawang. Semoga bisa menjadi acuan kawan-kawan. :D








PERANCANGAN PROGRAM BERBASIS WEB PADA TOKO PENJUALAN ONLINE FLOWERINDO







TUGAS KELOMPOK
Diajukan untuk memenuhi salah satu kiprah kelompok Mata Kuliah E-Commerce







Program Studi  Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer “BSI Karawang”
Karawang
2015

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas terselesaikanya Tugas Kelompok dengan judul “PERANCANGAN PROGRAM BERBASIS WEB PADA TOKO PENJUALAN ONLINE FLOWERINDO”. Tugas ini sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh nilai Tugas Kelompok pada mata kuliah E-Commerce.
Selama menuntaskan makalah ini, kelompok kami telah banyak mendapatkan bimbingan, pengarahan, petunjuk, dan saran, serta akomodasi yang membantu hingga kiprah kelompok kami dari penulisan kiprah kelompok ini. Untuk itu kelompok kami memberikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terlibat dalam pembuatan kiprah kelompok ini.
kelompok kami menyadari sepenuhnya bahwa kiprah ini belum sempurna, oleh lantaran itu kelompok kami mengharapkan saran dan kritik dari semua.Akhir kata kelompok kami berharap semoga makalah ini berkhasiat bagi kelompok kami pada khususnya dan semua pihak yang membutuhkan.

Penulis


Karawang, 30 April 2015

DAFTAR ISI
Kata Pengantar ...................................................................... ii
Daftar Isi .......................................................................... iii
Daftar Simbol ........................................................................ iv
Daftar Gambar .................................................................... v
Daftar Tabel ............................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN ..................................................... 1
1.1. Latar Belakang ................................................. 1
1.2. Ruang Lingkup ................................................ 3
BAB II LANDASAN TEORI .................................................... 4
2.1. Konsep Dasar Web ................................................ 4
2.1.1. Website ..................................................... 9
2.1.2. Bahasa Pemrograman ............................................ 10
2.1.3. Database (Basis Data) ...................................... 12
2.2. Konsep Dasar E-Commerce ......................................... 14
2.3. Peralatan Pendukung (Tools System) .................................... 15
2.3.1. Struktur Navigasi ............................................ 15
2.3.2. ERD (Entity Relationship Diagram) ....................... 18
BAB III PEMBAHASAN .................................................................... 21
3.1. Perancangan Perangkat Lunak ...................................... 21
3.1.1. Rancangan Antar Muka .......................................... 21
3.1.2. Struktur Navigasi ............................................. 23
3.1.3. Rancangan Database ............................................ 24
3.1.4. Spesifikasi File .............................................. 25
3.2. Implementasi Web .................................................... 31
BAB IV PENUTUP ................................................................. 34
4.1. Kesimpulan ............................................................ 34
4.2. Saran ................................................................ 34


DAFTAR SIMBOL

DAFTAR GAMBAR

1. Gambar II.1 Struktur Navigasi Linier ................................................ 16
2. Gambar II.2 Struktur Navigasi Non-Linier ........................................ 16
3. Gambar II.3 Struktur Navigasi Hierarki ............................................ 17
4. Gambar II.4 Struktur Navigasi Campuran ......................................... 17
5. Gambar III.1 Rancangan Login ........................................................... 21
6. Gambar III.2 Rancangan Data Barang ................................................ 22
7. Gambar III.3 Rancangan Data Pembeli .............................................. 22
8. Gambar III.4 Rancangan Data Kurir (jasa pengiriman barang) .......... 23
9. Gambar III.5 Strutur Navigasi ............................................................. 23
10. Gambar III.6 Rancangan Data Base .................................................... 24
11. Gambar III.7 Tampilan Home Beranda .............................................. 32
12. Gambar III.8 Tampilan Barang ........................................................... 33
13. Gambar III.9 Tampilan Kategori Barang ............................................ 33


DAFTAR TABEL

1. Tabel II.1 Komponen Penyusun ERD 18
2. Tabel III.1 Tabel ps_acces 25
3. Tabel III.2 Tabel ps_addres 26
4. Tabel III.3 Tabel ps_attachment 27
5. Tabel III.4 Tabel ps_attribute 28
6. Tabel III.5 Tabel Cart (tabel keranjang) 29


