Monday, December 17, 2018

√ Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Dan Longitudinal

Saat kita berguru pelajaran fisika, terutama ketika kelas 11 SMA, kita akan menemui bahan berupa cepat rambat gelombang. Ada dua jenis gelombang yang perlu kita ketahui. Yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Dari kedua jenis gelombang tersebut ada yang namanya rumus cepat rambat gelombang. Terkadang untuk mengerjakan soal tersebut, kita kesulitan jikalau tidak mengetahui rumusnya. Untuk itu, kita akan bahas secara lengkap menyerupai apa rumus dari cepat rambat gelombang. Baik gelombang transversal maupun longitudinal.


Sebelum mengetahui rumus cepat rambat gelombang, kita akan cari tahu dulu pengertian gelombang. Baik gelombang transversal dan longitudinal. Gelombang transversal merupakan gelombang yang mempunyai arah rambat tegak lurus dengan arah getaran. Sedangkan untuk gelombang longitudinal, merupakan gelombang yang mempunyai arah rambat yang sejajar dengan arah getaran.


 kita akan menemui bahan berupa cepat rambat gelombang √ Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal dan Longitudinal


Rumus Cepat Rambat Gelombang


Di dalam menghitung cepat rambat gelombang, baik gelombang transversal maupun longitudinal mempunyai rumus yang sama. Yaitu:


v = λ / T


v = λ x f


sedangkan T = t / n


dan f = n / t


hubungan antara periode dan frekuensi :


f = 1 / T atau sanggup juga dirumuskan T = 1 / f


Keterangan


v = cepat rambat gelombang (m/s)


λ (lamda) = panjang gelombang (m)


T = periode (sekon)


f = frekuensi (Hz)


n = jumlah gelombang


t = waktu (sekon)


Contoh Gelombang Transversal


Karena gelombang transversal arah rambatnya tegak lurus dengan arah getaran, maka referensi gelombang transversal diantaranya adalah: gelombang air, gelombang pada tali panjang yang digetarkan, gelombang cahaya dan juga gelombang ombak laut. Digambarkan dalam gelombang transversal mempunyai bentuk dua gelombang. Yang mana satu gelombang merupakan satu bukit dan satu gelombang lembah. Untuk sanggup memilih panjang gelombangnya, maka sanggup dilihat dalam 1 bukit dan 1 lembah tersebut.


Contoh Gelombang Longitudinal


Untuk gelombang longitudinal referensi yang sanggup kita temui contohnya gelombang pada slinki dan juga gelombang bunyi. Di dalam gelombang longitudinal dihitung dari satu gelombang ataupun satu panjang gelombang. Dilihat dari satu rapatan dan juga satu renggangan.


Soal dan Pembahasan Cepat Rambat Gelombang


Di bawah ini ada soal yang sanggup melatih anda dalam menghitung cepat rambat gelombang. Karena diberikan pula klarifikasi dan pembahasan lengkapnya:


Dari gambar berikut coba hitung:


 kita akan menemui bahan berupa cepat rambat gelombang √ Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal dan Longitudinal



  1. jumlah gelombang

  2. Panjang gelombang

  3. Frekuensi

  4. Periode

  5. Cepat rambat gelombang


jawab:


1.Dari gambar tersebut ada dua bukit dan lembah, sehingga diketahui jumlah gelombang= 2.


2. Panjang gelombang = Panjang total gelombang (m) : jumlah gelombang


Sehingga, panjang gelombang ialah 4 m / 2 = 2 m


3. Jumlah gelombang (n) = 2 ; waktu 2 s


4. Periode dirumuskan = n / t jadi:  2 / 2 = 1 Hz


5. Jumlah gelombang (n) adalah  2 ; waktu 2 s


Jadi T = t / n  sama dengan 2 / 2 = 1 detik/ sekon


Cara Mengukur Cepat Rambat Gelombang


Setelah melihat soal dan bagaimana pembahasan di atas, maka kita sanggup mengetahui bagaimana cara mengukur cepat rambat gelombang. Panjang sebuah gelombang atau panjang gelombang sama dengan jarak tempuh sebuah gelombang di dalam satu periode. Panjang gelombang sendiri disimbolkan dengan λ (Lamda) dan satuannya ialah meter.


Axis x mewakili dari panjang, sedangkan I merupakan kuantitas yang bervariasi (seperti tekanan udara sebuah gelombang bunyi atau medan magnet dan kekuatan listrik untuk cahaya), pada suatu titik dalam fungsi waktu x.


Dengan klarifikasi yang lengkap di atas, kita sudah sanggup mengetahui cara menghitung rumus cepat rambat gelombang. Selain itu, kita juga mengetahui apa saja jenis-jenis gelombang yang ada. Dengan demikian, dari klarifikasi dan juga referensi soal di atas, kita semakin bertambah ilmu pengetahuannya.




Sumber https://rumusrumus.com