Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 merupakan buku dengan pendekatan Kurikulum 2013 dengan revisi terakhir pada tahun 2016. Dengan adanya buku tersebut dibutuhkan para guru dan siswa memiliki pegangan sesuai dengan perkembangan kurikulum 2013 yang mutakhir.
Kurikulum 2013 sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2006 (KTSP) diyakini shahih sebagai “modal” terjadwal dan strategis mendekati tujuan pendidikan Islam. Salah satu upaya membumikan isi K-13 yaitu dengan menyediakan sumber berguru yakni buku, baik buku guru maupun buku siswa.
Buku Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi). Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 yaitu edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum
2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah (MI).
Berikut yaitu tautan Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013:
Download Buku Guru Mapel Fikih Kelas 3/III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Download Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 3/III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Download Buku Guru Mapel Fikih Kelas 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Download Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Berikut yaitu kutipan dari Buku Siswa dan Guru Fikih Kelas 3 dan 6 MI K13 tersebut:Download Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 3/III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Download Buku Guru Mapel Fikih Kelas 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Download Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:
1. Pertama, bacalah kepingan pendahuluan untuk memahami konsep utuh mata pelajaran Fikih, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah tahun 2013.
2. Setiap sub pelajaran berisi : kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian KD, tujuan pembelajaran, bahan pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
3. Pada sub pelajaran tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal ini disebabkan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
4. Guru perlu mendorong penerima didik untuk memperhatikan kolom- kolom yang terdapat dalam Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 pada sub pelajaran sebagai berikut:
a. Insya Allah saya sanggup : tantangan semoga penerima didik sanggup melakukannya b. Hati-hati : pernyataan perhatian pada penerima didik untuk selalu melaksanakan atau menghindari
c. Ayo Menjawab : acara yang harus penerima didik kerjakan untuk memahami materi.
d. Tugasku : acara yang harus penerima didik kerjakan di rumah untuk interaksi antara guru dengan orang tua.
5. Pada setiap pelajaran di Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Fikih Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 penerima didik di dorong untuk memperhatikan kolom-kolom sebagai berikut:
a. Rangkuman : ringkasan bahan untuk memudahkan pemahaman penerima didik dalam pelajaran.
b. Hikmah : permintaan kepada penerima didik untuk merenungkannya
c. Ayo Berlatih dan Tentukan Sikapmu : menguatkan penerima didik semoga sanggup mewujudkan pengetahuan dan perilaku
6. Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang diubahsuaikan dengan potensi penerima didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan di masing-masing madrasah.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mapel Fikih Kelas 6/VI MI:
Pembelajaran | Kompe- tensiInti (KI) | KompetensiDasar (KD) | Alokasi Waktu (Minggu) |
---|---|---|---|
SEMESTER GANJIL | |||
1Makanan halal dan haram | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 1.1 Menerima ketentuan masakan halal/haram2.1 Membiasakan mengkonsumsi masakan halal3.1 Memahami ketentuan masakan halal dan haram dikonsumsi4.1 Menyakini klasiϐikasi masakan halal dan haram | 8 |
2Minuman halal dan haram | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 1.2 Menerima ketentuan minuman halal/haram2.2 Membiasakan mengkonsumsi minuman halal3.2 Memahami ketentuan minuman halal dan haram dikonsumsi4.2 Menyakini klasiϐikasi minuman halal dan haram | 8 |
3Binatang halal dan haram | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 1.3 Menerima ketentuan hewan halal/haram2.3 Membiasakan mengkonsumsi hewan halal3.3 Mengidentiϐikasi hewan yang halal dan haram dikonsumsi4.3 Menyakini klasiϐikasi hewan halal dan haram | 10 |
SEMESTER GENAP | |||
4Jual beli | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 14 | |
5Pinjam meminjam | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 12 |
Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Mapel Fikih Kelas 3/III MI
Pembelajaran | Kompe- tensiInti (KI) | KompetensiDasar (KD) | Alokasi Waktu (Minggu) |
---|---|---|---|
SEMESTER GANJIL | |||
1Makanan halal dan haram | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 1.1 Menerima ketentuan masakan halal/haram2.1 Membiasakan mengkonsumsi masakan halal3.1 Memahami ketentuan masakan halal dan haram dikonsumsi4.1 Menyakini klasiϐikasi masakan halal dan haram | 8 |
2Minuman halal dan haram | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 1.2 Menerima ketentuan minuman halal/haram2.2 Membiasakan mengkonsumsi minuman halal3.2 Memahami ketentuan minuman halal dan haram dikonsumsi4.2 Menyakini klasiϐikasi minuman halal dan haram | 8 |
3Binatang halal dan haram | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 1.3 Menerima ketentuan hewan halal/haram2.3 Membiasakan mengkonsumsi hewan halal3.3 Mengidentiϐikasi hewan yang halal dan haram dikonsumsi4.3 Menyakini klasiϐikasi hewan halal dan haram | 10 |
SEMESTER GENAP | |||
4Jual beli | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 14 | |
5Pinjam meminjam | KI-1KI-2KI-3KI-4 | 12 |
Demikian goresan pena wacana