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Jual Beli yaitu kegiatan insan yang ada semenjak zaman dahulu, sebelum mengenal uang masyarakat indonesia melaksanakan aktifitas jual beli dengan Sistem Barter (saling tukar barang). Sejak tahun 1817 masyarakat indonesia telah mengenal Uang sebagai alat pembayaran yang sah yang diperkenalkan oleh Belanda ketika masa penjajahan. 
Ketika uang di indonesia telah diketahui oleh banyak masyarakat, masyarakat indonesia memakai uang tersebut dengan aneka macam hal yang tentunya bisa ditukarkan atau diperjual belikan oleh barang maupun jasa yang setara dengan nilai tukar uang tersebut. Salah satunya penjualan barang-barang yang paling banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Banyak toko yang sudah memakai teknologi komputer untuk memudahkan transaksi penjualan ataupun untuk mengecek stok barang yang tersedia walaupun masih ada juga toko penjualan yang masih menggunkan sistem manual untuk transaksinya.
Kemudahan penjualan dengan sistem yang terkomputerisasi tentunya mempunyai sebuah permasalahan, mulai dari  jarak yang cukup jauh untuk pergi ke toko, mengantrinya membeli barang disuatu toko penjualan maupun stok ataupun barang yang kita inginkan tidak tersedia. 



Seiring berjalannya waktu dan tekhnologi yang semakin canggih, masyarakat indonesia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan internet. Banyak situs-situs positif yang menunjukkan informasi kepada para pengguna internet yang sangat berkhasiat untuk kehidupan sehari-hari, contohnya situs wacana pendidikan, sejarah-sejarah, bahkan hingga situs jual beli yang sangat signifikan perkembangannya hingga ketika ini.
Masyarakat indonesia semakin hari semakin ingin kenal dekat dengan teknologi internet, banyak yang memakai internet sebagai ladang usahanya, salah satunya yaitu situs yang memperjualkan barang-barang atau kita sebut dengan toko online. Situs ini bisa  dimiliki oleh penjual yang ingin menjual barang ke tempat yang mungkin berjauhan dan menunjukkan solusi bagi konsumen yang ingin membeli barang yang dinginkannya. Tentunya kemudahan internet dalam sistem penjualan menunjukkan kemudahan baik bagi si penjual maupun pembelinya. Jika pembeli tidak menemukan barang atau kehabisan stok di sebuah toko online, maka pembeli bisa mencari barang di toko online lainnya. selain itu penjual atau perusahaan bisa menjualkan barangnya ke tempat yang cukup jauh atau keseluruh indonesia, dan juga penjual mempunyai banyak customer online.  Hal ini pula yang menunjukkan solusi bagi perusahaan maupun penjual kecil untuk memecahkan permasalahan yang ada pada sistem penjualan. 
Oleh lantaran itu penulis mencoba memecahkan permasalahan yang ada dalam toko penjualan barang dengan menciptakan toko berbasis web, hal ini pula yang melatar belakangi judul kami yaitu ”PERANCANGAN PROGRAM BERBASIS WEB PADA TOKO PENJUALAN ONLINE FLOWERINDO”.

1.1. Ruang Lingkup
Dalam pembahasan kali ini penulis membatasi ruang lingkup yang mencakup Tidak ada supplier (toko pribadi) pendaftaran atau pendaftaran akun bagi pembeli,  pembelian barang, transaksi pembayaran, harga ongkos kirim  kurir disetiap kawasan yaitu sama, pembayaran hanya sanggup melalui transfer bank atau tiba pribadi ke toko, jenis pembayaran secara tunai, tidak ada form penggantian barang jikalau barang rusak, struktur navigasi hanya navigasi hirarki.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1. Konsep Dasar Web
Website atau situs sanggup diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar membisu atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis yaitu berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis yaitu menyerupai Friendster, Multiply. Dalam  perkembangannya, website statis hanya bisa di-update oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa di-update oleh pengguna maupun pemilik.
Dalam pengertian website lebih lanjut, situs web mewakili sekumpulan dari halaman web yang telah di kelola, yang berisi teks, gambar dan semua jenis file multi-media yang disajikan untuk perhatian dari pengguna internet denagan estetika dan cara yang gampang diakses. Semua website yang diaktifkan melalui Internet di sebut World Wide Web (WWW). Data yang terdapat di dalam website ini disusun dan dibentuk biar sanggup diakses oleh publik online dengan proteksi bahasa pemrograman menyerupai (X) HTML dan PHP, hanya untuk beberapa nama.


Pemrograman website yaitu metode utama untuk mendefinisikan struktur dari sebuah website dan mengelola tindakan dalam menangani pengunjung yang menelusuri halaman-halamannya. Dengan kemampuan teknik desain web, informasi akan terstruktur dengan baik dan tampilan menjadi lebih bersahabat. Agar halaman web sanggup dipresentasikan pada monitor pengunjung, kita perlu hosting pada server web, yang kemudian mereka mentransfer ke browser web melalui HTTP, protokol utama dari WWW sanggup kita lihat pada awal setiap alamat situs.
Ada pengertian wacana Konsep Dasar Web, yaitu sebagai berikut:

1. Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Web.
Beberapa konsep dasar pemrograman berbasis web, yaitu:
a. Komunikasi antara web browser dan web server berdasarkan protokol HTTP.
b. Dokumen dan semua sumber daya apapun di jaringan yang dikehendaki di identifikasi dengan Universal Resource Locator (URL).
c. Dokumen web ditulis berdasarkan standar HTML.
d. Pemrograman sisi klien (client-side scripting) dan Java applet.
e. Pemrograman sisi server (server-side scripting atau programming).

Sistem Berbasis Web atau Aplikasi Berbasis Web yaitu sebuah sistem yang dibangun dengan konsep rekayasa web (web engineering) dan diaplikasikan secara online melalui media internet.

2. World Wide Web
World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") yaitu suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berkhasiat di identifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebetulnya ia hanyalah pecahan dari padanya.

3. Web Browser
Web Browser yaitu perangkat lunak yang mulanya hanya untuk menampilkan (rendering) dokumen web atau HTML. Namun ketika ini, web browser harus bisa mengeksekusi JavaScript atau VBScript, menjalankan Java Applet, memahami dokumen XML, dan menjalankan dokumen tertentu dengan fasiltias plug-in menyerupai file.swf Macromedia Flash dan sebagainya. Disamping itu web browser juga mempunyai akomodasi kenyamanan pemakai menyerupai sanggup membuka lebih dari satu jendela, administrasi alamat web yang bagus, pengamanan yang memadai dan sebagainya. Contoh: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera.

4. Web server
Web server yaitu HTTP server sebagai penyedia dokumen yang diminta web browser. Saat ini, web server telah kompleks lantaran harus melayani banyak hal dan bahkan menjadi sentra layanan-layanan lain. Web server telah menjadi komponen terpenting di application server. Web server harus bisa melayani undangan dokumen yang diminta web browser, dan bisa disetting berinteraksi dengan kegiatan JSP, ASP, PHP, secara CGI dan sebagainya. Contoh: Apache, IIS.

5. Web service
Web service yaitu suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung dan berinteraksi antar sistem pada suatu jaringan. Web service digunakan sebagai suatu akomodasi yang disediakan oleh suatu website untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain sanggup berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service. Web service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini sanggup diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler.

6. Web Programming
Web sanggup dikategorikan menjadi dua, yaitu:
a. Web Static
Web yang menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis (tetap).
b. Web Dinamis atau Interaktif
Web yang menampilkan informasi serta sanggup berinteraksi dengan user yang sifatnya dinamis. Sehingga untuk menciptakan web dinamis diperlukan kemampuan pemrograman web.

7. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP yaitu protokol level aplikasi untuk sistem informasi hypermedia tersebar. Protokol ini generik yang sanggup dimanfaatkan banyak kiprah selain untuk hypertext. HTTP yaitu bahasa komunikasi antara web browser dan web server, dimana kebanyakan komunikasi ini di luar perhatian pemakai web browser.

8. Hypertext Markup Language (HTML)
HTML merupakan bahasa markup paling popular, disusul eXtensible Markup Language (XML). XML yaitu bahasa yang digunakan untuk menciptakan bahasa markup lain yaitu Wireless Markup Language (WML). Bahasa markup bukan bahasa pemrograman. Oleh lantaran itu, penyebutan bahasa pemrograman HTML yaitu kurang tepat.

9. XML (eXtended Markup Language)
XML yaitu bahasa markup yang digunakan untuk menyimpan data (tidak ada program) dan tidak tergantung dengan tools tertentu (seperti editor, dbms, compiler dan sebagainya).

2.1.1. Website
       Website yaitu kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW ) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang memberikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser dan Website atau situs sanggup juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar membisu atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 pecahan yaitu:
1. Website Statis
Website Statis yaitu web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya yaitu untuk melaksanakan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.
2. Website Dinamis
Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit konten dari website. Contoh umum mengenai website dinamis yaitu web gosip atau web portal yang didalamnya terdapat akomodasi berita, polling dan sebagainya
3. Website Interaktif
Website Interaktif yaitu web yang ketika ini memang sedang booming. Salah satu pola website interaktif yaitu blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi anutan mereka. Biasanya website menyerupai mempunyai moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

2.1.2. Bahasa Pemrograman
Java yaitu bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah kegiatan dengan memakai Java, anda sanggup menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini sanggup berjalan dengan platform System Operation yang berbeda lantaran sifatnya yang umum dan non-spesifik.
PHP yaitu abreviasi dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP yaitu abreviasi dari "Personal Home Page Tools". Selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi "PHP: Hypertext Prepocessor" dengan singkatannya "PHP". PHP versi terbaru yaitu versi ke-5. Berdasarkan survey Netcraft pada bulan Desember 1999, lebih dari sejuta site memakai PHP, di antaranya yaitu NASA, Mitsubishi, dan RedHat.
HTML dalah abreviasi dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman  standar yang digunakan untuk menciptakan sebuah halaman web, yang kemudian sanggup diakses untuk menampilkan aneka macam informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser). HTML sanggup juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan memakai localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.
Supaya  dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi Pemformatan hiperteks sederhana ditulis dalam berkas format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
HTML merupakan sebuah bahasa yang bermula bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia percetakan dan penerbirtan yang disebut  Standard Generalized Markup Language (SGML).
Jquery merupakan suatu framework (library) Javascript yang menekankan bagaimana interaksi antara Javascript dan HTML. JQuery pertama kali dirilis pada tahun 2006 oleh John Resig. Pada perkembangannya JQuery tidak sekedar sebagai framework Javascript, namun mempunyai kehandalan dan kelebihan yang cukup banyak. Hal tersebut mengakibatkan banyak developer web menggunakannya. JQuery mempunyai slogan “Write less, do more” yang kurang lebih maksudnya yaitu kesederhanaan dalam penulisan code, tapi dengan hasil yang lebih banyak.
JQuery merupakan library open source dengan lisensi GNU General Public License dan MIT License. Dari sisi ukurannya, framework JQuery sungguh ramping, hanya sekitar 20 KB dan hanya terdiri dari satu file. Namun demikian, bagi yang menginginkan fungsi lebih, JQuery memungkinkan penambahan fungsionalitas dalam bentuk plugin. Saat ini tersedia ribuan plugin yang sanggup diperoleh secara gratis di internet.

2.1.3. Database (Basis Data)
Database atau basis data yaitu kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan sanggup diolah atau dimanipulasi memakai perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data mencakup spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting lantaran sanggup menghidari duplikasi data, korelasi antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit.
Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem administrasi basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan user untuk memelihara, mengontrol, dan mengakses data secara mudah dan efisien. Dengan kata lain semua kanal ke basis data akan ditangani oleh DBMS. Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS yaitu mengolah pendefinisian data, sanggup menangani undangan pemakai untuk mengakses data, menyidik sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun disk, dan menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien.
Tujuan utama dari DBMS yaitu untuk menunjukkan tinjauan abnormal data kepada user (pengguna). Makara sistem menyembunyikan informasi wacana bagaimana data disimpan, dipelihara, dan tetap sanggup diambil (akses) secara efisien. Pertimbangan efisien di sini yaitu bagaimana merancang struktur data yang kompleks tetapi masih tetap bisa digunakan oleh pengguna awam tanpa mengetahui kompleksitas strukturnya.
MySQL yaitu sistem administrasi database SQL yang bersifat Open Source dan paling terkenal ketika ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur menyerupai multithreaded, multi-user, dan SQL database managemen sistem (DBMS). Database ini dibentuk untuk keperluan sistem database yang cepat, handal dan gampang digunakan.
Ulf Micheal Widenius yaitu penemu awal versi pertama MySQL yang kemudian pengembangan selanjutnya dilakukan oleh perusahaan MySQL AB. MySQL AB yang merupakan sebuah perusahaan komersial yang didirikan oleh para pengembang MySQL. MySQL sudah digunakan lebih dari 11 millar instalasi ketika ini.

2.2. Konsep Dasar E-Commerce
E-commerce yaitu dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan akomodasi Internet dimana terdapat website yang sanggup menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
Adapun pendapat mengenai pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce yaitu subperangkat dari E-Bisnis. cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital menyerupai melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu sanggup menunjukkan laba berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melaksanakan transaksi online.
Pada umumnya pengunjung Website sanggup melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta sanggup melaksanakan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email.
Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, menyerupai Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah menciptakan standar enkripsi khusus yang menciptakan transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang memakai e-com.


2.3. Peralatan Pendukung (tools system)
Penulis memakai beberapa peralatan pendukung diantaranta yaitu:
2.3.1. Struktur Navigasi
Struktur navigasi yaitu struktur atau alur dari suatu program. Menentukan struktur navigasi merupakan hal yang sebaiknya dilakukan sebelum menciptakan suatu aplikasi. Ada 4 (empat) macam bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aplikasi, yaitu :
1. Struktur Navigasi Linier 
Struktur navigasi linier hanya mempunyai satu rangkaian dongeng yang   berurut, yang menampilkan satu demi satu tampilan layar  secara berurut berdasarkan urutannya. Tampilan yang sanggup ditampilkan pada sruktur jenis ini yaitu satu halaman sebelumnya atau satu halaman sesudahnya, tidak sanggup dua halaman sebelumnya atau dua halaman sesudahnya.
Gambar II.1 Struktur Navigasi Linier

2. Struktur Navigasi Non-Linier
Struktur navigasi non-linier atau struktur tidak berurut merupakan pengembangan dari struktur navigasi linier. Pada struktur ini   diperkenankan   menciptakan navigasi bercabang. Percabangan yang dibentuk pada struktur nonlinier ini berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki, lantaran pada percabangan nonlinier ini walaupun terdapat percabangan, tetapi tiap-tiap tampilan mempunyai kedudukan yang sama yaitu tidak ada Master Page dan Slave Page.

Gambar II.2 Struktur Navigasi Non-Linier

3. Struktur Navigasi Hirarki
Struktur navigasi hirarki biasa disebut struktur bercabang, merupakan suatu struktur yang mengandalkan  percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Tampilan pada hidangan pertama akan disebut sebagai Master Page (halaman utama pertama), halaman utama ini mempunyai halaman percabangan yang disebut Slave Page (halaman pendukung). Jika salah satu halaman pendukung dipilih atau diaktifkan, maka tampilan tersebut akan berjulukan Master Page (halaman utama kedua), dan seterusnya. Pada struktur navigasi ini tidak diperkenankan adanya tampilan secara linier.

Gambar II.3 Struktur Navigasi Hirarki

4. Struktur Navigasi Campuran
Struktur navigasi gabungan merupakan gabungan dari ketiga struktur sebelumnya yaitu linier, non-linier dan hirarki. Struktur navigasi ini juga biasa disebut dengan struktur navigasi bebas. Struktur navigasi ini banyak digunakan dalam pembuatan website lantaran struktur ini sanggup digunakan dalam pembuatan website sehingga sanggup menunjukkan ke-interaksian yang lebih tinggi.

Gambar II.4 Struktur Navigasi Campuran

2.3.2. Entity Relationship Diagram (ERD)
ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan korelasi antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai korelasi antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan korelasi antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.          
        Entity Relationship diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi, biasanya oleh System Analys dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan system. Sementara seakan-akan teknik diagram atau alat peraga menunjukkan dasar untuk desain database relasional yang mendasari sistem informasi yang dikembangkan. ERD bantu-membantu dengan detail pendukung merupakan model data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database.
         Komponen penyusun ERD yaitu sebagai berikut :
Tabel II.1 Komponen Penyusun ERD

Entitas yaitu objek dalam dunia kasatmata yang sanggup dibedakan dengan objek lain, sebagai pola mahasiswa, dosen, departemen. Entitias terdiri atas beberapa atribut sebagai pola atribut dari entitas mahasiswa yaitu nim, nama, alamat, email, dll. Atribut nim merupakan unik untuk mengidentifikasikan / membedakan mahasiswa yang satu dengan yang lainnya. Pada setiap entitas harus mempunyai 1 atribut unik atau yang disebut dengan primary key.
Atribut yaitu Setiap entitas niscaya mempunyai elemen yang disebut atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang sanggup mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. 


Ada dua jenis Atribut :
1. Identifier (key) digunakan untuk menentukan suatu entity  secara unik (primary key).
2. Descriptor (nonkey attribute) digunakan untuk menspesifikasikan karakteristik dari suatu entity yang tidak unik.

Relasi yaitu korelasi antara beberapa entitas. sebagai pola kekerabatan antar mahaiswa dengan mata kuliah dimana setiap mahasiswa bisa mengambil beberapa mata kuliah dan setiap mata kuliah bisa diambil oleh lebih dari 1 mahasiswa. kekerabatan tersebut mempunyai korelasi banyak ke banyak. Berikut yaitu pola ERD.

Kardinalitas menyatakan jumlah himpunan kekerabatan antar entitias. pemetaan kardiniliat terdiri dari :
1. One-to-One: sebuah entitas pada A bekerjasama dengan entitas B paling banyak 1contoh diatas kekerabatan pegawai dan departemen dimana setiap pegawai hanya bekerja pada 1 departemen
2. One-to-Many: sebuah entitas pada A bekerjasama dengan entitas B lebih dari satu pola diatas yaitu 1 depertemen mempunyai banyak pegawai
3. Many-to-Many: sebuah entitas pada A bekerjasama dengan entitas B lebih dari satu dan B bekerjasama dengan A lebih dari satu jugan pola diatas yaitu kekerabatan mahasiswa dengan mata kuliah.

Berikut yaitu metode/tahap untuk menciptakan ERD:
1. Menentukan Entitas
2. Menentukan Relasi
3. Menggambar ERD sementara
4. Mengisi Kardinalitas
5. Menentukan Kunci Utama
6. Menggambar ERD berdasar Key
7. Menentukan Atribut
8. Memetakan Atribut
9. Menggambar ERD dengan Atribut

BAB III
PEMBAHASAN

3.1. Perancangan Perangkat Lunak
Dalam pembahansan wacana perancangan perangkat lunak, penulis memakai peancangan sebagai berikut:

3.1.1. Rancangan antar muka
1. Rancangan Login
Rancangan login mencakup alamat email dan password.

GAMBAR III.1 Rancangan Login

2. Rancangan Data Barang
Rancangan data barang mencakup nama barang, kode barang, harga barang dan stok barang

GAMBAR III.2 Rancangan Data Barang

3. Rancangan Data Pembeli
Rancangan data pembeli mencakup  nama pembeli, alamat email pembeli, alamat pembeli, nomor telepon.

GAMBAR III.3 Rancangan Data Pembeli

4. Rancangan Data Kurir (jasa pengiriman barang)

GAMBAR III.4 Rancangan Data Kurir (jasa pengiriman barang)

3.1.2. Struktur Navigasi
Struktur navigasi yang digunakan dalam kegiatan perancangan berbasis web penjualan bunga yaitu struktur navigasi hirarki atau bercabang.

GAMBAR III.5 Struktur Navigasi

3.1.3. Rancangan Database
1. Entity Relationship Diagram (ERD)

Gambar III.6 Entity Relationship Diagram


2. Logical Record Structure

 Gambar III.6 Logical Record Structure

3.1.4. Spesifikasi File
Spesifikasi file yang digunakan dalam perancangan kegiatan penjualan web  ini terdiri dari satu database, yaitu:

1. Tabel ps_access
- Nama database : penjualan_bunga
- Nama tabel : ps_access
- Tipe : File access
- Panjang record : 64
- Akses file : Random
- Organisasi File : Index Sequential
- Media : Harddisk
- Kunci Field : profile_id, tab_id

TABEL III.1 Tabel ps_access

2. Tabel ps_addres
- Nama database : penjualan_bunga
- Nama tabel : ps_address
- Tipe : File address
- Panjang record : 676
- Akses file : Random
- Organisasi File : Index Sequential
- Media : Harddisk
- Kunci Field : id_address


TABEL III.2 Tabel ps_addres
1.    Tabel ps_attachment
-       Nama database              : penjualan_bunga
-       Nama tabel                    : ps_attachment
-       Tipe                                : File attachment
-       Panjang record               : 316
-       Akses file                       : Random
-       Organisasi File               : Index Sequential
-       Media                            : Harddisk
-       Kunci Field                    : id_attachment

TABEL III.3 Tabel ps_attachment
1.    Tabel ps_attribute
-       Nama database              : penjualan_bunga
-       Nama tabel                    : ps_attribute
-       Tipe                                : File attribute
-       Panjang record               : 52
-       Akses file                       : Random
-       Organisasi File               : Index Sequential
-       Media                            : Harddisk
-       Kunci Field                    : id_attribute

TABEL III.4 Tabel ps_attribute

1.    Tabel Cart (tabel keranjang)
-       Nama database              : penjualan_bunga
-       Nama tabel                    : ps_cart
-       Tipe                                : File cart
-       Panjang record               : 138
-       Akses file                       : Random
-       Organisasi File               : Index Sequential
-       Media                            : Harddisk
-       Kunci Field                    : id_cart
TABEL III.5 Tabel Cart (tabel keranjang)

3.2. Implementasi Web
Implementasi web ini mengambil sebagian sampel dari gambar-gambar pada web yang berjudul “TOKO ONLINE FLOWERINDO” yang membahas wacana penjualan bunga kerajinan tangan dan cinderamata. 
1. Tampilan Home Beranda



GAMBAR III.7 Tampilan Home Beranda

2. Tampilan Barang

GAMBAR III.8 Tampilan Barang

3. Tampilan Kategori Barang

GAMBAR III.9 Tampilan Kategori Barang

BAB IV
KESIMPULAN

4.1. Kesimpulan
Saat ini masyarakat indonesia ingin lebih cepat dalam hal apapun, termasuk dalam hal berbelanja. Oleh hasilnya dengan adanya web atau situs perbelanjaan (toko online) sanggup mempermudah aktifitas insan dalam hal transaksi pembelian barang disuatu situs tanpa harus ke suatu tempat yang jauh. Selain kemudahan berbelanja, masyarakat juga sanggup menentukan barang dan mencari barang berdasarkan harga yang diinginkan.  Hal ini pula menjadi ajang wirausahawan khususnya penjual dalam memasarkan produknya secara luas.

4.2. Saran
Dengan adanya kemudahan bertransaksi online pembelian barang, banyak kelemahan yang tidak disadari. Salah satunya yaitu pembeli harus cermat dalam menentukan toko online yang terpercaya, hal ini biar pembeli terhindar dari penipuan.

DAFTAR PUSTAKA

aciknadzirah.blogspot.com/search?q=pengertian-erd-entity-relationship
aciknadzirah.blogspot.com/search?q=pengertian-erd-entity-relationship
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-pemrograman-j4va-kelebihan-dan-kekurangan/
http://hastomo.net/php/pengertian-dan-kelebihan-database-mysql/
http://id.wikibooks.org/wiki/Pemrograman_PHP/Pendahuluan/Pengertian_PHP
aciknadzirah.blogspot.com/search?q=pengertian-erd-entity-relationship
aciknadzirah.blogspot.com/search?q=pengertian-erd-entity-relationship-hypertext.html
aciknadzirah.blogspot.com/search?q=pengertian-erd-entity-relationship
http://satriamultimedia.com/artikel_belajar_dan_mengenal_jquery.html
aciknadzirah.blogspot.com/search?q=pengertian-erd-entity-relationship
http://termasmedia.com/65-pengertian/69-pengertian-database.html
http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/
https://unindrax1eione.wordpress.com/e-commerce/definisicontoh-dan-dampak-e-commerce/
https://yusufmohammed.wordpress.com/home/jenis-dan-pengertian-dasar-tentang-web/

DOWNLOAD MAKALAH E-COMMERCE
Password : hendrisetiawan.com
Ketika membuka link d0wnl0ad dibawah, tidak disarankan memakai ADBLOCK Download Cover
Download Daftar Isi
Download Bab 1
Download Bab 1 Isi
Download Bab 2 
Download Bab 2 Isi
Download Bab 3
Download Bab 3 Isi
Download Bab 4
Download Daftar Pustaka


Sumber http://www.hendrisetiawan.com